Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apa yang Menyebabkan KTA Ditolak?

Apa yang menyebabkan KTA ditolak? KTA atau kredit tanpa agunan dikenal sebagai salah satu fasilitas pinjaman yang mudah diperoleh. Baik itu saat proses pengajuannya yang tidak berbelit, sampai proses pencairannya. Kredit tanpa agunan ini pun memungkinkan Anda untuk melakukan peminjaman pada lembaga keuangan (salah satunya Bank) tanpa harus menjaminkan sesuatu.

Namun seberapapun mudahnya proses pengajuan kredit tanpa agunan ini, tetap saja ada calon nasabah yang ditolak pengajuannya. Jika Anda salah satu dari calon nasabah yang ditolak proses pengajuannya, maka beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebabnya:

Ada Bagian Dokumen yang Tidak Jelas

Adanya bagian dokumen saat mengajukan proses pinjaman kredit tanpa agunan ini baik itu tidak jelas maupun tidak terbaca bisa berpengaruh ditolaknya KTA Anda loh. Dokumen yang Anda sertakan dalam formulir pengajuan, baik itu KTP, slip gaji, dan lainnya akan sangat berpengaruh kejelasannya.

Untuk itu sebelum Anda memberikan semua dokumen pengajuan pada pihak bank, ada baiknya memeriksanya kembali. Periksa apakah dokumen tersebut bisa dibaca atau tidak. Biasanya dokumen berupa foto copy yang ada beberapa huruf sulit terbaca.

Tidak Sesuai Syarat Ketentuan Calon Peminjam

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi saat melakukan proses peminjaman kredit tanpa agunan. Dan ketika Anda tidak lolos dalam semua point syarat ketentuan tersebut tentu saja akan membuat proses pengajuan Anda ditolak. Misalnya nih, batas gaji minimun Anda tidak sesuai dengan syarat ketentuan. Bisa juga umur, riwayat keuangan Anda di Bank Indonesia yang buruk, hingga masalah status karyawan ataupun pengusaha yang ternyata bisa mempengaruhi pihak bank dalam menyetujui proses pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan.

Memiliki Tunggakan kartu Kredit atau Cicilan Kredit

Jika sebelum mengajukan kredit tanpa agunan, Anda telah melakukan peminjaman lainnya atau memiliki kartu kredit. Maka bersiaplah untuk diperiksa raport keuangan Anda di Bank Indonesia. Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman Anda, pihak bank akan terlebih dahulu memeriksa riwayat keuangan Anda loh!

Untuk itu jika pinjaman KTA Anda ditolak dan Anda memiliki kartu kredit atau cicilan kredit. Maka salah satu penyebabnya bisa jadi karena Anda memiliki tunggakan kartu kredit atau cicilan kredit. Ketika Anda memiliki tunggakan kredit ini atau membayar cicilan tidak lancar tentu saja akan menjadi nilai minus di mata bank.

Ada Data yang Dipalsukan

Saat mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan dan semua bentuk pinjaman lainnya di bank. Tentu Anda harus mengisi data formulir dengan lengkap dan benar. Dan ketika Anda memalsukan data saat proses pengajuan ini, maka pihak bank tentu saja akan menolak pinjaman kredit Anda.
Oleh karena itu sangat penting untuk mengisi data sedetail dan sesuai dengan kenyataan. Mengingat pihak bank akan mencari tahu dulu kebenaran data yang Anda isikan pada formulir pengajuan kredit tanpa agunan tersebut.

Memiliki Rekam Jejak Kredit yang Buruk

Selain ada tidaknya tunggakan kredit, pihak bank juga akan melakukan BI checking pada rekam jejak kredit Anda. Mengingat disetujui atau tidaknya pengajuan KTA Anda salah satunya dipengaruhi oleh rekam jejak kredit.

BI checking akan menunjukkan sejarah dan riwayat kredit Anda dari semua lembaga keuangan. Baik itu tagihan kartu kredit hingga pinjaman kredit lainnya. Dan ketika riwayat jejak kredit kamu buruk maka dalam artian sering telat membayar cicilan, bahkan menunggak, maka bisa mempengaruhi disetujui tidaknya proses pinjaman kredit tanpa agunan Anda.

Nomer Telepon Bukan Fixed Line

Jika riwayat jejak kredit Anda baik namun pengajuan KTA Anda tetap ditolak, maka salah satu penyebabnya bisa karena Anda tidak memiliki nomer telepon fixed. Pihak Bank biasanya mengharuskan calon nasabahnya untuk menuliskan tiga atau dua nomer telepon fixed. Mulai dari nomer telepon rumah, kantor, atau saudara yang tidak tinggal serumah.

Mengapa harus mencantumkan nomer telepon fixed? Karena pihak bank mengetahui Anda bukanlah orang yang suka berpindah-pindah. Dan ketika Anda memiliki alamat tetap tentu akan memudahkan bank melacak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kedepannya. Misalnya saat Anda telah membayar, atau bahkan menunggak cicilan.

Nomer Telepon Tidak Bisa Dihubungi

Anda telah menuliskan nomer telepon, baik itu nomer telepon fixed line dan nomer telepon seluler. Namun saat pihak bank tidak bisa menghubungi nomer tersebut maka kemungkinan besar proses pengajuan Anda akan ditolak. Pihak bank sangat ketat dalam menyetujui proses pengajuan kredit, baik itu kredit tanpa agunan maupun kredit lainnya. Ketika nomer telepon yang Anda tuliskan tidak bisa dihubungi maka bisa mempengaruhi pada proses ACC kredit Anda.

Mark Up Jumlah Penghasilan

Anda sangat ingin kredit tanpa agunan disetujui sehingga salah satu caranya dengan memalsukan slip gaji. Misalnya, limit gaji yang ditentukan oleh pihak bank adalah Rp 6.000.000 namun gaji Anda tidak mencapai angka tersebut. Lalu Anda pun memalsukan angka dalam slip gaji.
Pemalsuan ini bisa terbongkar dan menyebabkan proses pengajuan ACC kredit tanpa agunan Anda gagal. Pihak bank akan menghubungi HRD kantor dan menanyakan nominal gaji Anda setiap bulannya. Dan ketika Anda melakukan pemalsuan maka bisa mempengaruhi proses penyetujuan kredt tanpa agunan ini.

Lalu apa yang menyebabkan KTA ditolak dalam kasus Anda? beberapa hal yang pasti, isilah data formulir dengan benar dan sejujur-jujurnya. Ketika Anda memiliki kartu kredit atau cicilan lain, pastikan untuk melakukan pembayaran secara rutin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa hal yang yang menyebabkan KTA ditolak, semoga bermanfaat.

 

 



Cara Apply KTA Secara Online
Baguskah KTA untuk Modal Awal Usaha?
Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui
Apa Untung Ruginya Ikut KTA?
KTA dari Bank BRI
Tips Mengajukan KTA bagi Karyawan Kontrak
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank HSBC
Citibank Ready Kredit: Fasilitas Kredit Semudah Gesek Kartu Kredit di ATM
KTA untuk Biaya Pernikahan?


Bagikan Ke Teman Anda