Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

6 Alasan Mengapa Orang Cina Selalu Bekerja Keras!

#kerja keras #orang Cina

Etnis Cina memang merupakan salah satu etnis yang banyak tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menurut data statistik, Indonesia menjadi negara dengan etnis Cina atau Tionghoa terbesar yaitu hingga mencapai 7,6 juta jiwa. Jadi tentu dalam keseharian kita tak asing lagi bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang etnis Cina.

Seperti yang telah kita ketahui, orang Cina terkenal sebagai pekerja keras hingga dapat meraih kesuksesan yang gemilang. Jika melihat urutan orang terkaya di Indonesia pun banyak diantaranya yang merupakan orang beretnis Cina, dengan total kekayaan hingga mencapai sekian triliun US Dollar. Untuk memahami mengapa orang Cina merupakan pekerja keras, berikut adalah beberapa alasannya:

1. Menjadi Kultur Budaya Turun-Temurun

Sifat orang Cina yang selalu bekerja keras merupakan sifat yang telah diturunkan secara turun-temurun dari leluhur mereka. Dulu orang Cina mencari penghidupan dari agrikultur atau pertanian, dimana mereka harus bekerja keras untuk menanam tanaman agar bisa makan. Sifat tersebut terus diturunkan meski terjadi perubahan mata pencaharian utama, yaitu lebih kepada produksi dan industri.

Kultur ini juga terbentuk karena sejarah panjang bangsa Cina yang mengalami berbagai peristiwa yang menyakitkan, seperti peperangan dan kelaparan. Sejarah tersebut membuat mereka terbentuk menjadi pribadi-pribadi yang berjiwa kuat dan terus bekerja keras. Mereka pun menerapkan sifat tersebut ke anak cucu dengan mendidiknya sejak dini untuk menjadi orang yang memiliki mental pekerja keras.

2. Prinsip Untuk Bertahan

Alasan kedua mengapa orang Cina merupakan pekerja keras adalah adanya prinsip untuk bertahan yang merupakan ajaran dari Confucious dan era Soviet dulu. Ajaran-ajaran tersebut menerapkan prinsip bahwa manusia harus bertahan dalam menghadapi kesulitan dalam hidup. Dalam hidup memang pasti akan menemukan kesulitan demi kesulitan, tapi yang bertahanlah yang akan menang.

Jika ada pepatah Indonesia yang berbunyi “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian”, orang Cina memiliki prinsip yang disebut 能吃苦 (néng chīkǔ). Prinsip itu memiliki arti kurang lebih “Menahan kesulitan saat ini untuk kesenangan yang akan didapat di kemudian hari.” Karena itulah orang Cina terbiasa untuk tidak terlena dalam kesenangan sesaat dan tetap bertahan meski mengalami hambatan dalam hidup.

3. Tingginya Rasa Kompetitif

Orang Cina terkenal memiliki rasa kompetitif yang tinggi, dimana mereka akan berusaha sekuat mungkin untuk meraih kesuksesan. Kesuksesan ini memang masih diukur dari segi materi dan kekayaan, sehingga tak heran jika banyak orang Cina yang bekerja keras untuk mendapatkan semua itu. Mereka telah memiliki mindset tersebut sejak dini, dimana ditanamkan oleh para orangtua bahwa mereka sendiri-lah yang akan menyesal jika tidak bekerja keras.

Bukan hanya berkompetisi dengan orang lain, rasa kompetitif ini juga mencakup kompetisi dengan diri sendiri. Mereka merasa harus dapat mengalahkan diri sendiri, dalam arti mengalahkan semua kemalasan dan ketakutan untuk terus berusaha. Dengan begitu, mereka pun baru bisa mencapai apa yang dituju dan tentunya mendapatkan kesuksesan seperti yang diinginkan.

4. Cina Masih dalam Proses Perkembangan

Meskipun bisa dibilang negara yang besar, Cina masih termasuk dalam kategori negara yang masih berkembang. Hal ini membuat mereka menyadari kalau mereka masih banyak tertinggal dari negara-negara lain di dunia, terlebih di era globalisasi ini. Dengan begitu, mereka merasa bahwa mereka memang harus bekerja lebih keras dibanding orang-orang di negara yang sudah maju.

Kondisi Cina sebagai negara yang masih dalam proses pembangunan di satu sisi juga merupakan dilihat sebagai sebuah kesempatan. Mereka bukannya merasa rendah diri dengan kondisi tersebut, namun justru menganggap bahwa ada kesempatan bagi negaranya untuk menjadi negara maju. Jadi mereka pun terpacu untuk bekerja keras dan mencapai kesuksesan seperti orang-orang di negara maju.

5. Populasi yang Sangat Banyak

Dari data statistik yang diambil dari CIA World Factbook di tahun 2016, Cina menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk negara itu kini mencapai hingga 1,37 miliar jiwa atau sekitar 18,8% dari total penduduk di dunia. Banyaknya populasi ini tentu juga menjadi salah satu pendorong mengapa orang Cina bekerja keras dalam hidupnya.

Jika tidak bekerja keras, mereka tidak akan dapat bertahan karena ada terlalu banyak jiwa yang juga butuh makan dan hidup dengan layak. Mungkin sering juga kita dengar bahwa pemerintah Cina pun mengalami kesulitan untuk menyediakan bahan makanan bagi rakyat negara tersebut. Jadi rakyat lah yang harus memiliki inisiatif sendiri untuk bertahan dengan bekerja keras dalam menjalani hidup mereka.

6. Ingin Mendapat Hidup yang Lebih Baik

Alasan terakhir mengapa orang Cina merupakan pekerja keras adalah karena mereka ingin mendapatkan kehidupan lebih baik. Termasuk juga dari sisi pendidikan, dimana pendidikan memang merupakan salah satu jalan untuk merubah kehidupan seseorang. Di Cina, masyarakatnya terbiasa bekerja keras dengan belajar dengan giat agar bisa mendapatkan sekolah yang bagus dan berkualitas.

Dengan memasuki sekolah yang bagus, mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan tentunya gaji yang mencukupi. Dengan begitu, taraf hidup mereka pun bisa meningkat sedikit dengan sedikit dan berbagai kebutuhan dapat terpenuhi. Sehingga pada akhirnya status sosial mereka bisa berubah menjadi lebih tinggi dan kemudian mengarah kepada kesuksesan yang diinginkan.

Demikianlah beberapa alasan mengapa orang Cina merupakan pekerja keras dalam hidup mereka, dimanapun berada. Hal ini tentu dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk bisa menekuni sifat tersebut dan menerapkannya dalam hidup. Tanpa usaha dan kerja keras, maka hidup kita tidak akan bisa berubah apalagi menjadi sukses seperti yang diimpikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 6 alasan mengapa orang cina selalu bekerja keras, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Prinsip Bisnis Orang Cina
Inilah Sebabnya Mengapa Kerja Keras Saja Tidak Menjamin Anda Pasti Kaya
Alasan Orang Cina Lebih Makmur Ketimbang Sebagian Besar Orang Indonesia
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Perbedaan antara Pajak dengan Bea Cukai
Kartu Kredit dengan Fasilitas Lounge di Bandara Soekarno Hatta
Pentingnya Mengenali Nasabah dalam Sektor Perbankan
Step by Step Cara Mendaftarkan Merek Dagang
Teknik untuk Mencegah Pemalsuan Uang dan Fitur yang Tidak Ada di Uang Palsu


Bagikan Ke Teman Anda