Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Mandiri e-Cash, dan Apa Bedanya dengan e-Money?

Seiring kemajuan teknologi kita mendapatan cara-cara baru dalam melakukan transaksi perbankan. Bermula dari sms banking, lalu e-banking hingga e-money. Saat ini hadir pula inovasi terbaru dari Bank Mandiri bernama Mandiri e-cash dari Bank Mandiri (Persero) Tbk. Lalu apa sebenarnya mandiri e-cash ini? Apa bedanya dengan e-money? Dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel berikut akan mengulasnya untuk anda.

Apa itu Mandiri e-cash?

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyebut layanan Mandiri e-cash sebagai uang elektronik di telepon selular dan dapat digunakan tanpa harus menggunakan rekening di bank. Sehingga nomor rekeningnya, adalah nomor telepon selular yang anda gunakan di handphone anda.

Uang elektronik yang ada di telepon seluler ini kemudian memungkinkan penggunanya melakukan berbagai transaksi perbankan seperti :

  • Top up e-money
  • Penyetoran dan Penarikan Tunai
  • Pengecekan Saldo
  • Transfer antar rekening Mandiri e-cash
  • Transfer ke rekening Mandiri
  • Tarik Tunai di atm Bank Mandiri tanpa menggunakan kartu atm
  • Bayar/beli Tagihan maupun pada merchant-merchant yang bekerjasama dengan mandiri e-cash.

Meski e-cash dapat diisi nominal saldonya dari rekening bank lain, namun untuk layanan transfer antar bank belum tersedia.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Mandiri berusaha agar semua jenis operating system Telepon Selular dapat menggunakan layanan e-cash. Sehingga apapun jenis telepon selular yang anda gunakan, anda dapat mengunduh aplikasi Mandiri e-cash yang tersedia di :

  • Playstore Android
  • App Store Apple
  • Blackberry App World, dan
  • Windows Phone Store

Setelah mengunduh aplikasi, anda dapat langsung menggunakan berbagai fitur yang tersedia pada dashboard di samping sebelah kiri. Fitur tersebut meliputi :

  • Home
  • Isi e-cash. Anda bisa mengisi e cash meskipun tabungan anda tidak berada di bank mandiri. Bank-bank yang terdaftar antara lain BCA, BRI, BNI, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Danamon dan Bank Panin
  • Kirim e-cash
  • Teman
  • Bayar Toko
  • Bayar dan Beli
  • Tarik Tunai ATM
  • Pengaturan
  • Logout

Sebelum anda menggunakan mandiri e-cash secara full service, mandiri e-cash akan melakukan verifikasi nomor telepon anda terlebih dahulu.

Setelah verifikasi selesai, anda akan diminta untuk membuat PIN yang digunakan ketika anda melakukan transaksi dengan mandiri e-cash. Ingatlah bahwa PIN bersifat rahasia. Anda tidak diperkenankan untuk memberi tahu PIN kepada siapa saja.

Berdasarkan jenis layanan, ada dua jenis pengguna layanan mandiri e-cash, yaitu :

  • Pemegang mandiri e-cash Unregistered adalah pemegang mandiri e-cash yang terdaftar namun tidak tercatat data identitasnya dengan saldo maksimal Rp. 1.000.000,00 (Satu juta Rupiah), dimana pemegang dapat melakukan pembayaran dan pembelian.
  • Pemegang mandiri e-cash Registered adalah pemegang mandiri e-cash yang terdaftar dan tercatat data identitasnya dengan saldo maksimal Rp. 5.000.000,00 (Lima juta Rupiah), dimana pemegang dapat melakukan pembayaran, pembelian, transfer dan tarik tunai

Apa Keuntungan Menggunakan Mandiri e-cash?

Bank Mandiri menciptakan e-cash sebagai salah satu inovasi dalam layanan perbankan. Karena saat ini semua orang memiliki telepon selular, maka mandiri e-cash dapat membantu pengguna seolah perbankan ada dalam genggaman anda. Dengan mandiri e-cash anda memperoleh berbagai kemudahan seperti :

  • Tidak harus ke bank untuk membuka rekening bank mandiri

Nomor telepon selular yang anda gunakan merupakan nomor rekening mandiri e-cash anda. Hal ini juga sangat membantu bagi anda yang tinggal di remote area dan lokasi anda jauh dari kantor perbankan.

  • Pengganti uang tunai

Mandiri e-cash dapat anda gunakan di merchant-merchant tertentu yang sudah bekerjasama dengan Mandiri e-cash. Anda tinggal membawa telepon seluler anda dan mengatakan bahwa anda akan membayar menggunakan mandiri e-cash.

  • Tidak ada kekhawatiran bahwa anda tidak membawa uang.

Sering terjadi bahwa kita lupa membawa uang atau lupa membawa dompet ketika akan melakukan pembayaran. Namun jarang terjadi seseorang lupa membawa telepon selularnya. Sehingga ketika hal seperti ini terjadi, anda tidak perlu khawatir bahwa anda sesungguhnya tetap membawa uang yang ada di rekening Mandiri e-cash anda yang ada di telepon selular anda.

  • Mudah melakukan transfer

Anda tidak perlu mengingat nomor rekening, melainkan hanya nomor telepon selular anda. Hal ini sangat memudahkan bagi anda yang cukup sering menggunakan fitur transfer. Transfer uang dapat dilakukan sesama pengguna mandiri e-cash dan ke rekening Bank Mandiri

Apa Bedanya Mandiri e-cash dengan e-money?

Mandiri e-cash dan e-money memiliki kesamaan sebagai uang elektronik yang prinsip penggunaannya tidak menggunakan uang tunai (cash).
Adapun beberapa perbedaan antara e-cash dan e-money terletak pada :

1. Media yang digunakan.

Sementara mandiri e-cash memanfaatkan telepon selular sebagai media pembayaran, e-money tersedia dalam dua jenis : yaitu pre paid card (kartu pra bayar) dan e-wallet.

2. E-money pre paid card dapat dipindahtangankan, mandiri e-cash tidak.

Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai gift layaknya voucher pengganti uang.

3. Nomor Rekening

Pada Mandiri e-cash nomor telepon selular anda adalah nomor rekening mandiri e-cash anda. Sedangkan pada e-money tidak ada nomor rekening.

4. Transfer

Melalui rekening e-cash, anda dapat melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri, dan rekening e-cash lainnya. Sedangkan kartu e-money tidak dapat melakukan hal ini.

5. Batasan Saldo Maksimum berbeda

e-Money pre paid card memiliki saldo maksimum sebesar 1 juta rupiah, sedangkan mandiri e-cash memiliki saldo maksimum sebesar 1 juta rupiah (untuk yang belum diregistrasi) dan sebesar 5 juta rupiah (untuk yang telah diregistrasi)

6. Registrasi

Mandiri e-cash bisa berfungsi setelah anda meregistrasi nomor telepon seluler anda sebagai nomor rekening. Sedangkan e-money tidak mensyaratkan pengguna untuk melakukan registrasi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Mandiri e-Cash, dan bedanya dengan e-Money, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu E-Money? Serba-Serbi Mengenai E-Money di Indonesia!
Di Mana Kita Bisa Beli E-money?
Tips Mandiri untuk Kamu yang Masih Nebeng Orang Tua
Nasehat Keuangan untuk Orang yang Belum Mandiri
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda