Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

4 Keterampilan Berharga yang Bisa Dimiliki Sepanjang Hidup

Setiap orang umumnya memiliki bakat dan keterampilan terpendam dalam diri masing-masing. Bakat dan keterampilan tersebut akan muncul jika diasah, dilatih, dikembangkan, dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan dalam diri yang dikembangkan akan menjadi suatu kekuatan positif yang mampu memberikan nilai tambah pada pribadi seseorang. Orang yang memiliki keterampilan positif dalam dirinya akan mampu menjalani kehidupan yang lebih berkualitas.

Keterampilan dalam diri seseorang bisa muncul baik secara internal maupun eksternal. Artinya, ada sebagian orang yang memang memiliki bakat atau keterampilan terpendam dalam dirinya sehingga jika mendapat stimulasi akan muncul dengan sendirinya. Namun ada pula sebagian orang yang memiliki keterampilan tertentu karena belajar dan berlatih secara tekun.

Disadari atau tidak setiap orang memiliki keterampilan berharga yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupannya. Keterampilan berharga tersebut bahkan bisa dimiliki sepanjang hidup tanpa dibatasi dengan masa kadaluarsa. Apa sajakah keterampilan berharga tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

1. Berpikir secara visioner

Apa itu visioner? Visioner dapat dipahami sebagai kemampuan untuk memandang jauh ke depan. Kesuksesan di setiap aspek kehidupan baik karir, asmara, maupun keluarga akan lebih mudah diraih seseorang apabila ia memiliki tekad yang kuat dan mampu memvisualisasikannya sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Kemampuan memvisualisasikan inilah sebagai wujud dari keterampilan berpikir secara visioner.

Seseorang dengan pemikiran yang visioner akan mampu mencitrakan langkah-langkah yang harus ditempuh termasuk memprediksikan kendala-kendala yang mungkin akan dihadapi dalam upaya mencapai tujuannya. Ketika seseorang memiliki keinginan bahkan ambisi yang besar, jika ia memiliki keterampilan berpikir secara visioner, maka ia tentu akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan ambisi tersebut. Ia akan menyimpan gambaran ambisinya, memecahnya menjadi sub tujuan, membangun langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan, kemudian mengeksekusinya. Kebulatan tekad untuk mewujudkan keinginan dan meraih tujuan sering kali mampu menepis pengaruh-pengaruh negatif yang berusaha menjegal jalannya. Ia mampu menjaga komitmen dan fokus pada tujuan yang hendak dicapai.

Sebagai contoh anak dari keluarga miskin yang bercita-cita kuliah di luar negeri. Banyak orang yang akan menganggap hal itu tak akan mungkin terwujud bahkan tak sedikit yang akan menertawakan dan mencibirnya. Namun si anak miskin tetap tertekad kuat untuk mewujudkan keinginannya. Ia belajar dengan giat untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, tanpa mendengarkan cibiran dari lingkungan sekitarnya, tetap fokus pada tujuannya. Kegigihan usaha yang dilakukan tak mengkhianati hasil, ia pun mampu meraih beasiswa kuliah di luar negeri.

Intinya, kemampuan mengartikulasikan keinginan dan memvisualisasikannya dalam wujud perbuatan positif guna mencapai tujuan merupakan keterampilan berharga yang bisa dimiliki sepanjang hidup.

2. Inspirasional

Istilah inspirasional memang tidak ditemukan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Meski begitu istilah ini dapat dipahami sebagai kemampuan untuk mengilhami dan memotivasi orang lain. Kemampuan ini termasuk keterampilan berharga yang bisa dimiliki seseorang di sepanjang hidupnya. Bagaimana bisa?

Idealnya orang yang memiliki kemampuan teknis berpeluang mencapai tingkat karir yang tinggi. Kenyataannya tidaklah demikian. Orang yang berkompeten secara teknis mampu dikalahkan oleh orang yang biasa-biasa saja secara teknis tetapi karismatik. Karismatik merupakan sifat dalam diri seseorang yang dihubungkan dengan kemampuan luar biasa dalam membangkitkan rasa kagum terhadap dirinya. Orang yang karismatik cenderung memiliki kualitas pribadi yang baik dan menyenangkan. Kualitas pribadi tersebut diwujudkan dalam kemampuan membuat orang lain merasa nyaman. Orang yang berkarisma memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menginspirasi orang-orang di sekitarnya.

Keterampilan inspirasional merujuk pada pesona sejati, bukan manipulatif atau sebatas pencitraan belaka. Orang yang inspirasional akan lebih mudah mengilhami orang lain untuk berbuat hal-hal positif tanpa perlu menekan apalagi mengancam. Kemampuannya menginspirasi dan memotivasi orang lain lebih dipengaruhi oleh kekuatan “inner beauty” dalam dirinya, bukan polesan palsu yang menipu.

3. Mampu beradaptasi

Setiap orang berproses dalam perjalanan hidupnya. Selama berproses tersebut, pastilah akan ada perubahan-perubahan yang dihadapi. Kemampuan menghadapi perubahan dan beradaptasi dengannya menjadi suatu keterampilan positif yang bisa dimiliki oleh setiap orang sepanjang hidupnya.

Hidup akan selalu ada masalah. Namun, poinnya bukan pada jenis masalah yang terjadi, tetapi cara merespon dan menghadapi masalah yang terjadi. Kemampuan beradaptasi merupakan keterampilan dalam menerima dan menyesuaikan diri dengan segala situasi dan kondisi yang dihadapi, baik sukses atau gagal, senang atau susah, bahagia atau sedih, cinta atau benci, dan lain sebagainya. Keterampilan ini memungkinkan seseorang untuk berlapang dada menerima segala kondisi yang bahkan tidak diinginkannya sehingga bisa bersikap secara bijak.

Ketika seseorang memiliki keterampilan beradaptasi yang baik, ia akan dengan mudah mengendalikan diri dan tetap bersikap tenang. Harus disadari bahwa kehidupan tidak bisa selalu berjalan sesuai dengan keinginan setiap individu. Sebaliknya, justru masing-masing individulah yang harus mengubah diri sendiri untuk bisa mengikuti alur kehidupan yang dilaluinya.

Orang yang mampu beradaptasi dengan baik cenderung memiliki pola pikir yang lebih terbuka, mampu mendengarkan dan menerima pendapat orang lain. Selain itu, orang yang memiliki keterampilan ini berani tampil kreatif dan inovatif untuk memecahkan suatu masalah dan menyesuaikan perilaku serta tindakan sesuai tuntutan kehidupannya.

4. Tekun dan mampu bersikap positif

Sebagian orang mungkin diberkati dengan keberuntungan sehingga mereka tak perlu bersusah-payah dalam menjalani kehidupannya. Namun, tak sedikit yang harus berjuang melalui banyak kesulitan untuk sampai pada kehidupan yang nyaman. Bahkan kebanyakan tak sanggup menghadapi kesulitan demi kesulitan yang mendera kehidupannya dan berakhir pada stres, frustrasi, depresi, dan penyakit mental lainnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Pikiran negatif menghasilkan sikap yang negatif. Oleh sebab itu, berpikirlah secara positif agar menghasilkan sikap yang positif pula. Meski tampak sederhana, namun tak semua orang mampu mengaplikasikan keterampilan berharga ini. Kebanyakan orang lebih mudah berprasangka dan terpancing emosi ketika menghadapi situasi atau kondisi yang tidak diinginkannya. Mereka cenderung mencari ‘kambing hitam’ yang bisa disalahkan atas segala permasalahan dan kesulitan yang dihadapinya, sehingga mengesampingkan introspeksi diri.

Sikap berbeda akan ditunjukkan oleh orang-orang yang mampu berpikir secara positif. Saat menghadapi masalah atau kesulitan, meski dirasakan bebannya begitu berat, namun mereka mampu bersikap positif dan menghadapinya dengan sabar dan tekun. Ketekunan dan sikap positif itu akan sangat membantu melewati masa-masa sulit. Sikap positif dapat dikembangkan dengan melakukan hal-hal yang sifatnya positif, seperti meditasi untuk menenangkan pikiran dan berusaha me-review hal-hal yang telah dilalui sehingga dapat mengenali dan mengetahui permasalahan yang terjadi. Selain itu, sikap positif juga dikembangkan melalui olahraga, konsumsi makanan sehat, membaca sesuatu yang inspirasional, dan memvisualisasikan tujuan yang akan dilakukan esok hari.

Keterampilan hidup (lifeskill) sangatlah penting dan menjadi salah satu ‘aset’ berharga dalam diri yang mampu menunjukkan kualitas pribadi seseorang. Tak hanya untuk sesaat, keterampilan diri yang senantiasa dikembangkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi keterampilan berharga yang bisa dimiliki sepanjang hidup.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 4 keterampilan berharga yang bisa dimiliki sepanjang hidup, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Emas Berharga? Apa Sebab Emas Bernilai?
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Skill Berharga dalam Kehidupan, Pastikan Anda Memilikinya
6 Skill Wajib Dimiliki Agar Sukses
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda