Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ada yang Lebih Penting dari IQ, yakni Ketabahan Hati (Grit)

#grit #ketabahan hati

Dalam dunia yang serba mendewakan kesuksesan ini, seringkali kita terpancing untuk berpikir IQ merupakan tolok ukur yang paling baik untuk kecerdasan kita. IQ juga menjadi salah satu faktor yang membuat kita kelihatan tidak nyaman dan terus-menerus menyalahkan keadaan sekitar, termasuk keberhasilan dalam mengelola dan merencanakan keuangan.

Padahal, ada hal yang lebih penting dari IQ, yakni ketabahan hati atau yang disebut juga dengan grit. Berikut ini adalah ulasan mengapa grit atau ketabahan hati lebih penting dibandingkan dengan sekadar IQ dalam rangka pengelolaan keuangan yang matang:

1. Ketabahan Hati Mendorong Kita untuk Terus Maju

Mungkin IQ atau kecerdasan intelektual merupakan hal-hal yang membuat orang terlihat seperti “Semar” di luarnya. Namun jangan lupa, karena tidak ada kecerdasan yang dibentuk tanpa usaha, termasuk IQ.

Ketabahan hati lebih dari sekadar usaha. Manusia boleh berusaha sekuat tenaga, namun pada akhirnya, mereka yang memiliki ketabahan hati-lah yang menang. Ketabahan hati adalah saat di mana kita terus berjuang dan berjuang, bahkan setelah kita mengalami penolakan atau kegagalan berkali-kali, termasuk dalam bidang keuangan.

Semangat berjuang yang dimiliki orang-orang yang memiliki ketabahan hati ini membuat mereka terus terdorong untuk maju. Hasilnya, hampir semua orang yang memiliki semangat berjuang tinggi dan hati yang tabah berhasil dalam banyak macam lomba tingkat nasional maupun internasional, seperti LKTI, lomba debat, olimpiade matematika, dan semacamnya.

Tidak berhenti sampai di sana, mereka yang memiliki ketabahan hati akan lebih dapat memotivasi diri mereka dalam hal mengelola keuangan dibandingkan mereka yang hanya berpatokan pada kecerdasan saja. Ini dikarenakan mereka terus termotivasi mencari cara untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik tiap harinya dibandingkan mereka yang terbuai dengan IQ semata.

2. Memicu Kita untuk Menjadi Individu yang Rajin

Sekarang, coba lihat orang-orang yang selalu memandang iri orang lain yang kelihatan lebih punya IQ tinggi, lebih berhasil, lebih sukses, dan sebagainya. Lihatlah kesamaan mereka: Apa yang Anda dapatkan? Ya, orang-orang yang terbuai dalam iri hati dan dengki mereka ini cenderung menjadi orang-orang yang malas berusaha.

Jangan percaya soal adanya rasa iri yang dapat memotivasi kita untuk terus bangkit dan mengalahkan musuh, karena sesungguhnya itu semua tidak pernah ada. Yang ada, orang-orang yang suka iri hati dengan hal-hal yang tidak ia miliki (termasuk IQ) ini merupakan calon orang-orang “gagal” dalam kehidupan mereka karena berpikir tidak pernah bisa berkompetisi dengan orang yang “tidak selevel” dengannya.

Lain halnya dengan mereka yang memiliki ketabahan hati, di mana ketabahan hati membuat mereka dapat terus mengasah potensi mereka dan tekun mengejar apa yang menjadi passion mereka. Pada akhirnya, mereka akan sama (atau mungkin, lebih) cerdasnya dengan mereka yang menggunakan IQ sebagai “senjata utama”, karena waktu yang mereka investasikan untuk kegiatan yang merangsang minat dan tujuan sukses mereka tidak akan terbuang dengan sia-sia.

Imbasnya, mereka menjadi orang-orang yang berpenghasilan lebih tinggi dibandingkan mereka yang hanya mengandalkan faktor superfisial seperti IQ. Penghasilan lebih tinggi untuk selanjutnya memungkinkan mereka mengalokasikannya ke berbagai hal yang mereka senangi dalam hidup, sehingga menjadikan ketabahan hati atau grit lebih penting dibandingkan IQ.

3. Dapat Menolong Kita Menemukan Jati Diri Kita Sesungguhnya

Berbeda dengan IQ yang subjektif terhadap pandangan seseorang, grit merupakan sesuatu dalam diri yang tidak bisa diukur hanya dengan teknologi ilmiah terkini. Alasannya, grit atau ketabahan hati adalah sesuatu yang ditemukan dalam diri tiap kita, dan itu merupakan “jiwa” dari pekerjaan yang hanya kita dapat mengaksesnya.

Dengan mementingkan ketabahan hati atau grit di atas IQ, kita akan tertolong dalam menemukan tujuan jiwa kita yang paling dalam. Imbasnya, kita akan lebih mengenal diri kita sendiri dan tidak sibuk mengurusi urusan orang lain seperti halnya mereka yang iri dengan IQ kita dan sebaliknya.

Karena kita lebih dapat mengerti diri sendiri, maka kita pun akan mengetahui apa saja yang baik maupun tidak baik bagi diri kita. Kita pun dapat lebih leluasa memilih berinteraksi atau membangun hubungan dengan siapapun yang kita pikir dapat membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam hal keuangan, hal tersebut akan menolong kita untuk menemukan networking dan cara-cara perencanaan keuangan yang benar untuk diri kita. Mungkin kita tidak memiliki IQ atau kecerdasan yang lebih tinggi dari orang lain, tapi paling tidak, dengan grit atau ketabahan hati yang kita miliki, kita akan dapat meraih kesuksesan finansial dengan pertama-tama memilih produk keuangan yang sesuai dengan diri kita.

Singkatnya, grit atau ketabahan hati lebih penting dibandingkan IQ, mengingat ketabahan hati yang merupakan komposisi dari usaha keras dan mendalami passion dapat memotivasi kita untuk lebih maju, memicu kita menjadi individu yang rajin, dan dapat menolong kita menemukan jati diri kita sebenarnya. Pada akhirnya, ketabahan hati-lah yang akan menuntun kita pada kemerdekaan finansial yang kita inginkan, bukan IQ.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ketabahan hati (grit), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Grit: Gabungan Kekuatan Passion dan Ketekunan
Teori Keunggulan: Teori Adam Smith Vs Teori David Ricardo
Untung Rugi Praktik Dumping dalam Perdagangan Internasional
Analisis CAMEL untuk Kesehatan Perbankan
Kisah dan Pengalaman Orang-Orang Kaya yang Jatuh Miskin
Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri Anda!
Mengapa Sisa Makanan di Retoran Dibuang? Mengapa Tidak Disumbangkan?
Haruskah Drop Out (DO) untuk Fokus Membangun Startup?
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju


Bagikan Ke Teman Anda