Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

10 Kiat Meningkatkan Produktivitas

Segala sesuatu berjalan lebih cepat dalam satu dekade belakangan ini. Aliran informasi yang nyaris tiada halangan membuat 24 jam dalam sehari tidak mampu mencukupi kebutuhan seseorang akan kehidupan profesional dan sosial yang layak dan pantas untuk dijalani. Mereka yang benar-benar menyadari kondisi ini tak punya solusi alternatif selain menjadikan detik demi detik yang dimilikinya berharga – atau membuatnya berharga. Dengan kata lain, menjadi kian produktif.

Produktivitas sendiri merupakan kombinasi dari usaha yang fokus dan perencanaan matang. Tetap produktif saat di rumah maupun di kantor adalah suatu tantangan tersendiri. Akan ada penyesalan di batin mereka yang menyia-nyiakan waktunya; hal ini biasa menimpa di saat hari hendak berakhir. Berikut adalah kiat yang bisa Anda tempuh agar hari-hari Anda tidak dipenuhi penyesalan karena tidak produktif.

1. Selesaikan tugas terpenting terlebih dahulu pagi-pagi sekali

Dengan menyelesaikan tugas terpenting terlebih dahulu di pagi hari, beban Anda akan berkurang seiring dengan pertambahan waktu. Hal ini karena tugas terpenting biasanya merupakan tugas terberat. Tindakan ini secara psikologis akan menunjang Anda karena telah terpatri pikiran dan perasaan bahwa Anda telah sukses memenangkan ‘peperangan’ terbesar hari itu; dan akan berhasil memenangkan ‘pertempuran’ lebih kecil yang menyusulnya.

2. Datang paling pagi, pulang belakangan

Kebiasaan yang umum dilakukan adalah sebaliknya; tiba di kantor terlambat, dan pulang lebih awal dari yang lain. Dengan memiliki mindset dan kebiasaan datang lebih awal dan pulang belakangan, maka cara hidup Anda – terutama bagi yang menetap di kota besar – akan sedikit terbantu. Hal tersebut mengurangi risiko terjebak kemacetan dan juga dapat menggarap tugas paling penting terlebih dahulu. Kemacetan itu menyiksa, karena itu artinya Anda membiarkan waktu mengalir tanpa mampu melakukan apapun selain mengeluarkan umpatan dan sumpah serapah, yang mana hal itu sangat buruk bagi jiwa Anda.

3. Matikan fasilitas e-mail di ponsel

Hal ini membuat Anda lebih fokus terhadap e-mail – dan hanya membuka dan membaca e-mail yang relevan untuk produktivitas Anda. Jika Anda di kantor, matikan fasilitas e-mail di ponsel dan buka serta aktifkan akun e-mail kantor Anda saja. e-mail di ponsel adalah e-mail personal, dan jangan pernah libatkan urusan personal saat Anda dituntut untuk menjadi seorang profesional. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

4. Dengarkan musik

Tidak semua musik punya pengaruh yang sama ketika kita produktif. Maka dari itu, pilihlah genre musik yang berbeda-beda dan amati pengaruhnya terhadap produktivitas Anda. Begitu telah temukan jenis aliran musik yang berkontribusi positif terhadap kesibukan dan kondisi mental Anda, maka dengarkanlah sembari menuntaskan apa yang harus dan perlu dituntaskan.

5. Rencanakan malam sebelumnya

Dengan melakukan langkah ini, Anda akan sepenuhnya menjadi seorang game changer. Tidak butuh waktu banyak untuk memenuhi yang satu ini. Cukup 15 menit sebelum Anda merebahkan diri di kasur. Menyusun daftar prioritas malam sebelumnya akan membuat keesokan hari Anda penuh percaya diri menghadapi tantangan yang ada dan fokus dalam memenuhi darma Anda sebagai seorang profesional di tempat kerja atau makhluk sosial di tengah masyarakat.

6. Makan siang di luar kantor

Kelihatannya sepele, tapi makan siang di luar kantor merupakan sejenis rekreasi otak dan mental. Setelah melakukannya, dijamin Anda akan lebih segar dan fokus serta kreatif saat kembali ke bangku kantor. Inspirasi ada kalanya baru bisa Anda temukan di luar kantor. Jadi, jangan terlampau sering membawa bekal dari rumah. Sesekali makan siang di luar gak masalah, kan?

7. Tempat kerja minimalis dan rapi

Apa yang Anda butuhkan bukan ruang kerja yang besar dan luas, melainkan yang minimalis dan rapi. Ruang kerja yang minimalis dan rapi membuat Anda dapat menemukan apa yang Anda perlukan dalam hitungan detik. Kondisi berantakan, selain tak sedap dipandang mata, akan menguras emosi Anda ketika tak sanggup menemukan hal sepele yang sedang Anda butuhkan.

8. Keluar dari zona nyaman

Seperti namanya, zona nyaman memang nyaman. Tapi, amat penting bagi seseorang untuk mengetahui persis apa yang ia inginkan dalam hidup. Apa yang buruk dari zona nyaman adalah ia cenderung menjebak Anda dalam rutinitas yang pada juntrungnya mengurangi antusiasme Anda untuk menjalani hidup itu sendiri. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda sesekali keluar dari zona nyaman dan melakukan satu hal yang menantang. Dijamin, produktivitas Anda akan meningkat pesat setelah itu Anda lakukan.

9. Menghindari ‘sampah’ digital dan elektronik

Bermain dengan ponsel, membuka media sosial, menonton TV, berselancar di Internet atau sekedar bermain video game ada kalanya buruk bagi kehidupan Anda. Hal terburuk dari melakukan hal-hal semacam itu adalah efek melenakan, yang membuat Anda tidak awas dan merupakan zona nyaman virtual yang membuat Anda kecanduan. Terlampau banyak ‘nyantai’ akan membuat otak Anda beku. Ada kalanya tetap sibuk dan fokus merupakan satu-satunya bentuk ‘latihan’ otak dan mental yang bagus untuk pribadi dan produktivitas Anda.

10. Luangkan waktu untuk meditasi

Meditasi atau ibadah berdampak positif terhadap batin dan pikiran karena memiliki efek menenangkan. Lakukan meditasi atau beribadah lah, maka Anda akan mengalami perubahan perilaku secara perlahan-lahan; menjadi lebih tenang sehingga pikiran lebih tajam dan jernih.

Waktu adalah uang. Tapi, produktivitas jauh lebih penting dari waktu itu sendiri karena erat kaitannya dengan harkat dan martabat sebagai manusia.

Menjadikan kemalasan sebagai aset adalah suatu tindakan yang keliru. Begitu pula menjebak diri ke dalam rutinitas; merupakan hal yang mencederai diri kita sebagai manusia. Produktivitas adalah jalan tengah, yakni ada di antara waktu luang atau kosong dan kesibukan alias rutinitas. Menjadi produktif adalah menjadi manusia yang sesungguhnya karena menganut jalan hidup yang penuh keseimbangan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 kiat meningkatkan produktivitas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mau Tau Cara Hidup Lebih Disiplin? Ini Dia Kiat agar Lebih Disiplin!
Perhitungan THR Karyawan (Tunjangan Hari Raya)
Apa itu Kebijakan Quantitative Tightening (QT)?
Cara Kerja Penjahat ATM Skimmer
Perbedaan Kebijakan Fiskal vs Kebijakan Moneter
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Trend Cord Cutting TV Kabel di Indonesia
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Perbedaan antara Pajak dengan Bea Cukai


Bagikan Ke Teman Anda