Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kredit Emas di Pegadaian dan Keuntungannya

Kredit emas merupakan salah satu produk keuangan favorit kebanyakan orang di masa kini, dikarenakan kredit emas memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan produk keuangan lainnya. Hingga saat ini, ada banyak tempat untuk melakukan kredit emas, termasuk Pegadaian.

Artikel ini akan membahas mengenai keuntungan melakukan kredit emas di Pegadaian yang dapat diperoleh. Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, artikel ini juga akan membahas mengenai cara-cara yang perlu diperhatikan mulai dari persiapan dokumen hingga mengambil logam mulia atau emas di akhirnya, sebagai berikut:

Keuntungan Kredit Emas di Pegadaian

1. Tidak Perlu Pusing Dana

Emas merupakan komoditas yang bernilai tinggi dan bersifat “selamanya”, yang berarti harganya akan selalu naik dengan stabil. Sebagai imbasnya, biaya untuk menabung emas secara tunai dapat menjadi tinggi.

Hal yang sama tidak akan kita jumpai saat melakukan kredit emas di Pegadaian, mengingat kredit emas sangat cocok bagi mereka yang ingin menghemat biaya. Dengan melakukan kredit emas di Pegadaian, kita tidak perlu pusing soal ketersediaan dana untuk investasi atau menabung karena kita memiliki jaminan emas.

Jaminan emas di Pegadaian merupakan jaminan yang fleksibel mengenai biaya. Dengan menjaminkan emas saat melakukan kredit emas, kita akan mampu menggadaikan kembali emas yang sama kalau-kalau pada waktu-waktu tertentu kita tidak punya cukup uang untuk mencicil kredit emas. Penggadaian kembali semacam ini tidak akan ditemui dalam menabung emas secara manual atau tunai, sehingga menjadi keunggulan tersendiri bagi kredit emas di Pegadaian.

2. Cocok untuk Orang-Orang Berjiwa Konservatif

Dalam artikel sebelumnya, disebutkan Pegadaian merupakan institusi khusus pegadaian emas yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Produk keuangan yang ada kaitannya dengan pemerintah Indonesia cenderung memiliki tingkat risiko yang rendah, sehingga cocok untuk orang-orang yang suka main aman atau tidak suka mengambil risiko tinggi.

Sebagai tambahannya, Pegadaian merupakan tempat yang paling dijamin aman oleh pemerintah untuk menggadaikan emas, mengingat standar penyimpanannya yang sudah sesuai dengan standar penyimpanan emas. Keamanan penyimpanan emas di Pegadaian ini ditambah lagi dengan kelebihan lain kredit emas Pegadaian yang menguntungkan orang-orang berjiwa konservatif, yakni jaminan saat ada kebutuhan yang urgent atau mendesak.

Porsi nilai maksimal pinjaman yang tinggi memungkinkan si konservatif yang tidak suka risiko untuk mengambil pinjaman atau kredit emas dalam jumlah tinggi, di mana jumlah plafond kredit emas yang tinggi ini akan membuat mereka mampu menyiapkan dana darurat sedini mungkin. Ditambah lagi, emas yang memiliki garansi resmi pemerintah sangat kuat dan terjamin, sehingga akan membuat jiwa orang-orang yang risk-averse ini lebih aman dan tentram.

Cara Melakukan Kredit Emas di Pegadaian

1. Menyiapkan Kelengkapan Dokumen dan Emas Batangan

Beruntunglah kita yang ingin melakukan kredit emas di Pegadaian, karena syaratnya sangat mudah dibandingkan produk-produk keuangan lainnya. Adapun syarat administrasi yang harus dipenuhi di awal adalah syarat dokumen dan emas batangan.

Mengingat kredit emas merupakan produk perbankan dari pemerintah Indonesia, maka seharusnya fotokopi KTP sebagai bukti kewarganegaraan yang sah menjadi syarat dokumen utama kredit emas di Pegadaian. Jangan lupa, fotokopi identitas lain seperti KK atau akta nikah juga kita perlukan di samping bolpen untuk mengisi formulir aplikasi yang disediakan pihak Pegadaian.

Jangan salah membawa emas sebagai syarat kelengkapan “dokumen”, karena itu pastikan emas yang kita bawa sudah sesuai standar. Selain itu, bila mengacu pada peraturan yang dibuat Pegadaian terkait kredit emas, emas mulia yang harus dibawa minimal berberat 5 gram. Akan lebih baik apabila emasnya adalah emas Antam, mengingat jenis emas ini yang mudah dikenali oleh Pegadaian sebagai pihak yang menyimpan emas kita.

Setelah kita memastikan membawa dokumen dan emas yang benar, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan uang untuk membayar cicilan kredit emas yang kita lakukan pada Pegadaian.

2. Bayar dan Ambil Cicilan Kredit Emas Sesuai Proses Masing-masing Tipe Kredit Emas

Sebagaimana produk cicilan lainnya, kredit emas tidak dapat langsung dibayarkan begitu saja. Alih-alih, kita perlu mempertimbangkan uang muka yang harus kita persiapkan dan jangka waktu yang hendak kita ambil agar cicilan emas menjadi sesuatu yang menguntungkan kita untuk jangka panjang.

Sesuai peraturan Pegadaian, uang muka yang ditetapkan sebesar minimal 10% atau 20%, tergantung dari jenis pembiayaan kredit emas masing-masing. Pembiayaan logam mulia umum mengharuskan kita untuk membayar uang muka minimal 20%, sementara untuk jenis pembiayaan kredit emas kolektif atau arisan memiliki uang muka minimal 10% yang harus dibayarkan.

Jangka waktu pembayaran juga perlu diperhitungkan, mengingat banyak orang yang gagal bayar dalam mencicil emas karena tidak dapat menetapkan jangka waktu yang tepat untuk penghasilannya masing-masing. Normalnya, jangka waktu pembayaran kredit emas mulai dari 3 bulan baik itu untuk jenis umum maupun kolektif. Untuk cicilan kredit emas arisan agak spesial, mengingat jumlah orang menjadi pertimbangan dalam penentuan jangka waktu pembiayaan.

Setelah selesai menunaikan kewajiban kita untuk mencicil emas, kita dapat mengambil logam mulia begitu cicilan sudah kita bayar lunas, di mana kita dapat melakukan ini saat mengambil pembiayaan cicilan kredit umum atau kolektif. Sebaliknya, saat pembiayaan cicilan dilakukan secara arisan, logam mulia atau emas baru dapat diambil saat pelunasan cicilan kedua (untuk uang muka 10%) atau pertama untuk yang membayar uang muka sebesar 15%.

Kesimpulannya, supaya keuntungan mencicil kredit emas di Pegadaian untuk orang-orang konservatif dapat diperoleh tanpa harus memusingkan ketersediaan dana, kita perlu memperhatikan cara-cara atau prosedur yang benar terkait cicilan kredit emas di Pegadaian, yang meliputi persiapan kelengkapan dokumen hingga membayar cicilan dan mengambil logam mulia atau emas yang menjadi hak kita. Jadi, siapkah Anda melakukan kredit emas di Pegadaian?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara kredit emas di pegadaian dan keuntungannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Berikut Cara Gadai BPKB Kendaraan di Pegadaian
Gadai Abal-abal di Pinggir Jalan
Step by Step Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian
Tip Sederhana untuk Berhemat
Pilih Mana Kartu Kredit vs Kartu Debit?
Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)?
Alasan Buruk Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Pentingnya Disiplin dalam Hidup


Bagikan Ke Teman Anda