Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Apakah Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Kita Bahagia?

#bahagia #uang

Pertanyaan mengenai apakah uang bisa membuat bahagia atau tidak telah menjadi perdebatan banyak orang sampai saat ini. Perbedaan pandangan dan pendapat pun muncul ketika membahas mengenai hal yang sangat esensial dalam hidup kita yaitu uang ini. Jawaban dari pertanyaan tersebut pun tidak bisa dengan sederhana disebut dengan iya atau tidak. Karena pada dasarnya pertanyaan itu pun bukan sesuatu yang sederhana, sehingga membutuhkan penjelasan yang lebih kompleks namun konkrit.

Berikut adalah beberapa fakta penting yang dapat menjelaskan mengenai korelasi uang dengan kebahagiaan manusia:

1. Uang Bisa Mengurangi Sebab Ketidakbahagiaan

Satu hal yang tidak bisa kita pungkiri adalah kenyataan bahwa kekurangan uang akan membuat kita berada dalam kesulitan, bahkan kondisi ekstrimnya adalah kesengsaraan. Tidak punya uang berarti tidak ada yang bisa digunakan untuk membeli makanan, maka berarti kita akan kelaparan. Tidak ada uang berarti kita tidak bisa membayar kontrakan atau cicilan rumah, yang berarti kita terancam tidak punya tempat tinggal.

Dan kita harus mengakui bahwa akan sulit untuk merasa bahagia dengan keadaan-keadaan seperti itu. Sebaliknya, dengan memiliki uang maka akan lebih sedikit hal yang harus dikhawatirkan. Biaya-biaya seperti uang makan, tagihan listrik, bayaran sekolah anak, dan lain sebagainya bisa teratasi jika kita memiliki uang yang cukup. Fakta ini menegaskan bahwa terlepas dari uang bisa membuat bahagia atau tidak, kekurangan uang bisa membuat kita tidak bahagia.

2. Uang Mempermudah Hidup dan Menjaga Kesejahteraan

Saat Anda punya uang, Anda bisa membeli mobil yang memudahkan akomodasi dalam melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan. Anda bisa membeli peralatan yang bisa memudahkan pekerjaan rumah tangga yang dapat menghemat waktu serta tenaga, seperti mesin cuci, vacum cleaner, mesin pencuci piring, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggaji orang untuk membantu menjalankan bisnis yang sedang dirintis, karena tidak mungkin Anda melakukan semuanya sendiri.

Selain itu, memiliki uang juga bisa berarti kesejahteraan hidup Anda dan keluarga terjamin dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dan terjamin gizinya dengan uang yang dimiliki. Keluarga Anda dapat hidup di tempat tinggal yang bersih, nyaman, dan tentunya aman. Dari segi kesehatan juga lebih terjamin karena Anda bisa membayar biaya pengobatan dan kontrol kesehatan yang kita ketahui dengan baik bahwa jumlahnya memang tidak sedikit.

3. Tidak Semua Hal Bisa Dibeli dengan Uang

Meskipun bisa membeli berbagai hal, ada hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang sebanyak apapun. Seperti keluarga, teman, cinta, dan persahabatan yang tidak bisa digantikan dengan berapapun jumlah yang yang dikeluarkan. Karenanya, hal-hal tersebut sangat berharga dan tak ternilai oleh apapun juga di dunia ini. Kita tentu tidak mau jika harus menukar keluarga atau pasangan tercinta dengan setumpuk uang yang tidak akan habis tujuh turunan.

Fakta ini menunjukkan bahwa uang memang berharga, tapi ada banyak hal yang jauh lebih berharga dibanding uang. Hampir semua hal bisa dibeli menggunakan uang, tapi kata hampir berarti ada beberapa hal yang menjadi pengecualian. Uang memang sangat bermanfaat dan berguna bagi kehidupan kita, namun bukan segalanya.

4. Manusia Menggunakan Uang, Bukan Sebaliknya

Hal yang kadang terlupakan oleh banyak orang adalah kenyataan bahwa uang sebenarnya adalah benda mati, dan manusia adalah makhluk hidup. Hakikat yang sudah terbentuk dari alam adalah makhluk hidup menggunakan benda mati, bukan sebaliknya. Jadi seharusnya manusia yang menggunakan uang, bukan uang yang mempergunakan dan memanfaatkan manusia.

Dengan mengingat hal ini, kita akan lebih menyadari bahwa uang adalah sesuatu yang harus digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Seperti benda mati lainnya, baik dan buruk uang tergantung dari orang yang memegang dan menggunakannya. Jika tidak bisa digunakan dan dikendalikan dengan baik, uang bisa mengubah manusia menjadi tidak berperikemanusiaan. Dan jika digunakan dengan baik, uang dapat memberikan banyak manfaat bahkan kesenangan bagi manusia.

5. Ukuran Kebahagiaan Orang Berbeda-beda

Pertanyaan apakah uang bisa membuat manusia bahagia sebenarnya kembali lagi pada ukuran kebahagiaan dari manusia itu sendiri. Sedangkan kita tahu benar bahwa di dunia ini terdapat banyak sekali manusia, yang tentu saja memiliki ukuran dan standar kebahagiaannya masing-masing. Kita bahkan tidak bisa menyamakan isi kepala dua orang dengan sama persis, apalagi jutaan bahkan milyaran orang yang ada di muka bumi.

Jadi perkara apakah uang bisa membahagiakan atau tidak adalah hal yang relatif, tergantung pada ukuran dari kebahagiaan individu. Ada orang yang bisa bahagia dengan perut kenyang meski tidak memiliki baju bagus, dan ada juga orang yang merasa bahagia dengan sepatu yang baru dibelinya minggu kemarin. Ada orang yang bahagia dengan villa mewah pribadinya, dan ada orang yang bahagia karena rumahnya memiliki atap serta pintu. Tidak ada yang salah atau benar dalam hal ini, karena setiap individu tidak ada yang benar-benar sama dan memang tidak harus sama.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjelaskan hubungan antara uang dengan kebahagiaan manusia. Seperti yang telah diulas diatas, perkara ini memang bukan hal sederhana dan simpel yang bisa dijawab dengan satu kata atau kalimat. Kebahagiaan manusia memang tidak bisa ditentukan dari satu hal saja, dan ketidakbahagiaan pun tidak bisa diukur hanya dari satu hal juga. Dibanding harus bergantung pada faktor eksternal untuk menjadi bahagia, lebih baik kita mengusahakan kebahagiaan dari internal kita sendiri. Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang memiliki banyak uang akan membuat kita bahagia, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Masih Mau Cara-cara Membuang Uang Seperti Ini?
Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Tidak Ada Uang? Jual Beli dengan Barter? Apa yang Terjadi?
Hawala, Cara Transfer Uang Luar Negeri dengan Cepat & Rahasia
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Ini Dia Penemuan yang Banyak Dipakai Orang tapi Penemunya Tak Mendapat Uang
Apa Itu Nilai Intrinsik dan Ekstrinsik Uang?
Wire Transfer dan Cara Mengirim Uangnya
Perbedaan Uang, Mata Uang dan Dampaknya pada Redenominasi
Antara Cinta atau Uang: Penting Mana?


Bagikan Ke Teman Anda