Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Cara Agar Anda Menjadi Kaya

#kaya #tip keuangan

Di dalam kehidupan tentu hampir semua orang menginginkan hal-hal baik terjadi dalam kehidupan mereka. Salah satunya adalah dengan menjadi kaya. Ada 1001 alasan yang melatarbelakanginya. Mulai dari ingin memiliki gaya hidup yang sesuai, ingin lebih banyak berbagi dengan banyak orang, ingin lebih banyak beramal, dan alasan lainnya. Apapun alasan yang mendasari anda untuk menjadi kaya, adalah baik untuk anda daripada sebaliknya. Namun bagaimana caranya agar menjadi kaya? Berikut adalah 10 caranya :

1. Memiliki Lebih dari Satu Keran Pemasukan

Perkembangan jaman memang menuntut kita untuk berlomba dengan waktu dan tenaga. Sehingga jika anda masih berada pada umur produktif anda, usahakan anda memiliki lebih dari satu keran pemasukan sehingga anda dapat memaksimalkan pendapatan anda.

Memiliki lebih dari satu keran pemasukan juga akan membuat anda memiliki banyak budget lebih untuk beinvestasi dan membeli aset yang dapat berkembang di kemudian hari.

2. Lakukan Perencanaan Keuangan

Keuangan sangat perlu untuk anda rencanakan. Lakukan perencanaan agar anda tidak kebablasan menggunakan uang anda. Ingatlah bahwa perencanaan ini sebaiknya anda lakukan di awal, ketika anda baru saja menerima penghasilan anda dan bukan melakukannya di akhir ketika uang anda tinggal sisa-sisa yang tentu saja tak banyak jumlahnya.

3. Berhenti Membeli Barang-barang yang Anda Inginkan Namun Tidak Anda Perlukan

Anda memang harus ‘berperang’ untuk hal-hal semacam keinginan dan kebutuhan. Anda harus bisa melatih diri anda untuk memenangkan kebutuhan dan hanya membeli barang-barang yang anda butuhkan, bukan yang anda inginkan.

Terlebih jika anda penggemar barang branded, maka anda perlu memulai untuk mencari substitusi barang tersebut. Jangan terpaku pada branded yang harganya jelas-jelas lebih mahal daripada barang non branded. Jika anda perhatikan, beberapa orang paling kaya di dunia malah memiliki penampilan yang lebih sederhana daripada orang kelas menengah pada umumnya.

4. Lakukan Investasi Mulai dari Sekarang

Jika anda bingung mengenai kapan waktu yang baik untuk anda mulai berinvestasi, maka jawabnya adalah sekarang. Jangan tunda lagi kesempatan untuk berinvestasi karena investasi memiliki waktu yang cukup untuk berkembang.

Rata-rata investasi baru memberikan hasil yang signifikan jika ditanam dalam waktu minimal lima tahun. Sehingga, jika anda lebih cepat memulai berinvestasi, maka itu lebih baik bagi anda dan pertumbuhan uang anda.

5. Terus Belajar Hal yang Anda Sukai

Dunia terus berubah, tidak pernah statis. Anda juga harus demikian. Terus belajar hal-hal yang anda sukai karena dikemudian hari bisa jadi kegemaran yang anda lakukan dapat menjadi peluang bisnis atau mendatangkan pemasukan yang signifikan bagi anda.

6. Jangan Memiliki Hutang Konsumtif

Orang kaya pada umumnya cenderung menghindari hutang. Jika mereka terpaksa untuk berhutang pun, mereka akan berhutang untuk membiayai aset-aset produktif yang harganya terus bertambah atau yang menghasilkan pemasukan yang cukup besar nilainya.

Jangan menggunakan kartu kredit untuk berhutang. Meski anda diperbolehkan untuk menggunakannya berhutang, namun fungsi utama kartu kredit sebenarnya bukan untuk itu. Kartu kredit adalah alat pembayaran sementara yang anda gunakan untuk keamanan. Mengembalikan fungsi kartu kredit ke asalnya dapat membuat anda kaya karena anda akan selalu memiliki uang lebih untuk anda simpan.

7. Jangan Menumpuk Uang di Tabungan

Menumpuk uang di tabungan di jaman sekarang adalah salah satu keputusan yang sangat salah karena tabungan pelan-pelan akan menggerus uang anda lewat berbagai macam biaya yang tidak anda sadari. Sementara bunga tabungan nilainya saat ini berada di bawah inflasi atau berada sedikit di atas nilai inflasi, membuat uang anda tidak akan berkembang.

8. Beli Barang Berkualitas Meski Harganya Sedikit Lebih Mahal

Jika anda memang membutuhkan barang, maka pilihlah barang dengan kualitas yang baik. Utamakan kualitas daripada harga karena barang dengan kualitas yang baik akan tahan lebih lama dan membawa manfaat yang lebih maksimal ketika digunakan.

9. Belajar Pasar Modal

Jika anda memiliki waktu untuk belajar hal-hal baru, maka belajar bagaimana menjadi investor di pasar modal juga dapat membuat anda menjadi kaya. Jangan khawatir anda membutuhkan banyak modal untuk ini karena saat ini Pasar Modal juga sangat ramah terhadap investor ritel, yang membeli dengan skala kecil.

Seperti Warren Buffet, Pasar Modal sebenarnya adalah salah satu instrumen investasi yang tepat untuk anda mengembang biakkan uang anda dan menjadi kaya.

10. Jangan Tergiur Investasi Bodong, jadilah Pintar!

Namun jangan mentang-mentang anda ingin mencari investasi yang tepat, anda lalu sembrono dalam memilih investasi. Ingatlah bahwa semua yang too good too be true patut anda curigai, termasuk dalam berinvestasi. Jika anda masih ragu apakah investasi yang anda ambil legal atau tidak, anda bisa mengecek ke Otoritas Jasa Keuangan mengenai perizinan investasi yang bersangkutan.

Jangan sampai karena keinginan anda untuk menjadi kaya sedemikian besar, anda lalu gegabah memilih investasi yang dapat menyebabkan uang anda hilang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 cara agar Anda menjadi kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.