Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari

Meminimalisir biaya yang harus Anda keluarkan saat bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara untuk berhemat. Tahukah Anda bahwa hal ini merupakan salah satu prinsip yang diterapkan oleh orang-orang kaya? Mereka tidak mau mengeluarkan uang yang semestinya tidak perlu mereka keluarkan.

Anda hanya harus membayar atau mengeluarkan uang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Di sini akan kami paparkan beberapa jenis biaya yang dapat Anda hindari, sehingga Anda dapat lebih waspada bila selanjutnya melakukan transaksi serupa:

1. Terlambat membayar tagihan

Bila Anda adalah tipe yang kerap menunda pembayaran atau sering lupa kapan harusnya Anda sudah harus membayar tagihan bulanan, bisa dipastikan Anda akan mendapat konsekuensi berupa denda. Pihak PLN misalnya, memberi batas waktu hingga tanggal 20 setiap bulannya agar pelanggan dapat membayar tagihan mereka. Bila lewat dari itu, Anda akan dikenai sanksi berupa denda yang disesuaikan dengan golongan tarif listrik. Hal yang sama juga berlaku pada tagihan air, telepon, internet, dll.

Denda tersebut merupakan jenis biaya yang harus Anda hindari karena hanya menambah pengeluaran Anda. Anda dapat membiasakan diri untuk lebih disiplin dalam membayar setiap tagihan yang datang di awal bulan. Buatlah semacam reminder di ponsel atau email agar Anda ingat kapan harus melunasi semua tagihan tersebut di awal bulan. Atau untuk lebih praktisnya lagi, Anda bisa minta pihak bank tempat Anda menabung untuk mengaktifkan fitur autodebit pada seluruh tagihan bulanan Anda. Dengan begini Anda tidak perlu takut akan lupa dan/atau terlambat membayar tagihan, sehingga biaya berupa denda dan semacamnya bisa dihindari.

2. Hotel

Anda yang kerap menginap di hotel saat bepergian ke luar kota pasti memahami hal ini. Bila ingin melakukan check in lebih awal ataupun membatalkan kamar yang telah di-booking, biasanya Anda akan dikenakan biaya. Meski hal ini bergantung pada dua hal: seberapa murah tarif hotel tersebut dan seberapa terlambat Anda membatalkan pesanan. Perhatikan hal ini saat memesan kamar hotel, rincian biaya yang dibebankan pada Anda, dan syarat serta ketentuannya.

Tipe seperti hotel budget memang memasang tarif kamar yang murah per malamnya, namun hal ini dibarengi dengan biaya pembatalan dan biaya lain-lain, seperti untuk akses internet atau kolam renang. Sehingga Anda harus memperhatikannya dengan cermat. Untuk menghindari hal ini, rencanakan kepergian Anda dengan cermat agar jangan sampai bila rencana Anda batal, Anda masih harus mengeluarkan biaya yang sebenarnya bisa dihindari.

3. Penerbangan

Hampir sama seperti hotel, tiket penerbangan dengan harga yang murah biasanya dibarengi biaya lain. Misalnya tambahan biaya bila ingin memasukkan barang pada bagasi, charge untuk makanan dalam pesawat, dll. Pastikan Anda paham dengan rincian biaya yang ada saat memesan tiket. Bila memang tiketnya murah karena tidak ada fasilitas bagasi, maka pastikan Anda tidak membawa tas atau koper yang terlalu berat untuk ditaruh di kabin pesawat. Hal ini akan menghindarkan Anda dari biaya yang membuat anggaran perjalanan membengkak.

4. ATM

Menggunakan ATM bank yang tidak sama dengan kartu Anda pasti akan dibarengi dengan beban biaya khusus yang akan dipotong langsung dari saldo Anda saat bertransaksi di ATM tersebut. Nominal potongan bergantung pada tiap bank dan fasilitas apa yang digunakan di mesin ATM tersebut. Bahkan untuk sekadar mengecek saldo, Anda akan dikenakan biaya. Baiknya hal ini Anda hindari atau minimalisir. Bila memang membutuhkan mesin ATM untuk menarik uang tunai, carilah yang sesuai dengan bank yang Anda gunakan. Sedangkan untuk fasilitas lain seperti transfer, pembayaran, pembelian, Anda bisa memanfaatkan internet atau mobile banking bila memang tidak menemukan mesin ATM.

5. Cicilan

Anda pasti sudah tahu bahwa bila membayar sesuatu dengan cara mencicil atau mengangsur, jumlah akhir yang Anda bayarkan akan lebih mahal ketimbang membayarnya secara penuh. Cicilan yang harus dibayarkan selama beberapa bulan atau tahun masih dibarengi dengan bunga, sehingga akan meningkatkan lagi nominal yang Anda bayarkan. Sayang sekali, bukan? Sehingga bila memungkinkan, hindari hal ini dengan membayar secara tunai atau dalam jumlah penuh.

Bila memang Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar secara penuh namun kebutuhan memang mendesak, cermatlah dalam mencari yang cicilannya memiliki bunga kecil atau bahkan 0%. Bila Anda mencicil menggunakan kartu kredit, pastikan untuk membayar pinjaman Anda langsung secara penuh setiap tagihan keluar guna menghindari biaya lebih berupa bunga bila terlambat membayar.

6. Kartu kredit

Kartu kredit memang merupakan alat pembayaran yang praktis dan dapat Anda rasakan manfaatnya bila menggunakannya secara bijak. Namun pastikan Anda tahu bahwa kartu kredit memiliki biaya-biaya lain di luar tagihan bulanan Anda. Berjalan-jalan ke luar negeri dan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran memang dapat Anda lakukan, namun Anda akan dikenakan biaya transaksi (foreign transaction fee) pada setiap pembelanjaan. Biaya lain yaitu berupa iuran tahunan kartu yang jumlahnya berbeda-beda, bergantung pada bank dan jenis kartu kredit yang Anda miliki.

Untuk menghindari jenis biaya seperti ini, ada baiknya Anda membawa dan menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran saat bepergian ke luar negeri.

Sedangkan sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit, pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Toh ada kartu kredit yang memang tidak memiliki iuran tahunan, sehingga Anda akan terbebas dari biaya tambahan ini. Dan kartu kredit yang memiliki batasan pijaman kecil biasanya memiliki suku bunga yang lebih besar sebagai kompensasi. Sehingga Anda harus cermat dalam memilih, menggunakan, dan memahami ketentuan bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda agar Anda tidak berakhir dengan biaya-biaya yang signifikan dan sebenarnya tidak perlu Anda keluarkan.

Berikut tadi keenam jenis biaya yang sebaiknya Anda hindari dalam transaksi sehari-hari dan sedikit tips untuk menghindarinya. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 6 jenis biaya yang semestinya bisa dihindari, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari
Ingin Punya Uang Lebih? 8 Biaya Ini Wajib Dihindari
4 Langkah Sederhana Membuat Anggaran Keuangan Keluarga
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!
Apa itu Biaya Overhead? Cara Menghitung Biaya Overhad?
7 Alasan Mengapa Menunda Tidak Baik bagi Keuangan
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Beberapa Biaya yang Tidak Perlu & Bisa Kita Hindari
12 Aturan Keuangan yang Harus Dipahami oleh Anak-anak


Bagikan Ke Teman Anda