Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

7 Hal Penting untuk Diketahui oleh Penjual yang Profesional

Kegiatan berdagang sudah melekat dalam perekonomian seluruh negara sejak zaman dahulu. Berdagang menjadi salah satu kegiatan penting yang dilakukan manusia untuk mendapatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhannya. Dengan berdagang, baik penjual maupun pembeli akan sama-sama diuntungkan. Walaupun dapat dilakukan oleh siapapun, ternyata berdagang tidaklah mudah.

Sudah banyak penjual yang gulung tikar karena ketidakmampuannya dalam mengatur usaha tersebut. Kemampuan berdagang yang dimiliki oleh setiap penjual berbeda-beda dan hal itu menjadi komponen utama dalam  mengkategorikan seorang penjual. Kesuksesan usaha yang dijalankan menunjukkan besarnya kemampuan berdagang yang dimiliki penjual. Menurut KBBI, seseorang dapat dikatakan profesional ketika orang tersebut memiliki kepandaian dalam menjalankan profesinya.

Penjual dengan kemampuan berdagang yang besar dapat disebut sebagai penjual profesional. Penjual yang profesional akan mampu mengambil keuntungan maksimal dari transaksi jual beli yang dilakukan kepada setiap pembeli. Semua kegiatan dengan pembeli seperti percakapan melalui media sosial maupun secara langsung mengenai harga dapat diambil keuntungannya secara maksimal oleh penjual yang profesional.

Penjual profesional biasanya akan dijadikan panutan dan guru bagi para penjual lainnya. Namun, dengan memberikan ilmu kepada penjual lainnya bukan berarti penjual profesional itu bertindak seakan membuat rugi usahanya sendiri. Penjual yang profesional selalu dapat menemukan hal-hal penting untuk terus meningkatkan usahanya seperti:

1. Memahami Produk

Penjual yang profesional sudah seharusnya ahli mengenai produk yang dijualnya. Sekalipun ada hal yang harus dievaluasi yang menjadi kekurangan dari produknya, penjual yang profesional akan mampu untuk memperbaikinya melalui hal baru yang ditemukan ketika berada di lapangan (pasar).

2. Memahami Pembeli

Selain prospek mengenai produk, penjual yang profesional juga memahami pembeli yang akan/sudah menjadi pelangganya. Dengan kemampuan melihat pelaku/sasaran pasar dalam usahanya, semua kegiatan manajemen terutama yang berhubungan dengan penjualan akan lebih baik daripada penjual yang belum profesional. Oleh karena itu, tidak semua usaha dengan produknya yang baik memiliki manajemen yang baik pula.

3. Rekan Kerja yang Baik

Rekan kerja menjadi salah satu hal terpenting dalam menjalankan usaha. Pemilihan rekan kerja yang tepat merupakan hal penting yang diketahui oleh penjual profesional untuk memajukan usahanya. Rekan kerja yang dimaksud adalah para pegawai yang akan bekerja untuknya. Ketepatan akan ditunjukkan melalui pelayanan yang diberikan rekan kerja terhadap pelanggan. Pelanggan yang menyukai pelayanan yang diberikan tentu tidak akan berpindah ke penjual yang lain. Selain itu, kedekatan antara rekan kerja dan pemilik usaha lebih terjaga sehingga rekan kerja akan bekerja dengan sepenuh hati dan tenaga.

4. Jujur

Tampilkan ‘wajah’ usaha yang baik dan bersikap jujur, terutama kepada pelanggan. Pelanggan senantiasa akan melihat ‘wajah’ usaha yang ditampilkan melalui pelayanan yang diberikan. Ketika pelanggan melihat ‘wajah’ usaha untuk pertama kalinya, banyak pertanyaan dan hal-hal terkait usaha yang ingin diketahui pelanggan terutama mengenai produk. Pelanggan ingin mengetahui kualitas, harga, serta kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkan. Penjual yang profesional akan bersikap jujur dan memberitahukan informasi yang benar terhadap pelanggan mengenai informasi produk yang dijualnya.

5. Siap Membantu

Selalu ada untuk pelanggan dan rekan kerja ketika membutuhkan sesuatu dari perusahaan. Tentu akan ada saat dimana usaha sedang mengalami masalah. Ketika usaha sedang bermasalah, para pelanggan dan rekan kerja misalnya klien akan lebih sering menghubungi penjual untuk menanyakan detail dan solusi masalah dengan tujuan memastikan keberlangsungan usaha tersebut kedepannya. Penjual yang profesional akan selalu ada untuk pihak-pihak yang membutuhkannya dan memberikan informasi yang benar. Penjual yang profesional tidak akan menghilang dan kabur dari kejaran pihak-pihak manapun. Namun, penjual yang profesional akan siap melewati masalah yang terjadi dalam usahanya.

6. Tampil Beda

Tampilkan sesuatu yang berbeda dari penjual lainnya. Banyak penjual dengan produk serupa yang memberikan informasi yang sama antara penjual satu dan lainnya. Para penjual tersebut tidak dapat memberitahu keunggulan dan perbedaan produk yang ditawarkannya dengan produk serupa oleh penjual lain. Namun, penjual yang profesional akan mampu memberikan keunggulan dan perbedaan produknya dari produk lain yang serupa. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penjual yang profesional tidak pernah takut kalah bersaing apabila produknya telah banyak dijual karena ada keunggulan dan perbedaan lain yang ditampilkan.

7. Cekatan

Selain ketepatan, kecekatan menjadi hal penting lain yang dibutuhkan dalam bekerja. Kecekatan menjadi salah satu sifat penting yang harus dimiliki seseorang dalam penjual. Penjual yang kurang cekatan akan mudah tersingkir dari arus pasar dan belum cocok untuk menjadi pengusaha. Karena itu berarti penjual telah gagal memajukan usahanya. Penjual dengan kecekatan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar daripada penjual lain karena telah mampu melayani pelanggan dengan jumlah yang banyak.

Penjual yang profesional tentu memiliki ketujuh hal di atas dan kemudian berhasil memajukan usahanya. Bagi penjual yang belum profesional, ketujuh hal tersebut juga dapat dijadikan pelajaran dan ilmu penting untuk meningkatkan kemampuannya dalam menjalankan usaha. Seperti pada awal disebutkan bahwa penjual yang profesional biasanya akan dijadikan panutan dan guru oleh penjual lain termasuk guru yang mengajarkan tentang hal-hal penting seperti ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 7 hal penting untuk diketahui oleh penjual yang profesional, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Menjadi Penjual yang Baik Itu Mudah, Ikuti Hal-hal Berikut Ini
Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!
Trik Menjual Mobil untuk Sales Mobil
Ingin Laku, Ini Trik Penjual Mobil dalam Menjual
Trik Psikologi yang Digunakan Supermarket untuk Menarik Pelanggan
Alasan Seorang Sales Gagal dalam Menjual
Tip Sukses Membuat ‘Garage Sale’ Sendiri
Tip Menjual Mobil Agar Cepat Laku
Mau Jadi Penjual Profesional? Berikut Ini Caranya!
Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial


Bagikan Ke Teman Anda