Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa itu Samsat Online? Layanan Apa saja Samsat Online itu?

Berkembangnya teknologi memungkinkan instansi baik swasta maupun pemerintah memperbaiki dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Salah satunya adalah pelayanan dalam pengurusan dokumen kendaraan bermotor melalui Samsat. Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) merupakan suatu sistem administrasi terpadu yang dibentuk untuk mempermudah, mempercepat, dan memperlancar pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pengurusan dokumen kendaraan bermotor dalam satu gedung.

Samsat bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang berhubungan dengan pemasukan uang ke kas negara melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Sistem terpadu satu atap ini dijalankan oleh tiga instansi pemerintah yang saling bekerjasama yaitu Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT. Jasa Raharja. Setiap instansi memiliki peran masing-masing. Polri berperan dalam menerbitkan STNK, Dinas Pendapatan Provinsi berperan dalam menetapkan besarnya PKB dan BBN-KB, sedangkan PT. Jasa Raharja berperan mengelola SWDKLLJ.

Saat mendatangi kantor Samsat, antrean panjang yang mengular sudah menjadi pemandangan umum. Kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab malasnya masyarakat untuk melakukan pengurusan dokumen kendaraan bermotor, terutama dalam kaitannya dengan pembayaran PKB. Selain itu, kondisi tersebut juga membuka peluang bagi tumbuh suburnya praktik percaloan, di mana masyarakat harus membayar lebih mahal agar pengurusan dokumen kendaraan bermotor bisa diproses dengan cepat.

Apa itu Samsat Online?

Untuk meningkatkan pelayanan dalam pengesahan STNK dan pembayaran PKB dan SWDKLLJ, dengan memanfaatkan teknologi, Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT. Jasa Raharja menyediakan dan membuka layanan Samsat Online. Layanan Samsat Online yang disebut juga dengan e-Samsat merupakan sistem administrasi terpadu yang melayani pengesahan STNK dan pembayaran PKB serta SWDKLLJ melalui transaksi elektronik.

Sebenarnya maksud dari embel-embel online di belakang nama program Samsat Online bukan hanya sekadar merujuk pada transaksi yang dilakukan secara elektronik, melainkan juga mencakup jangkauan layanan. Artinya, masyarakat bisa mengurus dokumen dan pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat mana saja tanpa dibatasi wilayah, dengan catatan masih dalam wilayah Polda yang sama. Misalnya kendaraan motor yang terdaftar di Samsat Bekasi, pengurusan dokumen baik perpanjangan STNK maupun pembayaran PKB dan SWDKLLJ bisa dilakukan`di Samsat Jakarta.

Layanan Samsat Online memungkinkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan lebih praktis dan cepat. Tak hanya melalui website resmi Samsat atau aplikasi khusus berbasis android, pembayaran pajak kendaraan juga dapat dilakukan melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Berkenaan dengan layanan ini, Samsat bekerjasama dengan beberapa bank umum nasional seperti BNI, BRI, BCA, dan BJB.

Ruang lingkup Samsat Online

Keberadaan Samsat Online mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Dengan Samsat Online setidaknya mampu memperpendek antrean yang mengular di kantor-kantor Samsat. Namun, ruang lingkup Samsat Online tidaklah seluas pelayanan pada kantor Samsat. Artinya, Samsat Online hanya melayani pengurusan dokumen dan pembayaran pajak kendaraan dengan syarat-syarat tertentu. Oleh sebab itu, masyarakat perlu memperhatikan secara seksama syarat-syarat yang diberlakukan pada layanan Samsat Online, karena terbatas pada ruang lingkup sebagai berikut:

  • Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi pengesahan STNK satu tahun.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi tidak ganti STNK.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi disertai BPKB, STNK, dan identitas diri berupa KTP asli pemilik kendaraan.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi tidak terlambat lebih dari satu tahun.
  • Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi baik dan berwujud fisik, artinya tidak hilang atau rusak, lapor jual, kecelakaan lalu lintas, dan disita sebagai barang bukti suatu tindak kriminal.

Meski ruang lingkup layanannya terbatas, namun keberadaan Samsat Online tetap memberikan manfaat bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Tak perlu jauh-jauh mendatangi kantor Samsat di mana kendaraan bermotor terdaftar, tetapi pembayaran pajak dapat dilakukan di kantor Samsat mana saja selama masih dalam satu provinsi. Layanan ini jelas mempermudah masyarakat, karena lebih praktis dan efektif juga efisien, masyarakat bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membayar pajak kendaraannya.

Akses Samsat Online

Layanan Samsat Online pada setiap provinsi tidaklah sama, tergantung program dari masing-masing wilayah kantor Samsat. Ada yang membuka layanan online melalui website resmi khusus Samsat Online, ada juga yang menggunakan aplikasi berbasis android. Meski demikian, sarana atau media online yang digunakan tidaklah berpengaruh pada syarat dan ruang lingkup layanan Samsat Online.

Saat ini memang belum semua provinsi menerapkan layanan Samsat Online, namun ke depannya layanan ini akan tersedia di seluruh provinsi di Indonesia. Untuk saat ini tercatat setidaknya baru ada 7 provinsi yang menyediakan layanan ini, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, dan Bali. Layanan Samsat Online ini bisa diakses dengan transaksi elektronik perbankan melalui ATM. Untuk itu, pihak-pihak terkait pengelola Samsat bekerjasama dengan bank-bank nasional yang memiliki jaringan ATM luas.

Selain melalui ATM, layanan Samsat Online juga bisa dinikmati dari ponsel berbasis android dengan mengunduh aplikasi Sipolin (Sistem Informasi Pajak Online). Dengan layanan Samsat Online ini, pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan catatan sepanjang jatuh tempo STNK belum berakhir.

Proses pengaksesan Samsat Online begitu mudah dan cepat. Baik melalui ATM maupun aplikasi Sipolin, wajib pajak hanya diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Pastikan informasi data diri dan data kendaraan telah terisi dengan benar. Wajib pajak nantinya akan memperoleh kode bayar yang harus dimasukkan diawali dengan kode institusi. Selanjutnya wajib pajak akan menerima konfirmasi pembayaran yang menampilkan informasi tentang identitas kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jika transaksi berhasil, wajib pajak bisa menunjukkan bukti pembayaran ke kantor Samsat terdekat guna pengesahan STNK.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang samsat online dan macam-macam layanannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Mengapa Asuransi Mobil Seharusnya Wajib?
Cara Nego Gaji Terbaik


Bagikan Ke Teman Anda