Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Itu Mining Bitcoin? What?

#bitcoin #mining

Sekarang ini perkembangan transaksi digital sudah sangat berkembang dengan begitu pesat dan banyak memunculkan produk digital baru, salah satunya ialah Bitcoin. Produk ini sejatinya merupakan sebuah mata uang yang digunakan untuk bertransaksi secara online atau sering disebut sebagai mata uang virtual.

Mata uang ini tidak dikeluarkan oleh lembaga keuangan manapun sehingga penggunaannya tidak memerluka otoritas dari pihak manapun. Karena kepraktisannya ini Bitcoin semakin digemari sebagai mata uang virtual untuk bertransaksi secara online.

Apalagi ada keuntungan yang cukup menggiurkan ketika anda bisa dan sukses ketika melakukan Mining Bitcoin. Sebab pundi – pundi Bitcoin anda bisa bertambah secara drastis tanpa perlu melakukan transfer uang tunai ke akun Bitcoin anda.

Lantas apa itu Mining Bitcoin dan bagaimana konsepnya? Berikut pejelasannya.

Mining Bitcoin

Mining Bitcoin bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan penambangan Bitcoin, yang merupakan satu dari sekian cara untuk memperoleh Bitcoin. Seperti yang kita ketahui jika Bitcoin sendiri merupakan sebuah sistem keuangan global yang menjadi mata uang virtual baru an digunakan sebagai alat pembayaran. Serta menjadi sarana untuk menyimpan catatan alur transaksi keuangan secara digital antara pengguna Bitcoin lainnya.

Di saat sebuah transaksi online dengan mempergunakan Bitcoin diproses dan tercatat dalam jaringan Bitcoin, ini berarti ada pergerakan atau perpindahan Bitcoin sedang terjadi antara satu pengguna Bitcoin dengan pengguna lainnya.
Jaringan Bitcoin kemudian mengelolanya dengan mengumpulkan semua transaksi yang dilakukan oleh para penguna selama periode tertentu ke dalam sebuah daftar yang disebut blok.

Karena bukan dikelola oleh pihak Bank mana pun, maka transaksi perlu dipastikan apakah sudah terekam dengan baik dan benar dalam sebuah sistem yang telah terhubung dalam sebuah jaringan di seluruh dunia.

Sistem ini merupakan daftar blok yang panjang, dan dikenal sebagai ‘blockchain’. Hal ini kemudian digunakan untuk melacak setiap transaksi yang dilakukan oleh banyak alamat Bitcoin berbeda manapun berada dalam satu jaringan.

Dengan bertambahnya transaksi yang dilakukan oleh pengguna Bitcoin di seluruh dunia, sehingga membuat blok transaksi baru yang dimasukan ke Blockchain semakin bertambah panjang. Dan salinan blok akan terus diperbarui kemudian diberikan kepada semua orang yang turut berpartisipasi, sehingga siapapun dapat mengetahui setiap transaksi apa yang tengah terjadi.

Karenannya sistem harus sangat terpercaya, dan untungnya semuanya diatur secara digital. Bagaimana kita dapat memastikan bahwa blockchain tetap utuh, dan tidak pernah rusak? Di sinilah para penambang (miners) berperan untuk mengkonfirmasi setiap transaksi tersebut, kemudian mencatatkannya ke dalam sebuah sistem.

Berbicara mengenai transaksi pada Bitcoin, proses pencatatan transaksinya bukanlah dicatat oleh sebuah perusahaan atau pun perorangan. Tetapi dilakukan oleh banyak komputer yang terhubung melalui jaringan internet. Dan jumlahnya bisa mencapai ribuan yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Komputer yang melakukan pencatatan transaksi Bitcoin tersebut kemudian dikenal dengan sebutan ‘penambang’ atau miners. Sederhananya, komputer tersebut dijalankan oleh pemilik Bitcoin dan digunakan dalam bertransaksi secara online lalu mencatatkan transaksi tersebut dengan melakukan mining Bitcoin.

Secara singkat, untuk melakukan kegiatan pencatatan transaksi Bitcoin ini agar lebih mudah dan aman diperlukan sebuah komputer dengan spesifikasi yang canggih dan handal. Karena komputer tersebut akan digunakan untuk melakukan banyak kegiatan kalkulasi yang cukup rumit dan kompleks demi mendukung kegiatan mining Bitcoin.

Setidaknya ada empat hardware komputer yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan tersebut, seperti

  1. CPU (Central Processing Unit), ini merupakan hardware komuter pertama yang digunakan untuk menghasilkan koin Bitcoin dari menambang.
  2. GPU (GraphicalProcssing Unit), hardware ini ditemukan setelah sukses menggunakan CPU dan dibuktikan bahwa GPU lebih handal dalam menghasilkan koin dari mining Bitcoin bahkan sampai 50 hingga 100x lebih baik.
  3. FPGA (Field Programmable Gate Array), program ini lebih mutakhir jika dibandingkan CPU atau GPU dala hal mining Bitcoin. Namun fungsi komputer hanya untuk satu pekerjaan saja tak bisa digunakan untuk hal lain selain mining Bitcoin.
  4. ASIC (Application Specific Integrated Circuit), teknologi hardware yang satu ini lebih handal dari beberapa perangkat mining Bitcoin pendahulunya karena didalamnya sudah tertanam sebuah chip khusus untuk mining Bitcoin. Sehingga tampilan pada layar komputer menjadi lebih simpel dan nyaman dlihat.

Tentunya dengan spesifikasi tersebut harga yang ditawarkan tak main-main dan cukup menguras kantong.

Tentunya dalam proses tersebut ada biaya –biaya yang dikeluarkan dan diperlukan untuk mendukung kegiatan tersebut, karenannya perlu ada timbal balik yang menguntungkan bagi pelakunya .

Atas usaha ini para pelaku atau yang disebut sebagai miners kemudian memperoleh sebuah kompensasi berupa saldo Bitcoin. Perolehan Bitcoin hasil penambangan (mining) ini merupakan sebuah timbal balik atau bisa disebut sebagai reward atau pun insentif untuk para miners. Sehingga siapapun dapat memberikan kontribusi positif dan mendukung sistem transaksi global, dan dalam setiap proses transaksi tersebut disebut sebagai mining (penambangan) Bitcoin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mining Bitcoin, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.