Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan manusia kini sudah menjamur. Berbagai transaksi untuk membeli berbagai macam barang mulai dari rumah, kendaraan, hingga belanja sehari-hari semakin dimudahkan dengan kehadiran kartu kredit.

Setiap kartu kredit yang dimiliki seseorang memiliki limitnya tersendiri. Limit kartu kredit merupakan jumlah maksimal yang dapat Anda gunakan untuk dibelanjakan berbagai macam barang. Limit kartu kredit ini berbeda-beda untuk tiap nasabah, tergantung pertimbangan dari bank. Beberapa hal yang biasanya mempengaruhi limit kartu kredit antara lain pendapatan, total utang, dan domisili nasabah.

Limit kartu kredit bukanlah hal yang remeh. Semakin besar nilainya, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk memperoleh berbagai kebutuhan. Bisa saja sebetulnya limit tersebut terlampaui, namun jika suatu kartu kredit over limit, biasanya Anda akan dikenakan biaya tersendiri yang tentunya tidak diinginkan. Lalu bagaimanakah caranya untuk meningkatkan limit kartu kredit? Simak beberapa cara berikut.

  • Bijak Memilih Bank Penyedia Kartu Kredit

Hal pertama kali yang harus Anda pertimbangkan adalah pemilihan bank yang menawarkan fasilitas kartu kredit. Anda harus bijak memilih bank yang sudah ternama dan terbilang cukup besar. Tentu saja bank besar tidak bisa dilihat dari kemegahan bangunannya. Beberapa bank yang sengaja membangun gedung yang terlihat mewah pun ternyata bisa juga mengalami kebangkrutan, seperti misalnya Bank Harapan Sentosa yang ada di tahun 1990-an.

Bank besar artinya bank tersebut sudah memiliki nasabah dalam jumlah yang sangat besar, Anda dapat dengan mudah menemukan ATM bank tersebut baik di kota besar maupun kota kecil, serta terdapat kantor cabang di banyak tempat. Dengan memilih bank besar, Anda akan lebih mudah untuk menaikkan limit kartu kredit.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih bank yang memang fokus bisnis utamanya adalah di bidang kartu kredit. Setiap bank sebetulnya sudah memiliki fokus bisnis masing-masing, seperti misalnya KPR, kredit koorporasi, kredit UKM, tabungan, atau kartu kredit. Walaupun setiap bank menawarkan fasilitas kartu kredit, tentunya jika Anda memilih yang lebih berfokus di bidang kartu kredit, akan lebih mudah untuk mengajukan kenaikan limit kartu kredit.

  • Buktikan dengan Kepemilikan Kartu Kredit Sebelumnya

Demi memudahkan kenaikan limit kartu kredit, Anda harus mencitrakan diri yang baik di depan bank. Tunjukkanlah bahwa Anda termasuk salah satu nasabah yang loyal, akan lebih baik lagi jika Anda sudah berpengalaman sebelumnya memiliki kartu kredit selama minimal satu tahun.

Dengan memiliki kartu kredit yang sudah berjalan selama minimal satu tahun, bank akan lebih mudah untuk melacak cashflow yang Anda miliki, berbagai transaksi yang Anda lakukan dan menentukan apakah Anda memang layak diberikan kenaikan limit kartu kredit.

Tentunya pastikan juga bahwa penggunaan kartu kredit sebelumnya tanpa masalah yang cukup berat seperti penunggakan cicilan ataupun memakai kartu hingga over limit dan malah menimbulkan banyak hutang.

  • Gunakan Limit Hingga Mendekati Nilai Maksimum

Bukan hanya Anda yang akan diuntungkan dengan adanya kartu kredit, namun pihak bank pun ikut merasakan keuntungannya dengan menarik bunga dari Anda. Semakin Anda rajin bertransaksi menggunakan kartu kredit, semakin banyak pula uang yang akan diterima oleh bank. Oleh karena itulah, jika ingin menaikkan limit kartu kredit, Anda harus menggunakan limit yang ada paling tidak 60-80% dalam sebulan.

Angka presentase tersebut adalah angka terbaik untuk meyakinkan bank bahwa Anda layak mendapatkan kenaikan limit kartu kredit. Jika dibawah itu, bank akan berpikir untuk apa mengajukan kenaikan limit jika Anda saja tidak menggunakan kartu kredit secara sering. Jangan juga melebihi nilai tersebut karena bank akan mengira Anda kurang bijak menggunakan kartu kredit dan mengatur finansial.

  • Telat Membayar Cicilan Adalah Hal Terlarang

Untuk mendapatkan kenaikan limit kartu kredit, jangan pernah sekalipun terlambat membayarkan cicilan yang dibebankan pada Anda tiap bulannya, apalagi terlambat sampai menunggak hingga beberapa bulan. Bank tentu akan lebih percaya pada nasabah yang teratur membayarkan tagihannya. Jika dengan limit yang sudah didapatkan saja Anda kesulitan untuk membayar cicilan, sebaiknya pikirkan ulang tentang kenaikan limit kredit, bisa-bisa Anda akan semakin terjerat hutang.

  • Biarkan Kartu Kredit Bersaing dengan Bank Lain

Anda dapat pula meminta kenaikan limit kartu kredit dengan cara memancing bank dengan menunjukkan bahwa Anda telah memiliki pula kartu kredit dari bank lain dengan limit tertentu. Tentunya setelah itu pihak bank akan sangat cepat menyetujui kenaikan limit kartu kredit Anda, sehingga Anda akan lebih nyaman menggunakan kartu kredit dari bank tersebut karena limitnya yang lebih besar.

Jarang sekali ada bank yang menolak memberikan limit lebih tinggi dari kartu kredit bank saingan. Bank juga ingin keuntungan lebih besar dengan menarik nasabah lebih banyak dibandingkan bank saingannya.

Demikianlah 5 macam cara untuk menaikkan limit kartu kredit untuk kemudahan yang lebih besar lagi. Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil menerapkan cara-cara tersebut.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara menaikkan limit kartu kredit, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Bolehkah Memakai Kartu Kredit Orang Lain?
Kartu Kredit UOB
Cara Menutup Kartu Kredit
Orang Kaya Memakai Kartu Kredit? Kenapa Tidak Bayar Tunai?
Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit
Tip Cara Mendapatkan Kartu Kredit Dengan Mudah
Apakah Orang Pajak Mengintip Data Kartu Kredit?
Modus-modus Penipuan Kartu Kredit
Modus-Modus Penipuan Kartu Kredit
Apa itu Secured Credit Card?


Bagikan Ke Teman Anda