Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Kredit Handphone Tanpa Kartu Kredit

Di artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai cara melakukan pembayaran cicilan tanpa harus menggunakan kartu kredit. Cara-cara tersebut ada yang dapat diterapkan pada benda-benda besar nan berat yang memang seharusnya dan sepantasnya untuk dicicil, ada yang juga dapat diterapkan untuk mencicil barang “mewah bergerak”, ada juga yang lebih fleksibel dan dapat diterapkan tanpa memandang barang apa yang dicicil.

Untuk barang “mewah bergerak” ini istimewa, di mana pengertian “mewah bergerak” adalah barang kebutuhan tersier (atau mewah) apapun yang mudah dibawa ke mana-mana. Salah satu barang “mewah bergerak” yang dapat dicicil atau dibayar kredit adalah handphone.

Berbicara soal kredit handphone, sebenarnya banyak yang melakukannya. Namun, banyak juga yang penasaran cara mengkredit handphone tanpa kartu kredit. Agar tidak penasaran lagi, berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk mengkredit handphone tanpa kartu kredit:

1. Kredit Langsung Kepada Penjual

Cara manual-konvensional ini dapat kita lakukan untuk melakukan kredit handphone secara cepat tanpa kartu kredit. Asalkan kita mengenal penjualnya atau ada komunikasi yang baik dengan penjual, kredit handphone pun akan lancar meskipun tidak menggunakan kartu kredit.

Cara penerapannya, katakanlah Anda berjanji membayar handphone dengan mencicil secara cash (Catatan: banyak orang yang melakukan hal ini, jadi saya memutuskan untuk menjadikannya dalam 1 kalimat). Anda juga sudah sepakat dengan penjual mengenai periode yang tepat untuk jatuh tempo cicilan. Untuk menghindari kecurigaan karena penjual bisa saja salah atau tidak mau menghitungkan bunganya, kita dapat menghitung bunga dengan rumus anuitas sebagai berikut:

di mana:

PV = Present Value atau nilai keseluruhan cicilan handphone saat ini

FV = Future Value atau nilai total cicilan handphone saat jatuh tempo

i = Interest atau bunga yang harus dibayar

n = Periode hingga jatuh tempo yang telah disepakati bersama dengan penjual handphone

Untuk menghitung bunga yang terutang pada cara ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui nilai keseluruhan cicilan yang harus dibayar sekarang, nilai total cicilan yang akan kita keluarkan mulai dari masa cicilan pertama sampai saat jatuh tempo, dan periode yang telah disepakati.

Meskipun cara ini agak kompleks, siapa sangka, cara kredit handphone tanpa kartu kredit satu ini paling banyak dipakai orang-orang? Lagipula, berdasarkan pengalaman saya, tingkat pengembalian uang dengan cara kredit handphone seperti ini sangat tinggi dan akurat.

2. Meminjam Ke Perusahaan Keuangan

Inilah cara manual yang paling populer bagi orang-orang tukang bayar kredit handphone yang tidak memiliki kartu kredit. Dalam artikel sebelumnya, kita telah mengetahui adanya beberapa perusahaan jasa keuangan yang “menjual” fasilitas peminjaman seperti ini.

Untuk handphone adalah hal peminjaman yang spesial. Banyak perusahaan keuangan saat ini tidak hanya sekedar meminjamkan sejumlah uang dengan memberitahu syarat dan ketentuan serta bunga yang harus dibayar bersama angsuran untuk membeli handphone keluaran terbaru, namun juga menawarkan pilihan cicilan tanpa kartu kredit lewat “pintu” pegadaian.

Dari kita maupun orang-orang yang menggadaikan barang, termasuk handphone, kita akan mendapatkan sejumlah uang. Yang lebih menarik dari pegadaian ini adalah suku bunganya yang kompetitif dibandingkan ketika kita meminjam uang di bank atau lewat rentenir.

3. Mengajukan Pinjaman Secara Online

Barangkali, cara yang saat ini juga menjadi kian populer di kalangan netizen satu ini merupakan cara yang paling ampuh dalam mengajukan pinjaman berupa kredit handphone tanpa harus memiliki kartu kredit.

Pada bahasan artikel sebelumnya, kita telah mengenal berbagai persyaratan dokumen untuk mengajukan pinjaman atas barang mewah “mudah bergerak” seperti handphone. Sebagai tambahannya pada bahasan kali ini, kita dapat mengacu pada situs-situs peminjam yang bekerja sama dengan berbagai marketplace online seperti Blibli untuk mengajukan pinjaman kredit handphone dengan suku bunga ataupun promosi harga yang kompetitif saat belanja online.

Sebenarnya, peminjaman kredit tanpa kartu kredit juga dapat dilakukan dengan meminjam kepada bank. Namun setelah saya pikir-pikir lagi, rasanya aneh kalau meminjam uang ke bank demi sebuah handphone yang ukurannya kecil dibandingkan motor, mobil, atau rumah.

Karena itu, ketiga cara di atas, yakni kredit langsung kepada penjual, meminjam uang langsung lewat perusahaan atau menggadaikan barang, dan mengajukan pinjaman online, merupakan hal-hal yang dapat kita coba untuk membayar handphone secara kredit tanpa harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel ini dibuat untuk anda sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.



Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kredit Handphone
Cara Kredit di Lazada
Booking Hotel Tanpa Kartu Kredit
Hal-hal yang Perlu Dilakukan Ketika Mengambil Kredit Mobil
Transaksi dengan VCC (Virtual Credit Card) dan VCN (Virtual Credit Number)
Cara Kredit Tanpa Kartu Kredit? Inilah Caranya!
Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit
Cara Belanja Kredit Tanpa Kartu Kredit
Cara Kredit di Bukalapak.com
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kredit Motor


Bagikan Ke Teman Anda