Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bagaimana Cara Seorang Introvert Bisa Menjadi Enterpreneur Sukses?

#enterpreneur #introvert

Banyak anggapan di tengah masyarakat tentang orang berkepribadian ektrovert lebih memiliki nilai plus dibandingkan dengan introvert. Sebenarnya kedua kepribadian ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang seharusnya tidak menjadi halangan menjadi seorang enterpreneur.

Meskipun menjadi seorang enterpreneur sangat penting dalam memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan aktif sebagaimana karakter yang dimiliki oleh seorang ekstrovert. Namun seorang interovert pun juga sangat berpeluang menjadi seorang enterpreneur handal.

Lantas bagaimana seorang introvert bisa menjadi enterpreneur yang baik dan tak kalah dengan kepribadian yang lain? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Fokus pada Kemampuan Diri Sendiri

Seorang introvert cenderung lebih suka mendengarkan orang lain berbicara dari pada harus membicarakan tentang dirinya. Hal ini lah yang membuatnya seolah menutup diri dan kurang suka bergaul dengan orang lain, sehingga untuk memulai bisnis pun agak sedikit kesulitan.

Mungkin akan sangat sulit untuk mengubah karakter seorang introvert untuk menjadi seperti ekstrovert yang pandai bericara. Namun alih-alih iri atau bahkan mencoba menjadi orang lain, ada baiknya bila anda fokus pada kemampuan yang anda miliki.

Melihat prestasi orang lain baik demi memacu semangat diri sendiri menjadi lebih baik, bukannya menyalahkan diri sendiri karena tak bisa seperti mereka. Sebab, setiap orang mempunyai kelebihan dan tinggal bagaimana kita mengeksplor kemampuan tersebut sehingga bisa menjadi seorang enterpreneur yang handal dan sukses.

2. Bangun Kepercayaan Diri

Bukan berarti orang ekstrovert itu memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan seorang introvert hanya karena mereka cenderung lebih mudah bergaul dan membangun relasi. Bisa jadi hal tersebut hanya untuk menutupi kekurangan yang ada pada dirinya saja, begitu pun seorang introvert.

Hal ini karena memiliki kepercayaan diri bukan hanya dari karakter saja tetapi juga berasal dari kemampuan yang dimiliki. Kemampuan pun tidak akan mungkin dimiliki bila tidak diasah dan dikembangkan dengan belajar dari setiap pengalaman, termasuk ketika menjadi seorang enterpreneur.

Percaya diri tumbuh seiring banyaknya trial and error yang dilalui ketika berproses, karenanya jangan lewatkan sedetik pun tanpa belajar dari setiap pengalaman dan jangan bosan untuk berusaha. Sebab siapapun bisa menjadi seorang enterpreneur tak terkecuali seorang introvert sekalipun.

3. Kenali Potensi Diri

Pemilik karakter introvert cenderung lebih suka menyendiri, tetapi mereka pun bukan berarti menutup diri. Karena sifatnya tersebut mungkin banyak potensi sebagai seorang enterpreneur yang kurang terlihat dan tergali.

Untuk itu jika anda seorang yang berkepriadian introvert yang ingin menjadi seorang enterpreneur, ada baiknya supaya menggali setiap potensi yang ada pada diri anda. Tak ada yang akan bisa mengetahui apa yang anda miliki (kemampuan) jika anda tak mau menunjukan atau bahkan anda sendiri tidak menyadarinya.

4. Mengasah Soft Skill

Menjadi seorang enterpreneur yang handal tak melulu hanya mengandalkan sebarapa tinggi pendidikan formal yang anda tempuh. Tetapi, juga perlu memiliki soft skill demi menunjang dalam menciptakan sebuah bisnis yang secara kontinyu dapat berkembang.

Soft skill yang dimiliki oleh orang berkepribadian introvert tidak selalu sama namun karena kepribadian ini lebih suka mendengarkan dari pada berbicara. Maka ada satu kelebihan yang pasti dimilikinya yaitu memiliki kemampuan analisa yang kuat.

Ini karena selain mendengarkan lawan bicaranya introvert juga menganalisa kata-kata yang dibicarakan sehingga ia bisa lebih dekat dan membangun emosi yang baik dengan orang lain tak seperti ekstrovert.

Kemampuan ini tentunya sangat berguna ketika memutuskan menjadi seorang enterpreneur yang dalam perjalanannya membutuhkan analisa bisnis yang kuat dan tidak asal membuka usaha.

5. Jadi Diri Sendiri

Terkadang banyak mitos yang berkembang di tengah masyarakat yang menyudutkan para pemiliki kepribadian introvert. Misalnya seorang introvert tak mau bersosialisasi dengan orang disekitar, sombong dan banyak anggapan-anggapan negatif lainnya.

Meskipun mereka ini lebih suka menyendiri bukan berarti anggapan tersebut benar adanya, dan seharusnya anggapan tersebut jangan terlalu diambil pusing. Karakter seorang seringkali memang berpengaruh, namun bukan anggapan orang lain tersebut menghalangi langkah sukses menjadi seorang enterpreneur.

Kuncinya ada pada diri anda sendiri, ingin terbelenggu atas anggapan negatif sebagai seorang introvert ataukah bangkit dan memperlihatkan kemampuan yang anda miliki. Dan jangan sekali-kali mencoba untuk menjadi orang lain dan berpura-pura.

6. Jangan Lelah untuk Selalu Mencoba Hal Baru

Mejadi seorang enterpreneur bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh dengan mudah, tetulah harus melalu proses yang panjang dan terkadang bisa membuat semangat melemah. Proses tersebutlah yang akan membangun kemampuan enterpreneurship anda.

Karenanya jangan sampai karakter anda sebagai seorang introvert menjadi penghalang, justru dengan hal tersebut anda bisa lebih memaksimalkan diri dan jangan sampai lelah dalam menjajal setiap kesempatan dan hal baru.

Tak akan ada yang tahu anda berhasil atau tidak sebagai seorang enterpreneur, tetapi setidaknya anda telah mengerahkan segenap usaha untuk menuju e arah tersebut.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara seorang introvert bisa menjadi enterpreneur sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Orang-orang Introvert Juga Bisa Sukses, Lho. Ini Buktinya!
Kisah dan Pengalaman Orang-Orang Kaya yang Jatuh Miskin
Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri Anda!
Mengapa Sisa Makanan di Retoran Dibuang? Mengapa Tidak Disumbangkan?
Haruskah Drop Out (DO) untuk Fokus Membangun Startup?
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
Keunggulan Kartu ATM dengan Teknologi Chip
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
6 Fakta Bisnis Orang Jepang


Bagikan Ke Teman Anda