Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Belajar dari Krisis di Venezuela

Beberapa waktu belakangan ini, kita mendengar bahwa telah terjadi krisis keuangan yang ada di Venezuela, yang cukup membuat negara tersebut porak poranda.

Dan karena begitu tingginya inflasi di Venezuela,membuat Bolivar, mata uang Venezela kini menjadi tak berharga lagi.Padahal Venezuela yan kaya akan minyak. .Apa sebenarnya penyebab krisis di Venezula?Apa saja dampak yang ditimbulkan? Bagaimanakah pemerintah menanganinya? Mari kita bahas satu per satu.

Awal mula krisis Venezuela

Venezuela adalah salah satu negara pengekpor minyak terbesar di dunia.Sebagai salah satu negara yang dianugerahi tambang minyak yang cukup besar didunia, Venezuela pun mengganntungkan pendapatannya sebesar 95% dari penjualan minyak.

Telebih lagi pada waktu itu harga minyak sedang tinggi.Pada masa itu pemasukan Venezuela sangat besar dari minyak, sehingga sektor lain tidak diperhatikan oleh pemerintah Venezuela, karena menganggap kondisi Venezuela baik-baik saja hanya dari penjualan minyak ke luar negeri.B

ahkan karena tingginya keuntungan yang didapat dari penjualan minyak, pemerinah pun terus menggelontorkan subsidi untuk rakyat nya.

Namun keadaan Venezuela berbalik ketika harga minyak dunia turun drastis.Venezuela.Rendahnya harga minyak ini, ketergantungan Venezuela akan minyak begitu, dan salahnya pengelolaan dari hasil penjualan minyak tersebut membebani anggaran pemerintah, yang mengakibatkan defisit anggaran negara yang cukup tinggi, yang berdampak pada inflasi Venezula yang juga meningkat drastis.

Hal ini mengakibatkan nilai tukar mata uang di negara ini merosot tajam, bahkan banyak ekonom mengatakan bahwa inflasi yang dialami Venezuela sudah pada taraf hiperinflasi dimana harga konsumen naik lebih dari 50 persen setiap bulannnya.

Embargo Ekonomi dari Amerika terhadap Venezuela untuk melakukan transaksi utang baru dan ketidakmampuan Venezuela dalam membayar hutang-hutangnya akibat anjloknya harga minyak semakin memperburuk krisis ekonomi yang dialami Negara yang kaya akan minyak tersebut.

Dampak yang ditimbulkan

Salah satu dampak yang paling dirasakan dari krisis yang terjadi di Venezuela adalah begitu melambungnya harga barang di Venezuela sehingga membuat Bolivar, mata uang di Venezela begitu tidak berarti lagi.

Bayangkan saja, nilai 1US $ bisa setara dengan 69 juta Bolivar.Jadi penduduk membutuhkan di negara tersebut membutuhkan banyak tumpukan uang tunai hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari. S

Sebagai contoh, untuk membeli 1 kilogram daging saja dibutuhkan uang sebanyak 9.500.000 bolivar.Bayangkan berapa tumpukan uang yang harus dibawa untuk membeli daging tersebut. Tidak hanya mahal, bahan-bahan pangan pun disana juga semakin langka didapat semenjak terjadinya krisis ekonomi yang melanda di Venezuela

Dampak lain yang bisa terlihat dari krisis Venezuela adalah banyaknya penduduk Venezuela yang melakukan eksodus besar-besaran ke Negara lain untuk mencari pekerjaan supaya keluar dari  permasalahan ekonomi yang mereka hadapi akibat dampak krisis Venezuela.

Krisis ekonomi yang melanda di Venezuela juga membuat situasi politik menjadi semakin tak kondusif. Rakyat Venezuela pun berdemo menuntut presidennya, Nicolas Moduro untuk mundur dari jabatannya.

Sektor pendidikan pun tak luput dari dampak krisis di Venezuela.Universitas-universitas di Venezuela pun lumpuh akibat ditinggalkan oleh mahasiswa dan dosennya untuk ber migrasi. Universitaspun akhirnya mengambil kebijakan unruk menjalani kuliah jarak jauh bagi mahasiswa dan dosennya.

Upaya Pemerintah Venezuela mengatasi Krisis Ekonomi

Krisis ekonomi yang melanda Venezuela kali ini memberikan pelajaran tersendiri bagi pemerintah Venezuela. Menurut penuturan duta besar nya untuk Indonesia, saat ini pemerintah Venezuela tengah fokus untuk melakukan diversifikasi ekonomi guna mengatasi krisis ekonomi yang melanda.Sektor lainnya yang sedang diupayakan pemerintah Venezuela untuk menggerakkan motor perekonomiannya antara lain pariwisata, pertanian, famasi, industri, dan lain sebagainya.Jadi Venezuela tidak hanya bergantung dari sektor minyak saja.

Pemerintah Venezuela juga berupaya keras menstabilkan harga pangan yang melonjak tinggi akibat krisis ekonomi tersebut, salah satunya dengan cara menggelontorkan sebagian besar anggaran negaranya untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

Di sektor minyak, pemerintah Venezuela akan mendongkrak produksi minyaknya,dan juga membenahi pengelolaan industri minyak, yang memang sampai saat ini sector tersebut masih menjadi andalan pemerintah Venezuela

Untuk mengatasi nilai mata uang yang terus tertekan akibat inflasi yang tinggi, pemerintah Venezuela juga mengupayakan untuk melakukan redenominasi alias penyederhanaan nilai mata uang dengan cara dibagi 1000.

Venezuela juga akan menerapkan mata uang digital yang diberi nama petro.Dengan kedua cara ini diharapkan dapatn mengurangi tekanan laju inflasi yang begitu tinggi di Venezuela

Selain itu,untuk membantu rakyatnya mengatasi kesulitan ekonomi akibat krisis yang melanda, pemerintah Venezuela juga berupaya memberikan tunjangan bagi rakyatnya, juga sedang diupayakan membangun sebanyak 2 juta rumah yang diharapkan bisa  menampung 10 juta penduduknya, sehingga rakyat Venezuela  mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Demikian hal yang bisa saya sampaikan mengenai krisis yang terjadi di Venezuela. Semoga kita bisa belajar dari krisis yang dialami oleh Venezuela tersebut.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang belajar dari krisis di Venezuela, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengambil Hikmah dari Krisis Yunani
Hal-hal Berikut Seharusnya Diajarkan di Sekolah
Pelajaran dari Krisis Yunani, Cara Bertahan Saat Krisis Ekonomi
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Krisis Ekonomi
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Ada Apa dengan Krisis Ekonomi di Turki?
Belajar Giat tapi Tak Kunjung Sukses, Mengapa?
Bagaimana Bersiap Menghadapi Krisis Ekonomi
Financial Skill yang Harus Dipelajari di Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda