Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Berapa Saldo Minimum di Bank?

#bank #minimum #saldo

Menggunakan ATM memang menyenangkan karena kita bisa melaksanakan transaksi keuangan kapan saja diluar jam kerja perbankan. Namun saking nyamannya melakukan transaksi, kita lupa bahwa tabungan harus memiliki saldo minimum yang ditahan untuk menjaga tabungan kita agar tetap aktif. Artinya, kita tidak dapat melakukan transaksi jika saldo tabungan kita berada dibawah saldo minimum tersebut.

Sehingga jangan terkejut ketika anda ke ATM dan merasa saldo anda masih sebanyak Rp.200.000 dan ingin mentransfer sebanyak Rp.160.000 namun ditolak. Jangan buru-buru kesal dan menyalahkan pihak bank. Kemungkinan besar adalah anda tidak dapat melakukan transaksi karena Bank mengenakan saldo minimum yang ditahan – misalkan sebesar Rp.50.000.

Sehingga jika anda melakukan transfer sebanyak Rp.160.000, maka saldo anda akan menjadi Rp.40.000. Karena saldo tabungan anda akan berada dibawah saldo minimum yang ditahan oleh bank jika transaksi diteruskan, maka sistem bank langsung tidak dapat memproses transaksi anda.

Lalu berapa banyak saldo yang ditahan oleh perbankan besar di Indonesia?

Bank Rakyat Indonesia (Simpedes dan Britama)

  • Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp.50.000 dengan denda tabungan dibawah saldo minimum sebesar Rp.5000.

Bank Central Asia (semua tabungan)

  • Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp.50.000

Bank Negara Indonesia

  • BNI Taplus saldo minimum yang ditahan sebesar Rp.150.000 dengan denda tabungan dibawah saldo minimum sebesar Rp.5000
  • BNI Taplus Bisnis saldo minimum yang diperbolehkan Rp.1.000.000. Saldo minimum yang ditahan Rp.100.000. Denda tabungan dibawah saldo minimum Rp.20.000
  • BNI Taplus Muda Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp.50.000

Bank Mandiri

  • Mandiri Tabungan : Rp.100.000
  • Mandiri Tabungan Bisnis : Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp.10.000, dengan saldo minimum yang diijinkan adalah Rp.10.000.000
  • TabunganKu : Rp.20.000
  • Biaya administrasi rekening pasif : hingga Rp.250.000/bulan

BII Maybank

  • Tabungan Reguler : Rp. 100.000
  • Tabungan Gold : Rp. 1.000.000
  • Tabungan Women One : Saldo minimum yang ditahan Rp.50.000, minimum saldo Rp. 1.000.000
  • Tabungan SuperKidz : Rp. 20.000

Bank Niaga

  • Tabungan Xtra : Saldo minimum mengendap Rp 50.000,-.
  • Tabungan Usaha : Saldo minimum mengendap Rp 50.000,-.

Dengan keterangan sebagai berikut :

Apa itu Saldo Minimum Mengendap?

Adalah jumlah uang yang ditahan oleh Bank untuk menjaga tabungan anda tetap dalam kondisi aktif dan saldo tidak nol. Tiap Bank bisa memiliki persyaratan Saldo Minimum Mengendap yang berbeda-beda. Hal ini juga tergantung dengan jenis tabungan yang anda pilih.

Apa itu saldo minimum?

Saldo minimum merupakan batas saldo paling rendah yang diperkenankan di tabungan anda. Saldo minimum tiap bank bisa jadi berbeda. Jika bank A menetapkan saldo minimum sebesar Rp.50.000,- di bank B bisa sebesar Rp.200.000,-

Jumlah saldo minimum juga bisa ditentukan oleh jenis tabungan yang anda pilih. Tabungan reguler memiliki saldo minimum antara Rp.50.000,- hingga Rp.200.000,-. Sedangkan tabungan bisnis, misalnya mengenaan saldo minimum yang lebih tinggi – antara Rp.1.000.000 hingga Rp.10.000.000,-

Saldo Minimum dengan Saldo Minimum Mengendap adalah dua hal yang berbeda. Ketika saldo anda berada di minimum, anda masih bisa menarik sejumlah uang di ATM – hingga saldo anda menyentuh nilai Saldo Minimum Mengendap.

Namun jika saldo anda sudah mencapai Saldo Minimum Mengendap maka anda tidak dapat lagi menarik uang di ATM.

Jika tabungan berada di Saldo Minimum apa yang terjadi?

Jika tabungan berada di saldo minimum dalam jangka sekurang-kurangnya satu bulan, maka di bulan selanjutnya tabungan anda akan dikenakan denda untuk saldo minimum. (namun ada juga bank yang tidak mengenakan denda).

Jumlah denda berkisar antara Rp.5000 hingga Rp.250.000,- per bulan tergantung kebijakan pada masing-masing bank.

Apa itu tabungan dorman atau pasif?

Rekening dianggap tabungan dorman atau pasif jika saldo berada di bawah saldo minimum dan tidak melakukan transaksi selama 365 hari berturut-turut. Menjaga tabungan agar tidak dormant, usahakan untuk menabung secara rutin setiap bulan.

Apa yang terjadi dengan tabungan dorman (pasif) yang ada saldonya?

Tabungan akan dikenakan denda setiap bulan oleh bank hingga saldo tabungan anda terus berkurang. Ketika saldo sudah dibawah batas minimum, maka tabungan anda akan ditutup secara otomatis oleh sistem.

Sebaiknya jika anda sudah terlalu lama tidak menabung lalu anda ingin menabung kembali, anda dapat bertanya terlebih dahulu ke petugas Customer Service untuk memeriksa apakah tabungan anda masih aktif atau sudah di tutup oleh sistem. Jika masih aktif, anda bisa langsung ke Teller untuk menambah saldo anda. Jika sudah ditutup, maka anda bisa mempertimbangkan untuk membuka tabungan yang baru.

Jika kita sudah tidak melakukan transaksi selama 6 bulan apakah tabungan masih dapat digunakan?

Masih. Selama tabungan anda masih memiliki saldo, kapan saja anda ingin menabung, tabungan anda masih dapat dipergunakan dan dianggap sebagai tabungan yang aktif kembali.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang saldo minimum di bank, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank BCA
Kartu Kredit Danamon
Serba-Serbi Kartu Kredit Citibank
Kartu Kredit UOB
Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Bank Permata
Mau Punya Mobil? Ini Dia Cara Kredit Mobil di Bank
Apa Pertimbangan Bank ketika Akan Memproses KPR
Kartu Kredit BII Maybank
Step By Step Cara Mengajukan KPR di Bank
Anda Menabung di Bank? Ini Dia Ragam Biaya dan Potongan di Bank!


Bagikan Ke Teman Anda