Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

6 Rahasia Menyimpan Uang yang Perlu Anda Ketahui

Seseorang yang telah bekerja tentu memiliki sejumlah uang dari penghasilannya sendiri sebagai bayaran atas kerja keras yang telah dia lakukan. Ketika uang tersebut telah berada di tangan, tentu pemanfaatannya akan bergantung kepada pribadi masing-masing.

Akan tetapi, kebanyakan diantara mereka tentu akan membelanjakan uang tersebut dan menggunakannya untuk memenuhi segala kebutuhan pribadi. Padahal menyimpan uang merupakan salah satu faktor kunci yang membedakan antara orang kaya dan biasa. Kebanyakan orang menjadi kaya karena dapat mengatur dan memanfaatkan uang yang dimilikinya dengan sebaik mungkin.

Tidak jarang diantara mereka ada yang memanfaatkan uang tersebut untuk berlibur atau bersenang-senang bersama keluarga dan temannya. Meski begitu, dalam hati mereka pasti tersimpan keinginan untuk dapat menyimpan uang yang dimilikinya dengan sebaik mungkin.

Namun kebutuhan dan gaya hidup yang mereka jalani membuat hal tersebut terasa sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan beberapa rahasia menyimpan uang dalam bentuk poin-poin.

1. Memprioritaskan Tagihan yang Harus Dibayarkan

Saat Anda baru mendapatkan penghasilan bulanan, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah membayar semua tagihan bulanan. Buatlah dafatr tagihan yang harus Anda bayarkan secara rutin setiap bulannya agar tidak ada yang terlewatkan. Sisihkan penghasilan yang Anda miliki untuk membayar semua tagihan.

Apabila memungkinkan, segeralah bayar semua tagihan tersebut di awal bulan agar tidak terjadi penunggakan yang dapat mengakibatkan Anda terkena denda. Hal tersebut tentu akan menambah jumlah pengeluaran Anda dan menjadi biaya yang tidak terduga. Sisa uang dari pembayaran tagihan dapat Anda simpan dan digunakan untuk kebutuhan lain.

2. Membuat Daftar Kebutuhan Bulanan

Dengan membuat daftar kebutuhan bulanan, maka Anda akan mengetahui barang apa saja yang harus dibelanjakan dan berapa jumlah pengeluaran setiap bulannya. Pada intinya, daftar kebutuhan bulanan akan membantu Anda dalam menghitung dana yang harus disiapkan setiap bulannya untuk memenuhi keperluan. Jika dana yang dibutuhkan untuk membeli segala keperluan telah diketahui, maka Anda dapat memperkirakan jumlah uang yang dapat Anda simpan.

3. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memang alat yang sangat bermanfaat jika digunakan dengan bijak. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri, penggunaan kartu kredit justru akan memberi dampak negatif. Mereka yang tidak mampu mengendalikan diri akan memiliki kecenderungan untuk berbelanja sepuasnya hingga lupa dengan kemampuan yang dimiliki dalam membayarkannya kembali. Hal itu tentu bisa menambah biaya pengeluaran Anda karena pihak penyelenggara kartu kredit akan memberlakukan sistem denda ketika terjadi keterlambatan dalam proses pembayaran. Apabila kejadian tersebut Anda alami, maka tidak akan bisa menyisihkan uang dan menyimpannya.

4. Menerapkan Pola Hidup Hemat

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pola hidup hemat. Salah satunya yaitu Anda dapat menyisihkan penghasilan dan kemudian menyimpannya. Seseorang yang menerapkan hidup hemat, tidak akan membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang tidak berguna. Mereka akan memikirkan nilai guna dari suatu barang yang akan dibelinya. Selain itu, mereka juga akan menghindari gaya hidup hedonisme yang cenderung berfoya-foya karena dianggap sebagai pemborosan. Maka tidak heran jika mereka yang sedang menerapkan pola hidup hemat akan jarang menerima ajakan dari temannya untuk bermain.

5. Menginvestasikan Uang yang Dimiliki

Menginvestasikan sejumlah uang yang dimiliki dalam bentuk suatu barang atau usaha merupakan cara lain dari kegiatan menyimpan uang. Tidak hanya itu, dengan menginvestasikan sejumlah uang yang Anda miliki dalam bentuk suatu barang atau usaha, maka akan mendapatkan berbagai keuntungan di kemudian hari.

Jumlah uang hasil investasi yang Anda peroleh akan bernilai lebih besar dibandingkan dengan yang telah diinvestasikan sebelumnya. Keuntungan yang Anda peroleh dari hasil investasi dapat disimpan dan dipergunakan pada lain hari.

6. Membeli Tiket Jauh Hari Sebelumnya

Saat Anda akan bepergian ke suatu tempat, lakukanlah pemesanan tiket pada jauh hari sebelum keberangkatan. Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan harga diskon jika membeli pada jauh hari sebelum keberangkatan sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran. Kemudian sisa biaya pembelian tiket tersebut dapat Anda simpan.

Jika Anda membeli tiket di menit terakhir menjelang keberangkatan, maka Anda akan menghabiskan biaya yang cukup besar karena harga tiket pada hari keberangkatan lebih mahal jika dibandingkan hari sebelumnya. Untuk itu, sangat penting membuat rencana perjalanan terlebih dahulu sebelum tanggal keberangkatan.

Itulah pemaparan mengenai rahasia menyimpan uang. Setidaknya ada enam tips yang dapat Anda lakukan agar dapat menyimpan uang dengan baik. Semua itu memang tergantu pribadi masing-masing. Akan tetapi hal yang perlu Anda ingat bahwa menyimpan uang itu artinya menunda kepuasan diri. Dimana Anda harus mampu menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang agar dapat menyimpannya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 6 rahasia menyimpan uang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Menjalani Hidup Sesuai Kemampuan Finansial Kita
Mengapa Banyak Orang Tidak Punya Tabungan?
Apa itu Tabungan Jenius? Review Tabungan Jenius
Perencanaan Keuangan untuk yang Baru Saja Menikah
Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
7 Akibat Penundaan pada Kondisi Keuangan Kita
Mau Berhasil Menabung? Ini Dia Rahasia Cara Menabung yang Benar
Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi
6 Cara Menjadi Kaya Ala Orang Yahudi


Bagikan Ke Teman Anda