Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Alasan Yang Tepat Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Tentu bukan rahasia lagi jika Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu solusi yang dapat dipilih untuk mengatasi berbagai masalah di dalam keuangan. Bukan hanya Anda saja, namun di luar sana ada banyak orang lain yang juga memilih untuk mengajukan KTA di saat mereka membutuhkan dana tunai dalam waktu yang singkat dan cepat.

Namun tentu saja tindakan ini harus selalu dilakukan dengan penuh pertimbangan, mengingat dana KTA adalah sejumlah hutang yang akan membebani keuangan Anda di masa yang akan datang. Lalu, kapan dan dalam kondisi seperti apa sebenarnya waktu yang paling tepat untuk mengajukan produk perbankan yang satu ini?

Sebelum mengajukan KTA, setidaknya Anda harus mencermati beberapa hal di dalam keuangan Anda terlebih dahulu. Hal ini sangat penting, agar Anda tidak mengalami masalah keuangan yang mungkin saja menjadi lebih berat dengan adanya beban hutang KTA tersebut. Jangan sampai dana KTA yang tadinya diperuntukkan mengatasi masalah keuangan, justru menjadi bumerang dan menimbulkan masalah baru lainnya di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang patut Anda cermati sebelum mengambil keputusan untuk mengajukan KTA:

  1. Rasio Hutang

Penting bagi Anda untuk menilik kembali kondisi keuangan secara keseluruhan, terutama rasio hutang yang Anda miliki saat ini. Pada umumnya rasio hutang yang sehat adalah maksimal sebesar 30%, artinya jumlah total hutang tidak boleh lebih dari 30% pendapatan bulanan Anda.

Jumlah ini bukan hutang saat ini saja, namun pastikan juga bahwa setelah cicilan KTA kelak dimasukkan ke dalam pegeluaran bulanan, rasionya tetap berada di bawah 30% saja. Jika bisa, maka Anda mampu untuk menanggung hutang yang baru (KTA).

  1. Tujuan / alokasi dana KTA

Hutang yang tidak produktif atau hanya sekedar bersifat konsumtif saja adalah hutang yang hanya akan membebani keuangan tanpa ada manfaatnya. Jadi, pastikan Anda mengerti dengan jelas ke mana dan bagaimana dana KTA Anda kelak akan dimanfaatkan.

Jangan sampai Anda mengajukan KTA tanpa memiliki tujuan pemanfaatan yang jelas di dalam keuangan, sebab ini akan membuat masalah baru di dalam keuangan itu sendiri, bahkan meski kondisi keuangan saat ini sedang sehat.

Ajukan dengan tujuan dan alasan yang tepat

Ada banyak hal yang bisa Anda jadikan alasan untuk mengajukan KTA, terutama jika ternyata kondisi keuangan Anda memang sehat dan tidak bermasalah. Namun KTA bukanlah dana cuma-cuma yang bisa Anda gunakan tanpa Anda bayarkan kembali, sebab ini adalah dana pinjaman dalam bentuk hutang. Jadi, selalu pastikan Anda menggunakan dana tersebut dnegan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan awal pengadaannya.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang bijak, di mana Anda bisa mengajukan KTA Anda dengan manfaat yang maksimal:

  • Kondisi darurat di dalam keuangan

Meski Anda memiliki sejumlah dana cadangan / darurat di dalam keuangan, namun akan selalu ada kemungkinan Anda berada pada kondisi keuangan yang lebih darurat lagi di luar kemampuan dana cadangan tersebut, misalnya: Anda atau anggota keluarga lainnya sakit dan membutuhkan dana berobat yang besar. Dalam kondisi keuangan seperti ini, mengajukan KTA adalah langkah yang tepat, sebab dana ini bisa cair dalam waktu yang singkat dan Anda juga tidak akan direpotkan oleh sejumlah proses serta persyaratan yang rumit.

  • Membutuhkan modal bisnis

Mengadakan hutang untuk tujuan produktif bukan hal yang salah, selama Anda melakukannya dengan pertimbangan dan juga perencanaan yang matang sejak awal. Jika ternyata Anda membutuhkan dana untuk memulai ataupun mengembangkan bisnis Anda, mengajukan KTA sebagai sumber modal adalah hal yang bisa Anda lakukan.

Namun sebelum mengajukan pinjaman ini, Anda wajib merencanakan dan menghitung kemampuan bayar Anda dengan baik sejak awal. Hal ini sangat penting, untuk mencegah berbagai masalah keuangan di dalam bisnis ataupun kehidupan pribadi Anda di masa yang akan datang.

  • Melakukan konsolidasi hutang

Bagi anda yang memiliki beberapa jenis hutang dalam pos yang berbeda-beda, tentu akan sangat merepotkan dan menguras perhatian Anda setiap kali tanggal jatuh temponya tiba. Hal ini belum lagi ditambah dengan berbagai biaya serta bunga yang mungkin saja cukup besar dan membebani keuangan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengajukan KTA dan melunasi semua hutang lainnya dengan dana KTA tersebut.

Ini akan jauh lebih mudah dan hemat, terutama jika ternyata bunga hutang lainnya tersebut lebih besar daripada bunga KTA yang Anda dapatkan. Konsolidasi hutang ini akan menghemat waktu, tenaga, serta biaya yang harus Anda tanggung di dalam keuangan.

KTA memang dapat menjadi solusi bagi masalah keuangan, namun tentunya keputusan untuk mengambil pinjaman ini haruslah dilakukan dengan penuh perhitungan dan pertimbangan yang matang. Rencanakan hutang Anda dengan matang, sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal atas penggunaan dana tersebut, dan bisa melunasinya dengan baik di masa yang akan datang.

Artikel Terkait

Demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan kredit tanpa agunan.



Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Syariah
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank BRI
Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank BCA
KTA vs Kartu Kredit, Kapan Penggunaannya?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Karyawan Kontrak
Kredit Tanpa Agunan (KTA) non-payroll
Adakah KTA untuk Wiraswasta?
Syarat Umum untuk Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Alasan Buruk Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Butuh Dana Cepat? Coba Kredit Tanpa Agunan (KTA)


Bagikan Ke Teman Anda