Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Untung Rugi Memakai Kartu Kredit? Ini Dia Penjelasannya!

#rugi #tip kartu kredit #untung

Segala sesuatu memiliki dua sisi, yakni sisi baik dan sisi buruk. Hal yang sama juga berlaku bagi kartu kredit yang tujuan awal penciptaannya adalah memudahkan manusia dalam melakukan transaksi ekonomi secara elektronik. Namun, seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan kondisi psikologis manusia, keberadaan kartu kredit tidak lagi dipandang memiliki nilai tunggal berupa mendatangkan untung belaka. Orang bisa buntung jika terus menggunakan kartu kredit. Apa saja sebenarnya keuntungan dan kerugian dari penggunaan kartu kredit? Daftar berikut menguraikan secara ringkas untung rugi penggunaan kartu kredit.

Keuntungan

  • Cepat

Ketika Anda membutuhkan suatu barang yang mahal dan kebetulan Anda tidak sanggup membayarnya secara langsung dan tunai, maka kartu kredit merupakan jalan keluar dan penyelamat yang tepat selama Anda menggunakannya secara rasional dan penuh akal sehat. Kartu kredit memungkinkan Anda membeli segala sesuatu secara langsung namun di akhir periode penagihan harus Anda bayar, baik secara langsung maupun tunai, ketika tagihan datang. Kalau Anda melakukan pembayaran atau cicilan jauh hari sebelum jatuh tempo atau masa penagihan yang baru, maka kemungkinan besar Anda akan selamat dari tagihan yang membengkak. Sebaliknya, jika Anda membayar selalu terlambat dan melewati batas waktu pembayaran, maka hutang Anda akan terus membengkak.

  • Perlindungan

Di sejumlah negara terdapat aturan bahwa konsumen yang melakuan pembelian dengan kartu kredit akan mendapat proteksi lebih besar ketimbang yang bersangkutan menggunakan kartu debit, cek atau pembayaran secara tunai. Di Indonesia, praktik semacam ini kerap ditemui jika seseorang melakukan pembelian kendaraan bermotor. Mereka yang membeli secara mencicil bakal memperoleh asuransi, sementara yang secara tunai tidak mendapat perlindungan dengan cara apapun. Kredit, apapun bentuknya, memang memberi perlindungan atas kepemilikan kita.

  • Meminjam secara gratis

Sejumlah kartu kredit menawarkan bunga cicilan sebesar 0 (nol) persen, yang mana hal ini berarti bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman bebas bunga. Hanya saja, apa yang perlu Anda lakukan adalah membayar jumlah tagihan minimum setiap bulannya. Jika tidak demikian, Anda akan dikenakan biaya bunga. Memang, tidak semua orang memerlukan fasilitas bunga cicilan 0 persen. Tapi, disadari atau tidak, hal ini sangat meringankan sejumlah konsumen yang memerlukan barang-barang tertentu untuk operasional keseharian mereka.

  • Mendapatkan reward

Beberapa bank yang mengeluarkan kartu kredit memberi insentif tambahan sehingga pengguna kartu kredit menjadi ringan hidupnya. Contoh insentif tersebut adalah adanya cashback atau bahkan reward point yang nilainya sebanding dengan nilai kredit atau hutang yang bersangkutan di bank. Kesemua fasilitas ini sangat berguna ketika Anda rutin membayar tagihan secara utuh. Jika tidak demikian, maka yang harus Anda bayar adalah bunga dari hutang Anda yang nilainya tidak sebanding dengan reward yang harusnya Anda dapatkan.

Kerugian

  • Jebakan hutang

Banyak orang melupakan satu fakta penting mengenai kartu kredit, yakni bahwa kartu kredit merupakan sejenis cara untuk melakukan peminjaman uang. Intinya, dengan kartu kredit, Anda bisa membeli sekarang dan membayarnya kemudian. Tentu, ada risiko di sini. Jika Anda tidak membayar tagihan bulanan kartu kredit Anda pada batas minimum atau bahkan tidak membayarnya sama sekali, maka Anda akan segera hidup dalam lilitan bunga pinjaman. Bahkan, pada tataran tertentu, membayar nilai minimum kartu kredit saja tidak akan cukup dalam menghindarkan Anda dari bencana finansial. Dengan demikian, akan lebih baik jika Anda senantiasa membayar lebih dari tagihan minimum bulanan serta menanamkan dalam benak Anda bahwa kartu kredit tak lebih dari instrument agar membuat berhutang lebih mudah dilakukan.

  • Biaya tersembunyi

Apa biaya tersembunyi dari kartu kredit? Banyak yang langsung menerka dan menebak bahwa itu adalah tingkat suku bunga. Padahal, masih banyak sumber kenaikan hutang Anda. Kalau Anda kebetulan terlambat melakukan pembayaran tagihan bulanan, misalnya, maka ada sejumlah biaya alias fee yang harus Anda penuhi. Tak hanya itu, Anda pun harus membayar penalti jika Anda melampaui batas pagu kredit Anda. Dengan demikian, pastikan Anda membayar tagihan Anda secara tepat waktu. Dan, jangan tergoda untuk menarik uang Anda dari kartu kredit Anda.

  • Memilih kartu yang tepat

Satu hal yang harus Anda sadari dengan baik adalah pastikan bahwa Anda telah memilih kartu kredit yang pas. Jika tidak demikian, maka Anda akan terjebak membayar hutang lebih dari yang seharusnya Anda tanggung. Jika dalam waktu dekat ini Anda akan melangsungkan kegiatan atau hajat yang menguras keuangan, entah mau menikah atau pindah rumah, maka ada baiknya Anda mencari kartu kredit yang menawarkan pinjaman dengan bunga 0 (nol) persen. Jika Anda memerlukan kartu kredit baru karena ada tumpukan hutang di kartu kredit yang lain, maka Anda cukup mentransfer uang dari kartu kredit 0 (nol) persen ini. Memang tidak menyenangkan. Tapi, ada kalanya gali lobang tutup lobang diperlukan guna mengakali kartu kredit dan tagihannya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang untung rugi memakai kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Perlindungan Nasabah Kartu Kredit
Apa itu Keuangan Standard Emas? Apa Untung Ruginya?
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Pengangguran Digaji? Ini Dia Untung Ruginya!
Orang Kaya Memakai Kartu Kredit? Kenapa Tidak Bayar Tunai?
Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kartu Kredit Overlimit?
Siasat Penerbangan Berbiaya Rendah (Low Cost Carrier) agar Tetap Meraup Untung
Waspadai Kejahatan terhadap Pengguna Kartu Kredit!
Cara Membuat Kartu Kredit Secara Online
Kartu Kredit di-Decline, Apa Sebabnya?


Bagikan Ke Teman Anda