Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Cara Menjadi Melek Finansial?

Mengatur pola keuangan memang tidak mudah, dalam urusan finansial dalam rumah tangga contohnya. Jika Anda tidak pintar mengelola dan memiliki literasi mengenai uang tentu bisa terjadi defisit. Oleh sebab itu pentingnya cara dan juga tips agar pengelolaan keuangan Anda bisa termonitor dengan baik.

Dalam beberapa kasus, masalah keuangan tentu bisa memicu terjadi ketegangan batin, stres bahkan emosi. Hal ini karena kondisi keuangan yang tidaklah sehat, tiba – tiba dipertengahan bulan Anda sudah kehabisan uang, semestinya masih ada harapan kalau uang tersebut masih tersisa. Kenyataan memang tidaklah mudah, terkadang uang yang sudah Anda simpan tiba – tiba tanpa dugaan habis terpakai, bisa karena kebutuhan mendadak, keperluan mendesak atau karena keinginan Anda untuk hal yang tidak penting.

Apapun itu bisa saja terjadi, oleh sebab itu mulai dari saat ini pelajari bagaimana menata dan mengontrol keuangan Anda secara bijak dan cerdas. Untuk mengetahui apa saja cara dan juga langkah jitu untuk mengatur itu semua, simak penjelasan seperti di bawah ini :

1. Monitor Pengeluaran dan Pemasukan Anda Dengan Seksama

Apapun jenis pengeluaran Anda dan pemasukan yang dimiliki semua harus jelas alurnya, buatlah pembagian dana atau pisahkan sesuai dengan plot masing – masing. Contoh berikut plot yang bisa Anda gunakan :

  1. Biaya Tetap. Biaya ini bisa mencakup akan kebutuhan utama selama 1 bulan, seperti pembayaran air, listrik, cicilan rumah, cicilan mobil, asuransi, dan sebagainya. Utamakan atau dahulukan biaya vital agar biaya tersebut tidak membengkak di kemudian hari.
  2. Biaya Setiap Hari. Biaya ini bisa mencakup pengeluaran sehari – hari, seperti dana memasak, transportasi keluarga, jajan anak, dan sebagainya. Karena umumnya dana sehari – hari yang sering dipakai tanpa terduga. Mengerem pengeluaran dana harian penting karena bisa menjadi dana tambahan dan uang tabungan Anda. Jadi monitor dengan ketat dana Anda yang sering digunakan untuk dana harian.
  3. Biaya Tidak Terduga. Biaya ini bisa mencakup biaya reparasi kendaraan, keperluan keluarga yang mendadak, pembelian perlengkapan secara mendadak, atau biaya tambahan lain yang sifatnya di luar dana utama. Kalau bisa sisipkan sedikit atau berapa persen untuk kebutuhan semacam ini.

Dengan membuat plot seperti di atas, maka Anda sudah mampu secara cerdas dan bijak mengatur setiap dana yang dikeluarkan, dan mengetahui untuk apa saja dana tersebut dikeluarkan.

2. Cek Semua Dana Yang Menjadi Pemasukan Anda

Apapun dana yang Anda hasilkan, entah dari gaji, bisnis atau dana lain haruslah Anda catat dan monitor. Karena dengan mengetahui setiap dana yang masuk, maka Anda dapat mengatur jumlah pengeluaran dalam sebulan. Dengan dana tambahan tersebut bisa menutupi apabila ada dana tidak terduga keluar. Dan Anda dapat mengetahui sisa dana bersih yang bisa disisihkan untuk ditabung selama 1 bulan tersebut. Otomatis keuangan Anda akan teratur dan tertata dengan baik.

3. Monitor Pengeluaran Untuk Kartu Kredit Dan Utang Anda

Salah satu hal yang membuat Anda merasa cemas, resah dan terkadang menyesakkan adalah masalah hutang dan kredit. Walaupun hal ini sangat menyebalkan, semua dana untuk pembayaran hutang juga kredit harus Anda atur dalam rincian yang jelas. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengelola hutang dan kredit Anda :

  1. Kumpulkan semua daftar tagihan hutang dan kredit Anda dalam 1 bulan. Hal ini untuk mengatur berapa besar tagihan beserta bunga yang harus Anda bayar, juga mengecek apakah ada kesalahan atau kejanggalan yang tertera dalam tagihan. Karena hal ini bisa saja terjadi, semakin Anda teliti maka kesalahan dapat diatasi secara cepat.
  2. Buat rincian mengenai tagihan yang Anda miliki, mulai dari bunga, jumlah tagihan kredit dan hutang sampai biaya lain yang menyertainya. Langkah ini untuk memastikan kalau tagihan tersebut sesuai dengan tagihan yang Anda miliki. Atau istilahnya cross check data, antara data Anda dan juga data pemberi pinjaman.
  3. Cari ilmu mengenai istilah atau makna dalam setiap tagihan kredit dan hutang Anda yang tidak dimengerti. Ada banyak istilah keuangan yang bisa jadi sangat awam untuk Anda ketahui. Pelajari dengan teliti agar Anda memahami artinya sebelum melakukan pembayaran tagihan. Apabila ada yang janggal segera cek melalui internet atau kontak langsung ke peminjam hutang Anda.

4. Kenali Problem Dalam Keuangan Anda dan Tentukan Ide Solusi Guna Mencapai Tujuan Akhir

Setelah Anda mengetahui langkah dan cara menangani masalah pengelolaan keuangan Anda, selanjutnya yang paling terpenting adalah mencari tahu apa penyebab masalah keuangan Anda selama ini. Umumnya yang sering terjadi adalah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, bisa jadi karena hutang Anda yang lebih banyak sehingga Anda sulit mengatur sisanya untuk kebutuhan bertahan hidup. Atau bisa jadi karena biaya lain yang tidak penting yang Anda anggap sebagai kebutuhan Anda.

Oleh sebab itu, periksa kembali dana keluar yang tidak penting, dan buatlah pengaturan uang tambahan apabila kondisi Anda defisit. Setelah Anda mampu mengenali problem keuangan Anda, maka carilah jalan keluar agar bisa menutupi kekurangan dalam hal tersebut, bisa dengan bisnis sampingan, freelance dan sebagainya. Sehingga Anda bisa memiliki pemasukan lain untuk mencapai goal Anda yaitu bangkit dari keterpurukan keuangan.

5. Meminta Bantuan Melalui Kerabat Mengenai Masalah Keuangan Anda

Dengan memiliki keluarga dan kerabat yang bersama Anda, tentu dapat mempermudah dalam membantu menyelesaikan keterpurukan keuangan Anda. Anda bisa meminta bantuan mereka untuk ikut andil memberikan penyuluhan mengenai solusi dan nasihat agar keuangan Anda kembali sehat. Bisa dengan pasangan, anak usia dewasa, atau kerabat yang mengerti tentang pengelolaan keuangan. Atau kalaupun bisa Anda dapat belajar melalui pakar keuangan langsung, melalui workshop, seminar atau hal lain yang bisa dipelajari. Dengan demikian diharapkan Anda mampu menyelesaikan dan mengatur lebih baik lagi keuangan yang Anda miliki.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menjadi melek finansial, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Menetapkan Tujuan agar Sukses Finansial
Pengen Melek Finansial? Ini Caranya!
Ingin Menjadi Kaya Seperti Milyuner? Intip Rahasia Berikut Ini!
Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya
Sudah Saatnya Mempersiapkan Dana Darurat, Ini Caranya!
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!


Bagikan Ke Teman Anda