Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!

Orang tua yang baik pasti akan memberi arahan kepada anaknya mengenai berbagai hal positif. Salah satunya dalam hal keuangan. Ketika seorang anak telah bekerja dan hidup mandiri, beberapa dari mereka belum mampu mengatur keuangannya dengan baik. Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam memberi arahan kepada anaknya mengenai masalah keuangan.

Anak yang tidak mendapat arahan dari orang tuanya mengenai masalah keuangan cenderung memiliki gaya hidup boros dan senang berfoya-foya. Mereka tidak segan-segan menghabiskan gaji mereka untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa hal yang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya dalam masalah keuangan.

1. Jangan Mengejar Harta dengan Mengorbankan Berbagai Hal Penting

Begitu banyak orang yang terlalu mengejar harta hingga mengorbankan berbagai hal. Alih-alih ingin memiliki banyak uang agar bisa merasakan hidup enak, namun ternyata semua itu tidak dapat dinikmati pada akhirnya. Kecenderungan bekerja dengan mengorbankan hal penting seperti kondisi fisik, mental, kesehatan dan keluarga hanya akan membawa pada kesengsaraan dan penyesalan.

Ketika suatu saat Anda telah menjadi kaya raya di usia senja, maka uang yang telah lama Anda kumpulkan akan habis hanya untuk menjadi lebih sehat secara mental dan fisik. Mereka yang telah mengorbankan kesehatan demi kekayaan, akhirnya menggunakan harta mereka untuk membeli kembali kesehatan. Selain itu, keluarga yang selama ini selalu setia berada di samping Anda juga ikut terabaikan. Namun sayangnya, Anda tidak dapat membeli waktu bersama keluarga yang telah terlewatkan. Tidak peduli berapapun jumlah uang yang Anda miliki. Jika semua telah terjadi, maka hanyalah penyesalan yang tersisa dan itu tiada berguna.

2. Menyisihkan Pendapatan Bulanan dengan Sebaik Mungkin untuk Menabung

Terkadang seseorang teralu boros dalam menggunakan uangnya hingga lupa menabung. Itulah alasan mengapa orang tua senantiasa mengingatkan anaknya sejak dini bahkan hingga dewasa untuk selalu menabung. Setelah seseorang dewasa dan hidup mandiri, tentu ada beberapa tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya seperti listrik, air, internet dan sebagainya. Namun, sisa dari pembayaran tagihan itu harus dikontrol dengan baik agar dapat menyisihkannya untuk menabung.

3. Memanfaatkan Uang dengan Baik

Manfaatkanlah uang yang Anda miliki dengan sebaik mungkin untuk berbagai hal yang bermanfaat. Jangan habiskan uang Anda untuk sesuatu yang tidak bermanfaat dan hanya menyebabkan kerugian. Rencanakanlah untuk membuat sebuah bisnis atau ikut serta dalam sebuah investasi yang menguntungkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sebuah bisnis dengan uang yang Anda miliki. Lalu kembangkan bisnis Anda hingga menjadi besar dan menghasilkan banyak keuntungan. Hal tersebut akan lebih menguntungkan jika dibandingkan Anda hanya menyimpan uang tersebut di bank.

Selain memulai bisnis, Anda juga dapat memanfaatkan uang tersebut untuk berinvestasi. Ada banyak sektor yang dapat Anda jadikan sebagai investasi. Namun, jangan sampai salah dalam memilih investasi karena akan menyebabkan kerugian di kemudian hari.

4. Jangan Lupa untuk Membantu Orang yang Lemah

Setiap orang tua pasti mengingatkan kepada anaknya untuk selalu bersedekah dan membantu mereka yang lemah. Setiap harta yang Anda miliki, terdapat hak milik orang lain. Maka dari itu, sisihkan sebagian harta Anda untuk diberikan kepada mereka yang kurang beruntung. Begitu banyak orang yang mengalami kesulitan dalam perekonomian hingga tidak mampu memenuhi kebutuhannya. Daripada Anda menghambur-hamburkan harta untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, lebih baik bantulah mereka kurang beruntung.

5. Jangan Menyombongkan Jumlah Uang yang Dimiliki

Sifat sombong hanya akan merugikan diri sendiri dan dapat mendatangkan malapetaka. Tidak ada satu orang pun yang menyukai teman yang bersifat sombong. Menyombongkan jumlah harta atau uang yang Anda miliki adalah sesuatu yang tidak berguna.

Jangan memperlihatkan jumlah uang yang Anda miliki kepada orang lain karena hal itu dapat membuat Anda dimanipulasi oleh mereka. Tidak ada seorang pun yang bisa membaca isi hati dan pikiran orang lain sehingga bisa jadi mereka yang sedang Anda ajak bicara memiliki niat yang tidak baik.

6. Belilah Barang yang Bermanfaat

Jangan pernah membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Pertimbangkanlah dengan baik barang yang akan Anda beli. Selain itu, pilihlah barang yang kiranya masuk ke dalam daftar prioritas. Lihatlah nilai guna dan manfaat dari suatu barang sebelum membelinya.

Demikianlah pemaparan mengenai beberapa hal yang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya dalam masalah keuangan. Setidaknya ada enam poin yang sering diingatkan oleh orang tua kepada buah hatinya. Keenam poin tersebut akan membawa kebahagiaan bagi Anda jika bisa menerapkannya dengan baik.  Patuhilah setiap nasihat dan saran yang diberikan oleh orang tua kepada Anda karena mereka tidak akan pernah mengajarkan keburukan kepada anaknya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengajarkan tip keuangan pada anak, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Cara Menabung yang Benar dan Mudah untuk Masa Depan
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal
Ini Dia Alasan-alasan Mengapa Anda Tidak Kunjung Menjadi Milyuner
Apa Itu Perusahaan Pergadaian?
Cara Mempersiapkan Tabungan Darurat Buat Yang Punya Utang
Apa yang Bisa Dipelajari dari Orang Kaya?
Cara Mengajari Anak untuk Menabung


Bagikan Ke Teman Anda