Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu BPKB Online? Ini Dia Cara Mudah Mengurus BPKB!

#BPKB #BPKB online

Seperti halnya SIM dan STNK, BPKB adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. BPKB yang kepanjangan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan buku sebagai tanda bukti kepemilikan kendaraan bermotor dan diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) POLRI. Sebagai dokumen penting, status BPKB setara dengan certificate of ownership yang juga dapat dijadikan sebagai jaminan untuk proses pinjam-meminjam secara legal.

BPKB diberikan bersamaan dengan STNK dan Tanda Kendaraan Bermotor, yang bisa didapat setelah mendaftarkannya ke Samsat atau POLDA terkait. Mengikuti perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, kini pihak Kepolisian membuat terobosan berupa BPKB online. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai BPKB online dan apa saja kegunaannya, silakan simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu BPKB Online?

Sesuai namanya, BPKB online adalah sistem pengurusan dan pendaftaran BPKB dengan basis teknologi online yang terintegrasi. Disebut terintegrasi karena dalam prosesnya, pihak Kepolisian bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Agen Pemegang Merek (APM), dan lembaga pembiayaan. Nantinya data yang terdaftar dalam BPKB online langsung terhubung dan terintegrasi dengan data yang didapat dari ketiga pihak tersebut.

Hal yang mendasari gagasan BPKB online dibuat adalah maraknya praktik korupsi dalam pembuatan dokumen penting, salah satunya BPKB. Karena itulah dibuat program yang dinamai dengan “Integrated BPKB System” atau “Sistem BPKB Terintegasi” dengan tujuan memudahkan dan mempercepat proses pendaftaran hingga perubahan dan pergantian kepemilikan BPKB. Pada prakteknya, program ini dijalankan dengan meminimalisir kontak dengan petugas Kepolisian pada proses pembuatan atau pergantian BPKB.

Program ini baru diresmikan pada hari Senin, 13 November 2017, oleh Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. Untuk saat ini, BPKB online baru bisa diberlakukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya yaitu Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

Mengurus BPKB Online

Mengurus BPKB secara online cukup mudah dan simpel, serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengurus BPKB online, baik pendaftaran atau proses balik nama, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Datang ke Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke Ditlantas Polda Metro Jaya dengan membawa berkas yang dibutuhkan. Mungkin Anda heran mengapa BPKB online masih harus datang ke Ditlantas Polda Metro Jaya juga? Seperti yang telah diulas sebelumnya, program ini meminimalisir kontak langsung dengan petugas Kepolisian. Sehingga tidak dapat dikatakan benar-benar meniadakan peranan petugas Kepolisian dalam prosesnya.

2. Pemeriksaan Berkas

Begitu datang, berkas yang Anda bawa akan diperiksa oleh petugas yang bersangkutan. Pastikan Anda membawa berkas yang tepat sesuai dengan tujuan, apakah untuk membuat baru atau mengurus balik nama. Jika Anda ingin membuat BPKB baru atau akan mendaftar, berkas yang perlu dibawa adalah berkas dari dealer atau lembaga pembiayaaan. Sedangkan jika ingin mengurus balik nama, pastikan Anda membawa BPKB lama dari kendaraan yang dimaksud. Ketika berkas sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap, Anda akan diberikan kartu Radio Frequency Identification (RFID).

3. Pengisian E-Form

Kartu RFID yang diberikan akan digunakan sebagai akses masuk ke tempat Anda mengurus BPKB online. Di tempat tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi e-form atau formulir secara online. Sesuai dengan tujuannya untuk memudahkan pengguna, formulir ini cukup diisi dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda saja. Begitu NIK yang dimasukkan sesuai, data lain akan terisi secara otomatis.

4. Menyerahkan Formulir ke Loket Pembayaran

Selanjutnya adalah Anda perlu mencetak e-form yang sudah terisi untuk diserahkan ke loket pembayaran bank. Setelah melakukan pembayaran sesuai yang diinstruksikan, Anda harus menyerahkan berkas yang diberikan ke loket pendaftaran. Anda akan diminta untuk menunggu beberapa menit, lalu petugas akan memanggil nama Anda di loket penyerahan begitu BPKB selesai.

Fitur BPKB Online

Berbeda dengan BPKB konvensional, BPKB online memiliki fitur-fitur khusus yang diberikan untuk mendukung program “Sistem BPKB Terintegrasi” ini. Fitur-fitur ini terdapat pada situs bpkb.net, yang terdiri dari:

  1. E-queue, yaitu pemberian nomor antrian secara elektronik yang kemudian akan diberikan chip RFID yang digunakan untuk mengakses formulir online (e-form).
  2. E-receipt signature, yaitu tanda tangan digital yang dibubuhkan pemohon BPKB online sebagai tanda terima dan akan tersimpan pada sistem BPKB terintegrasi.
  3. E-id, yaitu data BPKB yang dapat diakses melalui smartphone pribadi dengan sebelumnya melakukan registrasi atau pendaftaran smartphone yang digunakan.
  4. E-IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat), yaitu testimoni yang diberikan masyarakat mengenai tingkat kepuasan terhadap pelayanan BPKB online dan didokumentasikan secara otomatis dengan merekam wajah pemberi testimoni.
  5. E-informasi, yaitu informasi mengenai segala sesuatu tentang BPKB online dan pelayanan yang diberikan oleh pihak Kepolisian.
  6. E-archive, yaitu data dokumen pemohon BPKB terbaru yang didapat dari Agen Pemegang Merek (APM) dan dapat disajikan dalam waktu 3 menit.
  7. E-complain, yaitu fitur untuk masyarakat yang hendak menyampaikan keluhan dan komplain mengenai BPKB secara online.
  8. E-blokir, yaitu data kendaraan yang telah ditandai dalam proses permohonan blokir oleh pihak finance atau lembaga pembiayaan, yang setelah bukti pemblokiran telah diverifikasi akan diserahkan kepada pemohon terkait.

Demikianlah pembahasan mengenai program “Sistem BPKB Terintegrasi” atau BPKB Online dari Kepolisian. Adanya program ini ditujukan untuk mempermudah, melancarkan, sekaligus memerangi praktik korupsi pada badan pemerintahan. Karena itu sudah sepatutnya kita mendukung penuh upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan serta budaya yang lebih baik lagi untuk kehidupan masyarakat Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang BPKB online dan cara mudah mengurus BPKB, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Berikut Cara Gadai BPKB Kendaraan di Pegadaian
Teori Keunggulan: Teori Adam Smith Vs Teori David Ricardo
Untung Rugi Praktik Dumping dalam Perdagangan Internasional
Analisis CAMEL untuk Kesehatan Perbankan
Kisah dan Pengalaman Orang-Orang Kaya yang Jatuh Miskin
Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri Anda!
Mengapa Sisa Makanan di Retoran Dibuang? Mengapa Tidak Disumbangkan?
Haruskah Drop Out (DO) untuk Fokus Membangun Startup?
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju


Bagikan Ke Teman Anda