Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Bisakah Membuka Tabungan tanpa NPWP?

Memiliki rekening tabungan sendiri merupakan hal yang jamak pada hari ini. Hampir setiap orang yang memiliki penghasilan atau punya keinginan untuk menabung memiliki tabungan. Sudah bukan zamannya lagi menyimpan uang di bawah bantal, bukan?

Nah, pentingnya memiliki tabungan saat ini dapat dilihat dari kebutuhan masyarakat akan produk perbankan yang ditawarkan, mulai dari yang bentuknya tabungan hingga investasi. Memiliki rekening tabungan tentu akan membuka jalan bagi Anda untuk dapat menyimpan uang, belajar mengaturnya, hingga belajar berinvetasi.

Namun salah satu syarat yang biasanya disertakan bila seseorang ingin membuka tabungan adalah adanya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sebelumnya mari kita simak sekilas tentang NPWP berikut ini.

Fungsi NPWP

Selain untuk memudahkan para Wajib Pajak mengurus segala hal yang berkaitan dengan pajak, NPWP juga memiliki fungsi lain, di antaranya adalah untuk persyaratan administrasi. Banyak proses administrasi yang mengharuskan seseorang untuk menyertakan NPWP yang dimilikinya.

Beberapa proses administrasi yang membutuhkan penyertaan NPWP adalah bila seseorang ingin:

  • Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Mengajukan aplikasi kartu kredit di bank
  • Membuat paspor
  • Membuat rekening tabungan
  • Mengajukan kredit ke bank
  • Membuat rekening koran
  • Berinvestasi berupa saham atau reksa dana perusahaan sekuritas milik pemerintah
  • dll.

Sedangkan bila Anda memiliki NPWP, maka Anda akan memiliki akses lebih terhadap produk yang ditawarkan oleh institusi perbankan, antara lain:

  • Membuka rekening tabungan
  • Membuka deposito
  • Pembuatan kartu kredit
  • Pengajuan Kredit tanpa Agunan (KTA)
  • Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
  • Investasi saham dan reksadana
  • Pengajuan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
  • dll.

Masih berkaitan dengan topik utama tulisan ini, NPWP juga termasuk dalam dalam salah satu dokumen yang turut disertakan saat akan membuka tabungan baru. Meski begitu, tidak semua bank memiliki kebijakan yang sama mengenai hal ini.

Ada yang mengharuskan calon nasabahnya untuk memiliki NPWP terlebih dahulu, ada pula yang mengizinkan calon nasabahnya untuk menggunakan NPWP orangtua atau pasangan, ada pula yang tidak mengharuskan calon nasabahnya untuk memiliki NPWP untuk membuka tabungan baru.

Meski begitu, sebenarnya aturan untuk menyertakan NPWP saat akan membuka rekening tabungan diatur dalam Pasal 14(2) Peraturan Bank Indonesia No. 14/27/PBI/2012 tentang “Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Bank Umum”.

Lantas mengapa ada bank yang syarat mengenai NPWP bisa dibilang lebih longgar ketimbang bank lain? Hal ini berkaitan dengan keinginan bank untuk menjaring nasabah sebanyak-banyaknya. Menjadikan NPWP sebagai syarat mutlak tentu akan membuat beberapa golongan calon nasabah melipir dari membuka tabungan di bank tersebut.

Apa sajakah golongan calon nasabah ini? Antara lain mereka yang tidak familier dengan NPWP hingga mereka yang merasa malas untuk mengurusnya. Terlebih ketika seseorang telah memiliki NPWP, otomatis ia kini menjadi seorang Wajib Pajak.

Salah satu kewajiban seorang Wajib Pajak adalah melaporkan jumlah kekayaan, membayarkan sejumlah pajak, menyetor pajak penghasilan, dll. Hal ini dianggap sebagai sebuah beban bagi sebagian orang sehingga membuat mereka semakin malas untuk mengurus NPWP.

Membuka Tabungan tanpa NPWP

Meski bila Anda bertanya pada bagian Costumer Service bank atau membaca serangkaian ketentuan pada website resmi bank tersebut tentang cara untuk membuka rekening tabungan, Anda akan selalu menemukan NPWP sebagai syarat yang telah ditentukan oleh bank, namun pada praktiknya, menyertakan NPWP tidaklah mutlak.

Menurut pengalaman calon nasabah yang Anda temui di internet, ada bank-bank yang tidak mewajibkan NPWP sebagai syarat pembukaan rekening tabungan antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan beberapa bank lainnya. Jenis tabungan yang akan dibuka juga memengaruhi apakah NPWP perlu disertakan atau tidak. Misalnya bila anak Anda yang ingin membuka tabungan pelajar atau mahasiswa, tentu mereka belum memiliki NPWP bukan?

Bila Anda berniat untuk membuka tabungan pada bank-bank tersebut dan tidak memiliki NPWP, Anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang lazim dibutuhkan oleh seseorang saat akan membuka rekening tabungan, yakni berupa membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), siapkan pula Kartu Keluarga (KK) untuk berjaga-jaga, dan uang dengan jumlah tertentu yang akan dijadikan setoran awal pada tabungan Anda nantinya serta untuk membeli materai bagi pengisian formulir.

Sebagian orang memang berhasil membuka tabungan di bank tanpa NPWP. Berdasarkan pengalaman yang mereka bagi melalui cerita, mereka hanya perlu mengisi formulir yang telah disediakan oleh bank, menyiapkan kartu identitas seperti yang telah kami sebutkan di atas tadi, dan menyerahkan sejumlah uang sebagai syarat setoran awal.

Bila ditanya perihal NPWP, mereka menjawab bahwa tidak memilikinya. Nah, keberhasilan kelancaran pembukaan tabungan tanpa NPWP ini bisa jadi bergantung pada letak bank, kantor pusat/cabang bank, serta status Anda saat ini. Bila Anda tinggal di daerah, bisa jadi perihal NPWP ini akan mendapat kelonggaran. Demikian pula bila Anda tidak bekerja atau merupakan ibu rumah tangga.

Terkadang menggunakan NPWP milik orangtua ada pasangan yang masih satu KK dengan Anda bisa menjadi solusi, tapi kebanyakan akan meloloskan pembuatan rekening bila Anda tetap tidak bisa menyediakan NPWP.

Demikian ulasan kami mengenai bisa atau tidaknya membuka tabungan tanpa NPWP. Semoga dapat memberi Anda sedikit pencerahan mengenai topik yang satu ini. Selamat menabung!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang membuka tabungan tanpa NPWP, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Syarat Membuat ATM Bank BCA dan Jenis Tabungan di BCA
Mana Tabungan Pendidikan Terbaik? CIMB Niaga, Danamon, atau BNI?
Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank
Tips Jitu Cara Mempersiapkan Tabungan Pensiun
Inilah Cara Menutup Rekening Tabungan Orang yang Meninggal
Cara Membuat Tabungan Pelajar dan Manfaatnya
Apa itu Tabungan Haji? Mengapa Penting Memilikinya?
15 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menyiapkan Tabungan Pensiun
Mengejutkan: Hanya 38% orang Amerika Punya Tabungan di atas $1,000
Rahasia Memiliki Tabungan untuk Masa Depan


Bagikan Ke Teman Anda