Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Kartu Kredit Tambahan? 4 Hal Utama Mengenai Kartu Kredit Tambahan

#kartu kredit tambahan #tip kartu kredit

Kartu kredit memang merupakan aksesoris keuangan yang menarik dan setiap Anda yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap pasti ingin memilikinya. Entah karena kepraktisannya, manfaatnya dalam membantu mengatur keuangan, hingga ingin memanfaatkan promo yang banyak diberikan oleh bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Namun bagaimana dengan Anda yang belum bekerja atau tidak memiliki penghasilan tetap? Bagaimana pula dengan Anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa namun ingin memiliki kartu kredit? Mungkinkah?

Mengapa tidak? Bila Anda memiliki pasangan, orangtua, saudara, paman, atau bahkan teman yang telah memiliki kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan yang namanya kartu kredit tambahan (additional credit cardholder). Apa yang dimaksud dengan kartu kredit tambahan? Apa bedanya dengan kartu kredit biasa? Mari kita bahas hal-hal tersebut lebih lanjut.

Apa itu kartu kredit tambahan?

Kartu kredit tambahan merupakan kartu kredit yang ditambahkan oleh pemegang kartu kredit utama. Pemegang kartu kredit tambahan ini akan memeroleh keuntungan yang sama dengan yang dinikmati oleh kartu kredit utama, tanpa bertanggung jawab penuh atas pembayaran tagihannya. Karena itu, pemilik kartu kredit utama harus berhati-hati bila ingin menambahkan pengguna kartu kredit, atau kepada siapa ia memberikan kartu kredit tambahan tersebut.

Beberapa bank yang mengeluarkan kartu kredit mengizinkan pemegang kartu kredit utama untuk menambahkan teman sebagai pemegang kartu kredit tambahan. Namun ada pula yang aturannya lebih ketat dan hanya mengizinkan pemegang kartu kredit tambahan yang merupakan anggota keluarga langsung, berusia minimal 17 tahun, atau bahkan tinggal di alamat yang sama dengan pemilik kartu utama.

Bagaimana cara memperolehnya?

Pemilik kartu kredit utama yang selalu membayar lunas tagihan scara tepat waktu biasanya akan ditawari untuk membuat kartu kredit tambahan. Di mata bank, ia merupakan nasabah yang reliabel dan sudah pasti memiliki skor kredit yang baik. Jadi mengapa tidak dimanfaatkan untuk menaikkan transaksi perbankan dengan menambahkan kartu kredit yang harus ditanggungnya?

Pemilik kartu kredit utamalah yang harus mengajukan pembuatan kartu kredit tambahan ini. Ia harus mengisi formulir yang berkaitan dengan calon pengguna kartu kredit tambahan, yaitu:

  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir (usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun)
  • Nomor telepon
  • Hubungan dengan orang tersebut
  • Nama gadis ibu kandungnya
  • Tanda tangan
  • Serta sertakan fotokopi kartu tanda pengenalnya

Berapa jumlah kartu kredit yang dapat Anda tambahkan? Hal tersebut bergantung pada ketentuan bank yang menerbitkan kartu kredit. Berapa pula limit kartu kredit tambahan? Ada bank yang mengizinkan pemilik kartu kredit utama untuk menentukan sendiri batasan dana kartu kredit tambahan, ada pula yang besar dana kartu (utama dan tambahan) merupakan akumulasi. Anda bisa menanyakan pada bank yang mengeluarkan kartu kredit untuk lebih memahami hal ini.

Keuntungan kartu kredit tambahan

Dari sisi pemilik kartu kredit utama, ia bisa mendapatkan keuntungan berupa reward khusus (sesuai dengan ketentuan bank) karena secara tidak langsung ia meningkatkan pembelanjaan melalui pengguna kartu kredit tambahan. Pihak bank tentunya akan lebih senang bila nasabahnya aktif melakukan transaksi, bukan? Pembelanjaan yang dilakukan oleh kartu kredit tambahan akan digabung dalam satu akun, yaitu akun pemegang kartu kredit utama. Namun jangan khawatir, Anda akan tetap dapat mengidentifikasi siapa yang melakukan pembelanjaan dan mengatur budget. Pemegang kartu utama bahkan dapat menentukan batasan kartu kredit tambahan.

Karena kartu kredit tambahan bukanlah kartu kredit baru atau terpisah (karena peminjamnya sama, yaitu pemegang kartu kredit utama), maka proses pembuatan kartu kredit tambahan ini relatif mudah. Sehingga dari sisi pemegang kartu kredit tambahan, Anda tidak perlu susah-susah memenuhi persyaratan awal untuk mendapatkan kartu kredit. Tinggal “nebeng” saja pada akun utama milik ayah, suami, kakak, atau saudara lain yang mau berbaik hati membuatkan Anda kartu kredit tambahan tersebut. Tapi ingat, tetap gunakan kartu secara bijaksana dan bila sudah mampu membayar sendiri pengeluaran Anda, bayarkan pada pemegang kartu utama.

Kerugian kartu kredit tambahan

Menambahkan pemegang kartu kredit dapat menaikkan iuran tahunan (annual fee) yang harus dibayarkan oleh pemegang kartu kredit utama. Ditambah sebagai pemegang kartu utama, pada dasarnya ia bertanggung jawab terhadap seluruh pengguna kartu tambahan. Transaksi yang dilakukan oleh setiap kartu kredit, baik utama maupun tambahan, akan terlacak kembali pada pemegang kartu utama. Sehingga bila ada anggota keluarga atau teman yang menggunakan kartu kredit tambahan secara sembrono atau menyalahgunakannya, maka mereka dapat memengaruhi kredibilitas pemegang kartu kredit utama. Terutama bila berujung pada penunggakan dan ketidaksanggupan membayarkan hutang yang terlampau besar jumlahnya akibat ulah pemegang kartu kredit tambahan yang tidak bertanggung jawab.

Yang jelas, baik sebagai pemegang kartu kredit utama maupun tambahan, Anda harus memahami penggunaan kartu kredit agar dapat menggunakannya dengan bijaksana dan tidak malah menjadi beban. Diskusikan batasan penggunaan kartu kredit tambahan, berikan pemahaman tentang risiko penggunaan kartu kredit yang tidak bijaksana. Jadikan hal ini sebagai sarana untuk mengelola serta belajar bertanggung jawab atas keuangan bersama.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal mengenai kartu kredit tambahan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM?
Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit
Kartu Kredit untuk Umur Berapa?
Cara Mengantisipasi Pembobolan Kartu Kredit
Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Terlambat Bayar Kartu Kredit
Tidak Dapat Membayar Tagihan Kartu Kredit?
Tip Cara Mendapatkan Kartu Kredit Dengan Mudah
Perbedaan Kartu Kredit Visa, Mastercard, Amex, dan Discover Card
Hal-hal Apa yang Ditanyakan Analis Kartu Kredit Bank?


Bagikan Ke Teman Anda