Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa Untung Rugi Mengambil Kredit?

Dalam ilmu ekonomi, kredit diindikasikan dengan meminjam sejumlah uang ditambah dengan bunga dengan tujuan untuk menutupi kebutuhan hidup. Kredit dapat berbentuk apa saja, dalam perkembangan dunia yang semakin canggih, pinjaman sudah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Biasanya pinjaman dibutuhkan pada saat seseorang tidak memiliki uang cadangan atau simpanan lain, contoh untuk biaya sekolah, biaya rumah tangga, atau biaya kesehatan.

Melakukan pinjaman, maka Anda sudah harus tahu mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku. Di mana pihak peminjam akan menagih pinjaman Anda dengan bunga dan waktu yang sudah ditetapkan, dan Anda sebagai peminjam wajib untuk membayar tagihan tersebut sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Namun, pada saat pembayaran tidak semua memiliki jalan yang mulus, ada kalanya mengalami kesulitan untuk membayar.

Dan hal inilah yang bisa menimbulkan masalah baru, karena pada umumnya setiap orang memiliki masalah keuangan yang berbeda. Tidak heran kredit banyak menyebabkan orang menjadi bangkrut, dengan kondisi tidak mampu membayar, karena banyaknya hutang, kebutuhan tertentu seperti medis, atau kondisi PHK.

Salah satu komitmen yang harus dijaga adalah membayar dengan waktu dan jumlah yang ditetapkan. Ada baiknya sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang, periksa terlebih dahulu mengenai kredibilitas peminjam. Seperti suku bunga, batas peminjaman, dan sebagainya. Dan harus mengetahui juga kondisi Anda apabila meminjam uang dengan waktu yang lama atau waktu jangka pendek, karena semakin lama Anda meminjam semakin lama juga Anda akan membayarnya.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman, sebaiknya Anda mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian dalam melakukan hal tersebut.

Keutungan

Berikut ini beberapa poin yang banyak orang lakukan untuk meminjam uang, salah satunya adalah keuntungannya seperti di bawah ini:

  1. Pinjaman dapat Anda lakukan dengan tujuan apa saja yang dibutuhkan, bisa untuk membeli rumah, merenovasi rumah, membeli mobil dan sebagainya. Semua sangat mudah dan tersedia dengan berbagai macam jenis pinjaman, sehingga memudahkan Anda untuk membeli dan apapun.
  2. Apabila Anda memiliki keinginan akan suatu hal, dan Anda tidak memiliki uang cukup. Maka dengan pinjaman semua impian Anda akan terwujud, apapun bisa Anda beli dengan pinjaman uang ataupun kredit barang.
  3. Pembayarannya dapat dilakukan dalam jangka waktu yang dipilih sesuai dengan perjanjian. Hal inilah yang membuat banyak orang meminjam, karena dirasa bisa dicicil dengan jumlah yang diinginkan sebelumnya.
  4. Pinjaman juga bisa untuk menutupi atau membangun bisnis Anda, apabila Anda kurang dana untuk memulai atau membayar usaha, maka Anda bisa melakukan pinjaman dengan tujuan tersebut. Dan pinjaman juga bisa digunakan untuk berinvestasi jangka panjang.
  5. Anda dapat mengetahui suku bunga tetap pinjaman Anda, sehingga mudah untuk membayar sesuai dengan ketetapan tagihan yang berlaku.

Secara umumnya meminjam memang sangat bermanfaat untuk mewujudkan semua impian Anda. Namun, dibalik itu semua tentu ada resiko yang harus Anda hadapi. Apalagi hutang tersebut tidak hanya satu hutang saja, bisa jadi Anda memiliki lebih dari 2 jenis hutang.

Nah, hal ini yang akan membuat Anda menjadi dilema, apabila Anda tidak dapat mengatur dan mengelola pinjaman atau hutang Anda. Sebab itu, pertimbangkan baik dan juga dampak buruk melakukan pinjaman, hitung sampai details mengenai bunga, jangka waktu dan hal lain yang sebelumnya tidak pernah Anda tahu. Karena pinjaman juga memiliki kerugian yang menjebak Anda.

Kerugian

Berikut ini sisi kerugian apabila Anda melakukan jenis pinjaman atau hutang:

  1. Pinjaman menjadi salah satu tagihan berjalan atau memiliki jangka waktu yang panjang. Anda diharuskan untuk membayar tagihan setiap bulannya, dan harus sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati. Dan apabila tidak sesuai dengan tagihan maka resiko akan Anda hadapi.
  2. Salah satu resiko apabila Anda tidak membayar atau telat membayar, maka Anda akan diberikan sanksi berupa penyitaan aset atau bahkan terjerat hukum yang berlaku. Selain itu juga nama baik Anda sebagai kreditur akan menjadi buruk atau bahkan Anda akan di blacklist dari debitur manapun.
  3. Apabila Anda tidak bisa melakukan pembayaran di awal tagihan, maka debitur akan melakukan teguran atau opsi lain. Seperti meminta Anda untuk membayar biaya di awal, atau denda yang semakin besar sampai kepada tingkat yang lebih berat yaitu penyitaan aset Anda.
  4. Pinjaman tidak selalu stabil, bisa saja Anda dituntut untuk membayar biaya lain selain dari tagihan Anda. Hal ini biasanya akan diinformasikan di depan pada saat Anda meminjam, atau bahkan sebaliknya, Anda akan diminta dengan tanpa pemberitahuan.
  5. Semakin besar jumlah pinjaman Anda, maka semakin besar resiko yang akan Anda hadapi. Jika tidak dipertimbangkan bisa berdampak kepada aset yang menjadi jaminannya.
  6. Resiko Anda tidak melakukan pembayaran, maka akan berdampak kepada penyitaan aset dan sebagainya. Yang sudah pasti akan berdampak kepada kondisi keuangan Anda kedepannya.
  7. Apabila kondisi keuangan tidak sehat, maka resiko buruk akan mempengaruhi pembayaran tagihan Anda, dan sudah pasti berpengaruh kepada denda dan bunga tagihan kredit Anda.
  8. Adanya biaya lain pada saat Anda ingin kembali membayar tagihan Anda, sesuai dengan kondisi suku bunga pada saat itu.

Memang melakukan pinjaman terlihat begitu mudah dan menyenangkan, namun jika Anda berpikir dalam dan mengetahui resiko dibalik itu semua, tentu Anda akan lebih bijak mengelola semua pinjaman Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apa untung rugi mengambil kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Suku Bunga Dasar Kredit – Februari 2014
Tip Makan Buffet (All You Can Eat) Agar Tidak Rugi
Tip Menghindari Perangkap Utang
Apakah Financial Technology (Fintech) itu dan Apa saja Produknya?
Bolehkah Debt Collector Mengambil Motor Kredit Anda?
Cara Menghadapi Debt Collector
Apa Untung Rugi Monopoli? Berikut Keuntungan dan Kerugian Persaingan Monopolistik
Apa Itu PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang)?
Kredit Emas Batangan?
Apa Untung Ruginya Membuat Program Magang bagi Perusahaan Startup?


Bagikan Ke Teman Anda