Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kerja Modus Ganjal ATM, Waspadalah! Waspadalah!

Keberadaan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang bisa mudah ditemui di berbagai pelosok kota, tak luput menjadi sasaran para penjahat. Dari mulai yang menjebol mesin ATM seperti laiknya menjebol lemari yang dikunci. Hingga modus mengganjal slot kartu ATM untuk kemudian menipu orang lain.

Cara ini paling lazim dilakukan para penjahat spesialis penipuan menggunakan mesin ATM. Mereka biasanya bekerja secara berkelompok, antara 3 sampai 5 orang. Tiga orang bertugas sebagai pihak yang seolah-olah menolong korban, sisanya yang akan menguras rekening korban ketika kartu ATM sudah diambil alih.

Aksi komplotan penjahat ini biasanya mengincar ibu rumah tangga atau mereka yang dinilai tidak paham dengan cara kerja mesin ATM. Modal para penjahat ini cuma batang korek api yang digunakan mengganjal lubang masuk dan keluar kartu ATM. Lokasi mesin ATM yang dijadikan target biasanya yang memang sering dikunjungi ibu rumah tangga.

Saat korban memasukkan kartu dan kemudian terganjal maka saat itulah para pelaku mulai menjalankan aksinya. Mereka langsung mengerubungi korban dan berpura-pura memberi bantuan. Saat korban lengah, kartu ATM miliknya ditukar oleh pelaku.

Kemudian para pelaku membantu korban untuk memasukkan kartu ATM yang sudah ditukar dan meminta korban untuk memasukkan PIN. Saat itulah, mereka mengintip PIN milik korban dan kemudian meneruskan informasi tersebut kepada rekannya yang sudah menerima kartu ATM milik korban.

Rekan pelaku segera mendatangi mesin ATM yang lain untuk kemudian menguras isi rekening korban. Hal ini harus segera dilakukan sebelum korban tersadar dan menghubungi pihak bank untuk memblokir kartu.

Kalaupun kode PIN dari kartu ATM korban gagal didapat, maka pelaku akan menyarankan untuk menghubungi call center palsu yang nomornya sudah ditempel di mesin ATM tersebut. Rekan pelaku yang bertindak seolah menjadi petugas call center akan membimbing pelaku untuk memasukkan kode PIN. Setelah mendapat PIN dari korban, mereka segera menguras rekening korban.

Ada modus yang mirip dengan masih mengandalkan teknik ganjal mengganjal tempat masuk dan keluarnya kartu ATM. Dalam trik kedua ini, kartu ATM bisa masuk tapi akan sulit untuk keluar. Seolah kartu ATM ditelan oleh mesin, padahal hanya terganjal saja.

Caranya pun mirip. Pelaku memasukkan tisu atau kertas yang sudah dilinting ke dalam lubang tempat masuk dan keluarnya kartu ATM. Saat korban memasukkan kartu dan selesai melakukan transaksi, kartunya ternyata tidak keluar dari mesin.

Saat itulah para pelaku mendatangi korban dan berpura-pura membantu. Dalam aksinya tersebut, pelaku meminta korban untuk memasukkan PIN dari ATM miliknya. Dalam kondisi panik, korban akan cenderung mengikuti arahan pelaku sehingga PIN bisa diketahui para penjahat ini.

Setelah mendapatkan PIN yang dibutuhkan, pelaku pun meyakinkan korban bahwa kartunya tertelan dan menganjurkan untuk menghubungi pihak bank keesokan harinya. Ketika korban menurut dan kemudian pergi, pelaku segera melepas ganjalan dan menguras isi rekening korban tanpa sisa.

Trik Ganjal ATM Berinovasi

Perkembangan teknologi juga diikuti oleh para penjahat spesialis mesin ATM ini. Entah dari mana sumber pengetahuan yang didapat, yang pasti ada modus lain pengganjalan yang juga digunakan untuk menguras isi ATM. Modus ini relatif tidak menguras isi rekening orang lain.

Pihak yang menjadi korban dalam aksi pembobolan ini adalah bank yang mengoperasikan ATM tersebut. Modusnya menggunakan teknik dasar mengganjal. Bedanya, yang diganjal bukan tempat masuk dan keluarnya kartu, tapi slot tempat keluar uang.

Alat-alat yang digunakan para komplotan ini sedikit lebih banyak dibanding teknik konvensional. Modalnya adalah kartu ATM Gold yang punya limit transaksi tinggi, batang korek api, dan tiga digit kode rahasia. Dengan menggunakan ketiga alat tersebut, uang di dalam ATM bisa diambil tanpa mengurangi saldo rekening pelaku.

Lokasi ATM yang jadi target bisa di mana saja, tapi cenderung di tempat sepi dan bukan di dekat bank. Mereka memasukkan kartu seperti halnya akan melakukan transaksi dengan menekan tombol untuk penarikan uang.

Saat mesin ATM sudah mulai menghitung uang yang diminta, diiringi bunyi putaran mesin, pelaku segera menekan tiga digit kode yang sudah disiapkan. Pelaku pun kemudian mengambil uang seperti biasa.

Saat mengambil uang, tangan pelaku juga menyelipkan batang korek api untuk mengganjal bibir tempat keluar uang. Uang yang masih tersangkut di dinding mesin ATM pun bisa dia ambil sedikit demi sedikit.

Untuk bisa melakukan modus ini, pelaku biasanya menarik uang dengan jumlah maksimal dalam satu kali penarikan. Ini dimaksudkan agar bibir mesin ATM bisa terbuka lebih lebar yang cukup untuk menyelipkan batang korek api.

Namun, kode rahasia tersebut ternyata hanya bisa dipakai di mesin ATM tertentu. Untuk mesin ATM jenis baru, kode rahasia tersebut tidak berfungsi. Itulah yang kemudian membuat para pelaku modus pengganjalan ATM ini bisa dibekuk di Tangerang akhir tahun lalu.

Saat Anda mengalami masalah di mesin ATM, jangan pernah percaya dengan instruksi dari orang yang tidak dikenal. Sebaiknya segera hubungi petugas melalui call centre asli dan jangan tinggalkan mesin ATM sebelum Anda mendapatkan kepastian nasib kartu ATM Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara kerja modus ganjal ATM, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Waspada Uang Palsu! Ini Dia Modus dan Cara Mengedarkan Uang Palsu!
Syarat Membuat ATM Bank BCA dan Jenis Tabungan di BCA
Kalau ATM Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?
Contoh Modus Penipuan dengan ATM dan Mandiri E-CASH
Jika Kartu ATM Sudah Expired, Apa yang Harus Dilakukan?
Ini Dia Jenis ATM Mandiri & Syarat Membuat ATM Mandiri
Seluk-beluk Modus Money Laundering
Mendapat Uang Palsu di ATM? Apa yang Harus Dilakukan?
Tarik Tunai ATM tapi Uang Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya!
Akal Bulus Modus Perusahaan Pelunasan Kredit


Bagikan Ke Teman Anda