Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Berniat Hidup Hemat? Simak Tips Berikut

Jaman sekarang, apa yang lumayan susah untuk dilakukan dibanding satu atau dua dekade lalu adalah hidup hemat. Mengapa demikian? Ini tak lain karena begitu banyak godaan untuk terus-menerus bersikap konsumtif, bahkan untuk suatu hal yang sifatnya primer sekalipun. Hidup sehat, misalnya, tidak lagi menjadi suatu hal yang alami, namun sudah menjadi gaya hidup – terutama bagi mereka yang hidup di perkotaan. Namanya juga gaya hidup, ada banyak biaya yang harus dibayar untuk memenuhinya.

Tapi, tak perlu khawatir. Bukan hanya Anda yang berkeinginan untuk mengerem pengeluaran. Ada banyak alasan untuk itu. Mulai dari nilai mata uang yang terus turun, menabung untuk masa depan anak-anak, melunasi hutang, mencicil rumah atau kendaraan, hingga agar bisa jalan-jalan bersama keluarga.

Bagi Anda yang niat berhemat, berikut adalah beberapa jalan keluarnya:

1. Cerdas memilih lokasi rumah

Salah satu hal yang cukup penting adalah lokasi rumah. Hidup di pinggiran kota kerap kali lebih menguntungkan secara ekonomis karena harganya relatif lebih murah. Selain itu, udaranya sedikit terbebas dari polusi dan harga barang kebutuhan rumah tangga lebih kompetitif dibanding hidup di pusat kota. Keunggulannya lagi, Anda bisa hidup dengan ‘normal’ karena rumah yang jauh dari pusat kota kebanyakan memiliki halaman ekstra sehingga Anda tidak terkungkung di dalam ruangan saja.

2. Berhenti belanja secara daring

Keberadaan toko daring sangat membantu mereka yang membutuhkan keberadaannya. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti kegunaan toko daring. Padahal, jika dibandingkan dengan toko konvensional, berbelanja secara demikian lebih mahal. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda berbelanja secara daring jika diperlukan saja.

3. Menyusun daftar untuk 30 hari

Salah satu solusi terbaik dari terjebak hidup boros adalah menyusun daftar untuk 30 hari ke depan. Tentu saja, kondisi darurat tidak termasuk dalam daftar ini. Misalnya, membeli obat atau memeriksakan diri ke dokter. Di luar itu, akan lebih baik jika Anda merencanakan untuk 30 hari ke depan apa saja yang hendak Anda beli, menu apa yang akan dimasak, kapan harus servis kendaraan, berapa liter bensin untuk setiap harinya. Bahkan, Anda bisa menentukan kapan harus membeli pulsa ponsel. Bagi sebagian orang cara ini amat ketat. Tapi, percaya lah. Cara ini sangat membantu.

4. Mencari hiburan gratisan atau murah

Hiburan tak harus mahal. Ada banyak hiburan murah nan gratis di luar sana. Tapi, kalau Anda memandang hiburan itu haruslah dalam bentuk pergi ke bioskop atau nongkrong di kafe, itu artinya Anda belum siap dengan hiburan gratisan. Alih-alih nonton di bioskop untuk menikmati film terbaru, YouTube tersedia 24 jam bagi Anda. Cukup hunting film di sana. Anda juga bisa unduh secara gratis.

5. Naik kendaraan umum

Ini merupakan solusi terbaik bagi mereka yang hidup di perkotaan. Tidak hanya menghemat tenaga, kendaraan umum juga mengurangi pengeluaran Anda untuk urusan transportasi. Apa yang perlu Anda perhatikan hanyalah kapan bus atau kereta terdekat berangkat, atau trik agar tidak terjebak keramaian angkutan umum. Selebihnya, Anda tak perlu pusing dengan biaya bensin yang membludak, tagihan parkir dan juga hadangan pak ogah di persimpangan yang Anda lewati.

6. Memasak di rumah

Ketimbang memaksakan makan malam ala sinetron, mengapa tidak memasak bareng istri Anda di rumah? Selain lebih romantis, menghemat dan semakin mempererat hubungan, bukan? Begitu pula dengan makan siang. Ketimbang Anda setiap jam istirahat siang terburu-buru mencari makanan, mengapa tidak membawa bekal dari rumah? Selain lebih sehat, tidak ada yang lebih nikmat ketimbang makanan istri, loh.

7. Berhenti menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bukan barang jahat, lho, karena bisa digunakan untuk kebaikan juga. Namun, tak bisa dipungkiri kalau kartu kredit memancing orang untuk konsumtif, terus-menerus membeli barang. Permasalahannya tak berhenti di sini. Ketika Anda menggunakannya dan tidak membayar tagihan bulanan secara teratur, biayanya semakin membengkak karena bunga itu sendiri.

8. Tidak memelihara binatang piaraan

Binatang piaraan memang lucu dan menggemaskan. Tapi, mereka juga mahal dan memancing biaya ekstra – terutama kalau mereka sakit. Jika Anda kebetulan bisa menghindari punya binatang piaraan, lakukanlah.

9. Mengganti rekening bank

Jika Anda awas, ada bank-bank tertentu yang mengenakan charge terlampau mahal dibanding bank lain. Padahal, fasilitas yang Anda butuhkan paling banter hanyalah transfer uang; itupun dapat Anda lakukan secara manual ke bank. Jadi, mengapa tidak beralih mengganti rekening ke bank yang mengenakan fee-based income sedikit rasional?

10. Memanfaatkan loyalty program

Program semacam ini banyak yang memberlakukan, mulai dari maskapai penerbangan hingga es krim merek tertentu. Biasanya mudah. Setiap kali Anda membeli produk mereka, Anda diberi stamp atau poin. Ketika mencapai berapa stamp atau poin tertentu, Anda akan mendapatkan reward khusus. Ini sangat membantu, karena Anda akan terpancing untuk mengerem pengeluaran demi mendapatkan reward tersebut; entah jalan-jalan atau bahkan berwisata bersama keluarga. Menarik, bukan?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips hidup hemat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa Beda antara Pelit dan Hemat?
Inilah Penyebab Orang Mengalami Kegagalan dalam Hidup
Ajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Hikmahnya
Orang Kaya Lebih Hemat Daripada Orang Miskin
Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?
Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling
Stop Boros! Tanyakan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Suatu!
Tip Hidup Hemat dan Tidak Boros
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Apakah Kita Hidup untuk Uang?


Bagikan Ke Teman Anda