Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Hal yang Harus Anda Ketahui Bila Ingin Menjadi Entrepreneur

Lima langkah pada gambar di atas tampaknya sangat umum sekali untuk dilakukan bagi seseorang yang ingin menjadi entrepreneur (pengusaha), yakni ide / gagasan, perencanaan, tim / kelompok, bisnis / perusahaan, dan kesuksesan.

Ternyata dari kelima hal tersebut dapat dijabarkan lagi menjadi sesuatu yang lebih luas yang perlu diketahui oleh orang yang ingin menjadi pengusaha. Pengembangan langkah-langkah tersebut dijelaskan oleh Ernie Bray. Ia merupakan pengusaha serta CEO dari West Coast. Selain itu, ia juga merupakan seorang penulis yang berkontribusi di beberapa website yang terkenal seperti Forbes, Entrepreneur, HuffPost, TechCrunch, TechCo, Business and Inc.

Seperti apa langkah yang diberikan oleh alumni B.A., Business Management Economics, University of California Santa Cruz, tersebut?

Pertama, berangkat dari sebuah pertanyaan: Apakah Anda akan memiliki mitra bisnis? Jika Anda berkeinginan untuk memiliki mitra bisnis, maka pilihlah dengan bijak bisnis apa yang akan Anda jalani. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar orang lain bersedia untuk ikut serta memajukan bisns yang Anda pilih.

Kedua, memastikan produk atau layanan yang terbaik dan kompetitif di pasaran. Dalam hal ini, yang harus Anda lakukan adalah fokus dengan sungguh-sungguh, dengan tujuan agar Anda benar-benar memiliki bisnis yang hebat di mana orang-orang bersedia membeli barang maupun jasa yang Anda bisniskan.

Ketiga, bagaimana Anda akan membangun reputasi awal? Saat Anda melangkah untuk menjalani bisnis, awalnya mungkin Anda akan kesulitan mendapatkan klien. Namun, apabila Anda sudah berhasl mendapatkannya, mereka akan menjadi pendukung yang hebat bagi kemajuan bisnis Anda.

Keempat, apakah Anda memiliki kemampuan untuk bertahan pada bisnis Anda, bahkan ketika ada klien  yang memberitahu ke klien potensial lainnya untuk tidak bergabung pada bisnis Anda? Hal ini memang terdengar sangat mengesalkan bagi Anda. Tapi perlu Anda ketahui jika bisnis baru itu pasti akan membosankan bagi sebagian besar pelanggan. Untuk itu, layanilah para pelanggan dengan maksimal dan jangan sampai buat mereka kecewa dengan bisnis Anda.

Kelima adalah karyawan yang ikut bekerja mengelola bisnis Anda. ini merupakan PR terpenting bagi Anda untuk bisa memanage tugas-tugas mereka hingga berapa lama mereka harus bekerja untuk bisnis yang Anda jalani. Jika Anda gagal memimpin kinerja mereka, maka keberhasilan pun akan susah Anda raih.

Keenam adalah mengetahui kondisi keuangan Anda. Dalam menjalankan suatu perusahaan, Anda perlu mengetahui metrik keuangan utama, cara membaca laporan untung & rugi, dan perihal keunagan lainnya.

Ketujuh, memperkenalkan identitas Anda terutama nama Anda sebagai pemilik perusahaan ke publik. Dalam memperkenalkan diri ini merupakan salah satu tantangan terbesar betapa sulitnya mendapatkan nama sebagai pemilik perusahaan. Penyebabnya terkadang Anda kurang PD, bahkan saking ramainya lingkup pemasaran jadi tak ada celah / kesempatan untuk memperkenalkan diri Anda sendiri.

Kedelapan, bagaimana Anda akan membiayai startup Anda? Sebagian besar pengusaha harus mem-bootstrap usaha mereka dan mulai hidup hemat. Hal ini rupanya dialami sendiri oleh Bray saat memulai bisnisnya. Ia dan istrinya terpaksa menjual rumah mereka lalu pindah ke tempat yang jauh lebih murah hingga akhirnya mereka mendapat balik modal atas bisnisnya.

Kesembilan, bersedia untuk berusaha melakukan apapun dan dalam kondisi apapun untuk menjadi sukses. Anda juga harus berani mengambil risiko. Hal ini bukan tentang mendapatkan uang secara cepat, namun kesuksesan yang dirintis bertahun-tahun akan lebih membuahkan hasil sesuai dengan usaha yang Anda lakukan.

Kesepuluh merupakan ujung terbesar dalam berbisnis atau menjadi pengusaha yakni menikmati proses dan menerima hasilnya. Tentunya, tanpa kerja keras dan mau belajar sepanjang hidup, Anda tidak akan pernah menikmati kesuksesan.

Bagaimana? Apakah Anda siap melakukannya demi bisnis yang gemilang?

Mungkin yang terakhir yang perlu Anda ingat adalah, ketika Anda menjadi orang yang sukses nantinya jangan lupa untuk menyumbangkan sedikit harta Anda kepada orang yang sangat membutuhkan bantuan. Sebab, dari tindakan itu Anda dapat meraup keuntungan lebih banyak lagi dan menjadikan bisnis Anda menjadi sukses.

Uang adalah rezeki pemberian dari Tuhan bagi setiap manusia. Dan rezeki merupakan titipan dari Tuhan tentang bagaimana kita dapat memanfaatkannya dengan baik dan menyisihkan sedikit harta yang kita miliki kepada seseorang yang tidak mampu dan lebih membutuhkan pertolongan. Sikap tersebutlah yang membuat Anda lebih dermawan dalam menjadi seorang pengusaha.

Keuntungan lainnya, nama Anda pun akan semakin dikenal oleh klien, kustomer, partner bisnis, hingga masyarakat kelas bawah. Apabila nama Anda semakin dikenal oleh publik, maka usaha Anda pun akan semakin maju.

Lain halnya dengan seseorang yang menutup rapat-rapat dompetnya dan tak mau berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan pertolongan, maka Tuhan enggan memberikan rezeki yang berlimpah kepada pengusaha tersebut.

Lantas, Anda mau pilih yang mana?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 hal yang harus Anda ketahui bila ingin menjadi entrepreneur, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Membesarkan Anak agar Memiliki Mental Entrepreneur
Buku yang Wajib Dibaca oleh Entrepreneur
Apa Perbedaan Entrepreneur dengan Intrapreneur?
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Orang Seperti Apa yang Seharusnya Tidak Menjadi Enterpreneur
Apa Pandangan yang Salah Terhadap Entrepreneur?
Ini Dia Mitos yang Salah Kaprah Tentang Entrepreneur
5 Pengusaha Mancanegara yang Sukses Setelah Umur 40 Tahun
Cara Networking Efektif untuk Entrepreneur Pemula
Jangan Ulangi Kesalahan Pengusaha Pemula Ini!


Bagikan Ke Teman Anda