Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menabung yang Benar dan Mudah untuk Masa Depan

Kita biasanya membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk beberapa keperluan, terutama untuk mencapai tujuan di masa depan. Setiap orang memang semestinya memiliki simpanan dana untuk mengejar target, apa yang ingin dicapai untuk kesejahteraan hidup di kemudian hari. Apakah untuk keperluan kuliah atau sekolah dengan jenjang yang lebih tinggi, memiliki sebuah rumah atau mobil, investasi tanah atau tabungan untuk hari tua yang nyaman. Semua itu bisa terpenuhi jika kita mampu mengatur keuangan dan melakukan sedikit usaha untuk menyisihkan sebagian gaji dalam bentuk tabungan.

Menabung bisa dilakukan sendiri di rumah, bisa juga dengan menyimpan uang di bank yang Anda percaya. Cara apapun yang dipilih itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah pengendalian diri untuk bersikap bijak mengenai kondisi keuangan dan cerdas dalam mengolah uang yang diperoleh dari penghasilan bulanan Anda. Setidaknya ada empat langkah dasar yang bisa dilakukan untuk menyimpan uang demi masa depan yang lebih baik.

Langkah tersebut antara lain menghitung jumlah uang yang dibutuhkan untuk tujuan yang diinginkan. Kemudian Anda bisa menghitung jumlah uang yang dimiliki dan yang akan masuk secara rutin, untuk dipergunakan dalam memenuhi kebutuhan harian. Mulailah untuk menyimpan sebagian uang sebagai tabungan demi memenuhi impian yang telah ditargetkan. Rencanakan untuk menambah pemasukan jika ingin merayakan suatu peringatan atau acara, setidaknya 3 bulan sebelum waktunya sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengumpulkan uang tersebut.

Cara Menabung Untuk Masa Depan

Kebanyakan orang sebenarnya sudah mulai memikirkan untuk memiliki tabungan yang bisa dipergunakan untuk tujuan atau keinginan yang ingin dipenuhi di masa depan. Namun, banyak yang bingung bagaimana cara memulainya? Apa yang pertama kali harus dilakukan? Apa bentuk tujuan yang ingin dicapai? Untuk mengusir kebingungan dan menjawab pertanyaan tersebut, simak beberapa cara atau tips berikut ini.

1. Transfer Secara Otomatis (bayar diri sendiri terlebih dahulu)

Agar mudah menabung sejumlah uang dengan nilai tertentu, kita dapat membuat tabungan khusus untuk masa depan. Istilahnya “bayar diri sendiri terlebih dahulu”; jadi bila uang gajian masuk, uang tersebut akan otomatis ditransfer ke rekening khusus tersebut. Nah lama-lama rekening khusus tersebut tahu-tahu jumlahnya akan menjadi banyak, karena tidak terasa dipotong otomatis.

2. Membuat Catatan Pengeluaran Pribadi

Kebanyakan orang tidak sadar telah menghabiskan uang dan terheran karena tidak tahu kemana uang mereka dihabiskan. Agar Anda tidak terjebak dalam kondisi yang sama, biasakan untuk membawa catatan kecil kemanapun Anda pergi, dan catat pengeluaran sekecil apapun yang meliputi jenis barang, harga dan tempat membelinya. Dari catatan tersebut akan terlihat, bahwa ada saja sesuatu yang kita belanjakan padahal belanja tersebut tidaklah begitu dibutuhkan, misalnya secangkir kopi.

Melalui catatan kecil tersebut, kita bisa mulai mengevaluasi dan mengurangi hal-hal yang tidak perlu untuk dibeli. Saat sudah terbiasa, Anda akan menyadari bahwa Anda telah menyisihkan uang dan memiliki tabungan hanya dengan mencatat setiap pengeluaran dan mengurangi pengeluaran untuk hal yang kurang dibutuhkan. Sebagai tambahan, semakin cepat langkah ini Anda lakukan, maka akan semakin besar pula tabungan yang akan Anda miliki.

3. Menyiapkan Dana Untuk Keperluan Mendesak

Tidak bisa dipungkiri bahwa suatu saat kita akan menghadapi situasi tidak terduga dan dibutuhkan uang dalam jumlah besar saat itu juga. Untuk menyiasati kondisi tersebut, kita harus memperkirakan berapa jumlah uang simpanan yang harus dikumpulkan agar tidak panik jika menghadapi kondisi darurat. Ahli keuangan menyarankan agar Anda menyisihkan setidaknya 3-6 bulan dari pengeluaran rutin bulanan. Caranya, tambahkan pengeluaran untuk membayar sewa dan pemenuhan kebutuhan pokok serta kebutuhan harian lainnya. Tentukan rata-rata dari total pengeluaran tersebut, dan kalkulasikan selama 3-6 bulan. Itulah jumlah uang yang setidaknya Anda simpan untuk keperluan mendadak.

4. Tetapkan Tujuan yang Ingin Dicapai

Setiap orang pasti punya mimpi dan tujuan hidup yang ingin diwujudkan. Misalnya saja, persiapan untuk masuk perguruan tinggi, ingin memiliki rumah, liburan ke luar negeri bersama keluarga atau tujuan lainnya yang melibatkan penggunaan uang untuk mendapatkannya. Buat prioritas mana tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu dan tetapkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uangnya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyimpan uang demi mewujudkan impian tersebut.

5. Menabung Untuk Biaya Pendidikan

Menyiapkan dana untuk keperluan sekolah adalah hal yang penting dilakukan, mengingat biaya pendidikan tidaklah murah. Anda bisa mencari informasi lebih awal mengenai sekolah yang akan dituju, terutama mengenai biaya bulanan dan keperluan lainnya yang berhubungan dengan sekolah. Semakin cepat Anda tahu, semakin cepat Anda bertindak untuk mulai menabung. Dengan mengetahui perkiraan dana yang dibutuhkan, Anda akan lebih mudah untuk menentukan jumlah uang yang harus dikumpulkan dalam waktu sebulan misalnya.

6. Menabung Untuk Hari Tua

Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan agar hari tua Anda terasa nyaman dan aman. Setidaknya, Anda perlu memperhitungkan kebutuhan setelah pensiun yang meliputi rumah, biaya kesehatan, dan kebutuhan sehari-hari. Setelah tidak lagi bekerja, tentu pemasukan akan terhenti. Karena itu, selama masih bekerja, mulailah untuk menabung agar di hari tua nanti Anda tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sebaiknya, Anda menyimpan uang sedikit demi sedikit setiap bulannya, dan ditargetkan setelah pensiun telah terkumpul sebanyak 78-94% dari pendapatan sebelum pensiun.

Bagi para karyawan atau pegawai kantor, selain menabung selama bekerja, Anda mungkin akan mendapatkan dana pensiun dari perusahaan. Anda juga bisa menanyakan asuransi pekerja pada perusahaan tempat Anda bekerja. Mereka mungkin akan memberikan uang asuransi Anda dan itu bisa dijadikan investasi untuk kesejahteraan di hari tua. Tujuan bisa saja berubah di tengah perjalanan, karena itu penting untuk melakukan evaluasi dan memeriksa catatan kembali. Ini semua demi mewujudkan kehidupan keluarga yang sejahtera di masa depan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menabung yang benar dan mudah untuk masa depan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Boros
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online
Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum
Apa itu Pinjam.co.id?
Ini Dia Alasan-alasan Mengapa Anda Tidak Kunjung Menjadi Milyuner
Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina
Cara Mendidik Anak untuk Belajar Mengatur Keuangan
Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Dihindari
Inilah 6 Cara Unik Menabung Orang Jaman Dahulu


Bagikan Ke Teman Anda