Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mudah Berpikir Lebih Positif

#berpikir #positif

Bagi sebagian orang, berfikir negatif tampaknya jauh lebih mudah daripada berfikir positif. Perasaan menganggap diri rendah, tidak percaya diri, menganggap hidup orang lain jauh lebih sempurna nampaknya muncul dalam pemikiran sehari-hari. Memiliki pikiran seperti ini sebenarnya sah-sah saja agar anda pun tidak kebablasan menjadi orang yang jumawa. Namun jika anda terus menerus dipenuhi dengan pikiran negatif sehingga menghambat anda dalam melakukan apapun, maka anda harus berhenti bersikap seperti ini dan berubahlah menjadi orang yang lebih positif.

Jika menurut anda bahwa hal tersebut lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan, sebaiknya anda pikir lagi. Karena poin-poin berikut akan menyadarkan anda bahwa sebenarnya menjadi orang yang positif itu mudah dan menyenangkan. Yuk kita simak!

1. Ikhlas

Sebelum anda belajar untuk berfikir positif, pastikan anda sudah ikhlas dengan diri anda apa adanya. Kecuali anda malaikat, maka anda hanya akan punya kelebihan. Sayangnya, anda hanyalah seorang manusia yang memang ditakdirkan memiliki kekurangan dan kelebihan. Karenanya berbahagialah dengan apapun keadaan anda. Janji tuhan adalah ketika Ia mengurangi di satu hal, maka ia akan melebihkan pada hal lainnya. Setelah anda ikhlas dengan hal tersebut, baru anda bisa melangkah lebih jauh. Dan dunia terasa lebih indah, lho.

2. Jangan Membesarkan Masalah yang Kecil

Karena anda manusia, maka yang anda hadapi sehari-hari juga manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan. Jangan ambil pusing dengan apa yang mereka miliki dan apa yang mereka lakukan. Jika mereka jahat pada anda, maklumi saja – berarti memang itu kekurangannya. Jika mereka baik pada anda, pikirkan bagaimana cara membalas kembali kebaikan tersebut kepadanya.

Hidup sudah memberikan anda banyak tantangan; jangan ditambah lagi membebani diri anda dengan masalah-masalah kecil yang sebenarnya dapat diabaikan.

3. Berfokus pada Kelebihan, bukan Kekurangan

Karena anda memiliki kekurangan dan kelebihan, mari berfokus hanya kepada kelebihan anda saja. Misalnya anda memiliki kelebihan mudah bergaul dengan orang lain, maka nikmati setiap momen kebahagiaan yang anda dapatkan ketika anda bertemu dan bersosialisasi dengan orang banyak. Selalu ingat kelebihan ini untuk melatih kepercayaan diri anda. Karena ketika anda percaya diri, maka anda akan terlihat lebih ‘bersinar’ bagi orang-orang yang mengenal anda.

Lalu mengapa tidak berfokus pada kekurangan? Percayalah, hal tersebut tidak akan bermanfaat sama sekali untuk anda.

4. Jangan Terjebak Keadaan

Banyak orang yang memang terlahir di sebuah lingkungan yang sangat negatif tanpa bisa mereka tampik. Namun pilihan tetap ada pada diri anda. Apakah ingin tetap bertahan di tengah lingkungan yang negatif tersebut ataukah memutuskan untuk pergi atau berubah ke lingkungan yang lebih positif. Meskipun tampaknya sulit dilakukan, namun hal ini tidaklah mustahil.
Oprah Winfrey merupakan salah satu orang yang banyak mengalami perlakuan negatif sejak ia masih kecil. Mengalami pelecehan dan diskriminasi,

Oprah akhirnya bisa keluar dari situasi negatif tersebut karena ia memilih untuk begitu. Saat ini ia menjadi salah seorang wanita Afro America yang sangat dikagumi karena kepiawaiannya dalam berbisnis dan berinteraksi dengan orang banyak.

5. Ketika anda Merasa Negatif, Segera Pikirkan Kelebihan Anda

Pikirkan hal-hal yang anda suka. Pikirkan mengenai hobi anda, hewan peliharaan anda, drama kesukaan anda, atau dengarkan musik yang positif dan memberi semangat. Sesekali merasa negatif itu manusiawi, namun anda harus tahu bahwa anda yang memegang kendali untuk segera berubah menjadi lebih positif.

6. Jangan Bandingkan Kelebihan Orang Lain dengan Kekurangan Anda

Karena hal tersebut tidaklah apple to apple. Bahkan peribahasa saja membandingkan apel dengan apel, bukan apel dengan jeruk atau apel dengan durian. Mengapa apel tidak bisa dibandingkan dengan jeruk? Karena jika anda mencari buah mana yang lebih renyah, jeruk jelas kalah dan apel menang.

Sebaliknya jika anda mencari buah mana yang lebih banyak airnya, maka apel jelas kalah dan jeruk menang. Padahal membandingkan kedua hal yang sama sekali lain itu adalah suatu hal yang bodoh, bukan? Demikian halnya dengan anda dan orang lain yang jelas sama sekali lain karena tuhan menciptakan tiap manusia sebagai individu yang unik satu sama lain – bahkan jika anda kembar identik sekalipun.

7. Jangan Terlalu Banyak Melihat Social Media

Social Media itu banyak bohongnya. Seorang yang tampak bahagia dan sering travelling keliling dunia, ternyata memiliki banyak hutang. Seorang yang sedang marah bisa membuat status bahagia, demikian sebaliknya. Jangan terlalu serius memperhatikan kehidupan orang lain lewat social media mereka, bisa jadi itu hanya rekaan belaka.

Fokuslah hanya pada anda, diri anda, kelebihan anda, target-target anda, dan hal-hal lain yang ingin anda capai dalam hidup anda. Setelah anda melakukan ini, maka anda akan merasa lebih positif dan menyadari bahwa anda memiliki segala yang anda butuhkan pada diri anda sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mudah berpikir lebih positif, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti
Inilah Dampak Positif dan Negatif Penerbitan Surat Utang Negara
Perbedaan Cara Berpikir Orang Kaya dan Orang Miskin
Inilah 11 Cara agar Lebih Positif dalam Hidup
Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
Perbedaan Kurs Referensi JISDOR vs Kurs Tengah BI
Perbedaan Konsolidasi, Merger, dan Akuisisi
Apa itu Kartel? Apa Dampak bagi Perekonomian?
Apa itu Pertemuan Tahunan IMF? Apa Manfaat Pertemuan IMF?
Apa itu Perang Dagang? Berikut Pengaruh Perang Dagang!


Bagikan Ke Teman Anda