Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Biaya Tambahan yang Bisa Anda Hemat

Banyak cara yang dilakukan seseorang agar menjadi kaya. Mulai dari memiliki bisnis startup yang berhasil, memiliki bisnis yang besar, hingga jeli melihat celah investasi seperti saham dan obligasi. Namun bagaimana cara orang kaya tersebut mempertahankan kekayaan mereka, itu lain lagi. Berapa banyak kita temui orang tersohor dinyatakan bangkrut hanya karena mereka tidak bisa mengelola keuangan mereka selagi mereka kaya. Jika anda perhatikan, sebagian orang yang sungguh-sungguh kaya cenderung tidak mau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang mereka anggap tidak perlu. Ketika Bill Gates tampil sangat sederhana dalam setiap kesempatan, Mark Zuckerberk bahkan memakai pakaian yang tampaknya itu-itu saja. Menarik bukan?

Banyak orang kemudian tertarik untuk menjadi kaya, dan mereka ingin memulainya dengan memikirkan mulai dari hal yang besar. Hal ini tak mengapa jika anda memiliki modal yang besar pula. Padahal sebenarnya mereka bisa memulainya dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Misalnya dengan mengubah kebiasaan mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai biaya-biaya yang tak perlu. Jika anda bingung biaya-biaya apa saja yang masuk dalam kategori ini, berikut kami tuliskan beberapa point untuk anda pertimbangkan.

Biaya Denda Berbagai Iuran

Anda perlu memiliki schedule yang akurat, disiplin yang tinggi, bahkan kalau perlu reminder di ponsel anda agar anda sebisa mungkin menghindari keterlambatan berbagai iuran bulanan seperti listrik, air, asuransi dan lainnya. Jika memungkinkan, anda bisa mengatur pembayaran secara otomatis melalui Bank anda untuk tagihan-tagihan yang besarannya tetap agar anda tidak terlambat membayar. Membayar denda untuk keterlambatan tentu sia-sia. Dan meskipun denda keterlambatan ini tak seberapa, namun tetap saja jumlahnya menjadi signifikan jika anda terus menerus terlambat dalam membayar iuran apapun.

Biaya Tabungan Minimum

Perbankan di Indonesia cenderung mengenakan biaya tambahan jika tabungan anda berada di nilai minimum. Dan jika anda tidak berusaha untuk menambah saldonya, biaya ini nantinya akan di debet secara otomatis dari tabungan anda hingga saldo tabungan anda habis, lalu bank akan menutup tabungan anda secara otomatis.

Daripada anda mengalami kerugian yang tak perlu, lebih baik jika tabungan anda memiliki nominal yang kecil, anda menabung di rumah saja. Atau anda cari tabungan yang memang tidak memiliki nilai nominal minimum dan bebas biaya administrasi sehingga anda tetap dapat menyimpan uang di Bank tanpa takut tabungan ditutup meski saldo anda minimum.

Denda Hotel

Sementara di Indonesia denda pembatalan hotel dan denda check-in lebih awal pada umumnya akan dikenakan pada individu yang memesan melalui aplikasi dengan deposit atau untuk korporasi yang memesan kamar dalam jumlah yang banyak, bayangkan jika ini terjadi jika anda sedang dinas atau berlibur ke luar negeri. Denda pembatalan akan dibebankan kepada anda dalam bentuk kurs dollar. Mengerikan bukan?

Ketika anda menginap di hotel, anda juga perlu memperhatikan apakah ada biaya-biaya tambahan lainnya seperti fasilitas wi-fi yang berbayar, kolam renang yang berbayar, atau makanan kecil yang sangat mahal yang tersedia dalam kulkas di kamar hotel anda. Sebisa mungkin hindari biaya-biaya tambahan ini karena toh sebenarnya mereka tidak sebegitu perlunya dan anda bisa mendapatkannya dengan cara yang lebih murah.

Biaya Pesawat Terbang

Jangan senang dulu jika anda mendapatkan tiket pesawat terbang Low Cost Carrier (LCC) dengan harga yang murah. Hal ini karena umumnya biaya yang dikenakan pada anda belumlah all in. Sebelum memesan hendaknya anda menyelidiki terlebih dahulu apa saja fasilitas tambahan yang berbayar. Ada maskapai Low Cost Carier yang meminta tambahan biaya jika anda membawa bagasi, memesan makanan dari website, memesan minuman dari website, atau memilih posisi duduk tertentu.

Jika ternyata biaya tiket dan berbagai biaya tambahan ini tak dapat anda hindari, coba lihat total nominalnya. Lalu bandingkan dengan biaya pesawat full service yang juga memiliki tiket promo pada saat-saat tertentu dan tetap all in tanpa menggunakan biaya tambahan. Jika memang nominalnya tak jauh berbeda, bukankah lebih baik jika anda mengambil pesawat yang full service saja?

Biaya ATM

Siap-siap ketika menggunakan mesin ATM yang berasal bukan dari mesin ATM bank anda, anda akan dikenai biaya administrasi tambahan. Jika sekali menarik di ATM bank lain dikenakan biaya Rp.5000 rupiah, maka 10 kali anda menarik uang di ATM tersebut anda sudah kehilangan lima puluh ribu rupiah untk hal yang sebenarnya bisa anda hindari. Sebisa mungkin hindari mengambil di mesin ATM Bank lain dengan cara survei terlebih dahulu mengenai lokasi mesin ATM Bank anda, sehingga anda tidak perlu dikenakan biaya tambahan.

Biaya Pembayaran Secara Cicilan atau Kredit

Membeli barang secara kredit memang terkadang melegakan, namun tahukah anda secara keuangan sebenarnya anda rugi? Rugi karena anda harus membayar sejumlah bunga yang terkadang besaran jumlahnya bisa mencapai tiga perempat dari harga barang yang anda beli. Sehingga selama masih memungkinkan, membeli barang secara tunai sebenarnya lebih baik. Jika memang tidak ada cara lain selain mencicil, maka anda bisa mengambil tenor kredit yang pendek agar uang anda tidak terlalu banyak keluar untuk membayar bunga.

Biaya Kartu Kredit

Jika anda ingin memiliki kartu kredit, maka anda harus mempertimbangkan apakah anda benar-benar memerlukannya. Selain banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, sesungguhnya Credit Card membebankan anda cukup banyak biaya. Mulai dari biaya administrasi tahunan, biaya administrasi ketika anda melakukan pembayaran dalam mata uang asing, biaya materai, dan biaya-biaya lainnya yang perlu anda antisipasi.

Sehingga sebelum menandatangani untuk meminta sebuah kartu kredit pada bank anda, anda harus mengetahui secara seksama apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan, dan apa saja biaya yang harus anda keluarkan. Lalu perkirakan apakah besaran biaya itu cukup berharga dengan keuntungan yang anda dapatkan? Jika tidak, tampaknya anda harus puas dengan kartu debit saja .

Memperhatikan kebiasaan anda dalam mengelola keuangan sangat menguntungkan. Sebenarnya ada banyak biaya yang bisa anda hemat dan anda alihkan ke hal-hal yang lebih penting. Jika anda konsisten melakukannya anda pasti tercengang dengan banyaknya nominal yang bisa anda hemat. Jadi, apakah anda sudah siap untuk menjadi kaya?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang biaya tambahan yang bisa Anda hemat, semoga bermanfaat.



Anda Menabung di Bank? Ini Dia Ragam Biaya dan Potongan di Bank!
Rahasia Orang-orang yang Berhasil Berhemat dalam Jumlah Banyak
Beberapa Biaya yang Tidak Perlu & Bisa Kita Hindari
Ingin Punya Uang Lebih? 8 Biaya Ini Wajib Dihindari
Apa itu Biaya Overhead? Cara Menghitung Biaya Overhad?
5 Cara Ampuh Berhemat Saat Berwisata dengan Keluarga
Inilah Limit Serta Biaya Beberapa Bank di Indonesia
Berikut Tips Menghemat Listrik
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Perhitungan THR Karyawan (Tunjangan Hari Raya)


Bagikan Ke Teman Anda