Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bila Nasabah KTA Meninggal Dunia, Lantas Hutangnya Bagaimana?

Tak bisa dipungkiri bila pinjaman KTA bisa jadi sebuah solusi di tengah meningkatnya kebutuhan akan dana tunai, terlebih ketika tak memerlukan adanya jaminan sebagai agunan. Hal ini akan membuat seseorang akan mudah tergiur untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

Namun hal ini terkadang menimbulkan masalah baru ketika nasabah tersebut mengalami hal yang tidak terduga, seperti nasabah tiba–tiba mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh ahli warisnya, bagaimana hutangnya?

Seringkali banyak keluarga yang merasa kebingungan ketika keluarganya meninggal dan ternyata mewariskan utang. Bila nominal hutang yang ditinggalkan terbilang besar tentu hal ini akan sangat membebani.

Bagaimana pun juga, hutang tetaplah sebuah kewajiban yang harus dilunasi, sekalipun meskipun sang pemilik hutang telah meninggal dunia.
Hal inilah yang mendorong setiap bank pemberi pinjaman akan mewajibkan setiap nasabah untuk ikut asuransi yang disertakan setiap kali permohonan kredit baru telah disetujui.

Setiap pinjaman sejatinya memiliki banyak resiko, karenanya asuransi cukup penting peranannya demi kepentingan bank dan nasabah itu sendiri. Terutama jika terjadi sesuatu yang tak diduga sehingga menyebabkan pinjaman sulit dibayarkan terlebih ketika nasabah meninggal dunia.

Ini yang Perlu Dilakukan:

  • Mendatangi Bank Pemberi Pinjaman

Ketika nasabah penerima pinjaman KTA meninggal dunia dan diketahui bahwa masih terdapat pinjaman yang belum terselesaikan maka pihak keluarga nasabah harus mendatangi kantor bank yang memberikan pinjaman tersebut.

Konfirmasikan pada pihak bank bahwa nasabah tersebut telah meninggal dunia, bawa serta surat keterangan yang mendukung. Misalya surat kematian yang dikeluarkan dari pihak terkait.

  • Konfirmasikan Nilai Sisa Pinjaman

Setelah memberitahukan bahwa nasabah tersebut meniggal dunia pada pihak bank, selanjutnya konfirmasikan berapa nilai sisa pinjaman yang masih dimiliki. Hal ini berguna supaya pihak keluarga bisa mengetahui dengan pasti nilai pinjaman yang masih tersisa dan langkah selanjutnya.

Warisan yang jatuh pada ahli waris tak hanya semata berkenaan dengan harta saja, namun juga hutang piutang yang dimiliki oleh seseorang yang telah meninggal. Karenanya nilai sisa pinjaman wajib diketahui agar ahli waris juga mengetahui kewajiban hutang yang diterima.

  • Ketahui Dengan Pasti Apakah Pinjaman Diasuransikan

Setelah mengetahui nilai sisa pinjaman, cari tahu apakah pinjaman KTA yang dimiliki oleh nasabah tersebut telah dicover asuransi ataukah tidak. Hal ini supaya jelas, apakah nantinya ahli waris harus melunasi pinjaman yang ditinggalkan ataukah tidak.

Seperti yang sudah djelaskan bahwa asurasi biasanya dikenakan pada setiap nasabah baru yang fungsinya untuk menjaga supaya nasabah maupun pihak bank tidak mengalami kerugian yang disebabkan oleh hal – hal yang tidak terduga.

Dan bila pinjaman sudah diasuransikan, maka pinjaman akan secara otomatis lunas karena sudah dicover asuransi sepenuhnya. Lain halnya jika pinjaman tidak diasuransikan, maka ahli waris memiliki kewajiban untuk memenuhi tanggung jawab melunasi pinjaman sesuai dengan sisa pinjaman yang masih dimiliki.

Lakukan Antisipasi

Mendapatkan pinjaman tanpa diharuskan memberikan barang jaminan atau agunan memang sekilas memberikan solusi jitu mendapatan dana ditengah kondisi krisis keuangan. Namun perhatikan apakah kelebihannya lebih banyak jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikannya.

  1. Lakukan beberapa hal untuk mengantisipasi agar hutang yang dimiliki nantinya tak membebani keluarga tercinta ketika kita telah meninggal dunia. Sebagaimana berikut diantaranya.
  2. Sebelum mengajukan pinjaman sesuaikan kemampuan, agar ketika sewaktu – waktu terjadi hal yang tak terduga keluarga tidak akan terbebani dengan warisan hutang yang seharusnya tidak perlu.
  3. Sesuaikan kebutuhan dan gunakan pinjaman dengan tepat guna, agar dana yang didapat dari pinjaman bank tidak terbuang percuma dan lebih bernanfaat bagi keluarga, serta bukan untuk hal–hal yang bersifat konsumtif dan pemborosan yang sia-sia.
  4. Pilih pinjaman yang memberikan jaminan keamanan terutama mengenai asuransi yang nilainya disesuaikan dengan nilai pinjaman, agar bisa menjadi jaminan ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga.
  5. Lakukan perlindungan diri, misalnya dengan membekali diri dengan asuransi jiwa tambahan. Hal ini dirasa cukup efektif terutama ketka memiliki hutang di bank dengan nilai nominal yang besar dan tidak memiliki jaminan asuransi yang memadai.

Bila perlu jangan mengajukan pinjaman yang tingkat urgensinya tidak seberapa, karena perlu diketahui bahwa pinjaman jenis KTA memiliki banyak sisi negatif yang memberatkan pihak nasabah misalnya bunga yang cenderung tinggi.

Hutang bagaimanapun bentuknya, tetap merupakan sebuah kewajiban untuk dikembalikan atau dilunasi meski seseorang yang memiliki hutang telah meninggal dunia. Karenanya kelola keuangan dengan baik agar tak meninggalkan warisan hutang pada keluarga.

Dan ketika hutang menjadi sebuah kebutuhan yang bisa jadi alternatif bantuan disaat kondisi krisis sedang melanda keuangan, maka selalu lindungi diri dengan asuransi yang tepat agar hutang terjamin dan keluarga jauh dari beban.

Akhirnya, bijak dalam mengelola keuangan menjadi sebuah hal yang penting bagi kehidupan agar nantinya baik diri sendiri maupun keluarga tidak jatuh dalam jeratan hutang yang tak kunjung berakhir, terlebih setelah meninggal dunia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hutang nasabah KTA yang meninggal dunia, semoga bermanfaat.



Kerugian Mengambil Pinjaman KTA
Tips Mengajukan KTA bagi Karyawan Kontrak
Cara Melunasi Tunggakan KTA
Karyawan Lebih Berpeluang Dapat KTA Dibanding Pengusaha, Benarkah?
Cara Mengatasi Kredit Macet KTA (Kredit Tanpa Agunan)
Mengapa Aplikasi KTA Ditolak? Apa Sebabnya?
Kredit Tanpa Agunan Bank Danamon
Kredit Tanpa Agunan HSBC, Apakah Benar Menguntungkan?
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Tips Mengambil KTA Agar Tidak Macet Membayar Cicilan


Bagikan Ke Teman Anda