Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Pentingkah menaikan limit pada kartu kredit? Bagi sebagian orang, batas limit kartu kredit menjadi begitu penting sebab akan mempengaruhi fungsi dari kartu kredit tersebut. Dengan kata lain, jika kartu kredit telah mencapai limit penggunaannya atau yang sering disebut dengan over limit maka kartu kredit tak lagi dapat digunakan untuk memproses transakasi apapun sebelum tagihannya dilunasi terlebih dulu.

Besaran limit pada kartu kredit ini sangat bergantung pada jenis kartu dan juga pengajuan kartu kredit saat pertama kali dibuka oleh pengguna. Dan karena satu dan lain hal kemudian timbul alasan untuk menaikan limit pada kartu kredit yang digunakan. Namun ada kalanya Bank tidak juga meluluskan permohonan kenaikan limit pada kartu kredit, bila sudah begitu beberapa cara berikut bisa dipergunakan untuk mencoba menaikan limit pada kartu kredit yang digunakan. Simak selengkapnya:

1. Pergunakan Kartu Kredit Minimal 1 Tahun

Sebuah Bank tidak akan mengambil resiko dengan menaikan limit pada kartu kredit nasabahnya bila belum berusia di atas satu tahun. Karena dalam jangka waktu ini seorang nasabah akan dipantau tingkat kedisiplinannya dalam membayarkan tagihannya dan juga transaksi melalui kartu kredit. Bila ada indikasi seorang nasabah menunggak tagihan diawal makan jangan pernah berharap kenaikan limit kartu kredit dapat disetujui. Dan lagi bila transaksi melalui kartu kredit tak sesuai harapan dari Bank penerbit, bisa jadi kartu kredit justru ditarik.

Karenanya sebelum berencana menaikan limit pada kartu kredit bangun terlebih dulu reputasi baik pada Bank tersebut. Misalnya kedisiplinan dalam pembayaran tagihan dalam minimal selama satu tahun penggunaan kartu kredit. Jika hal ini telah dipenuhi oleh seorang nasabah maka bukan tidak mungkin limit kartu kredit akan bisa dinaikan tanpa di minta.

2. Pergunakan Transaksi Kartu Kredit Hingga Batas Maksimal

Setelah menjadi seorang nasabah yang loyal dan disiplin, tentu hal yang paling utama sebelum mengajukan kenaikan limit pada kartu kredit ialah dengan memaksimalkan transaksinya. Meskipun seorang nasabah selalu disiplin dan tidak pernah menunggak pembayaran, namun bila transaksi bulannya jauh dari limit yang telah disepakati tentu pihak Bank juga kan berpikir dua kali.

Karenanya tingkatkan transaksi pada kartu kredit, setidaknya hingga 70 % atau bahkan lebih dari total limit dari kartu kredit yang digunakan. Dan jika tidak, maka pihak Bank tentu tak memiliki cukup alasan untuk mengabulkan permohonan untuk menaikan limit pada kartu tersebut.

3. Selalu Lakukan Full Payment dan Tepat Waktu

Membelanjakan uang tentu bukan perkara yang sulit dan dalam sekejap saja berapapun nominal uang bisa dihabiskan. Sejalan dengan hal tersebut, jika ingin limit kartu kredit dinaikan maka jangan lupa untuk selalu melakukan pembayaran dengan Full Payment dan selalu tepat waktu.

Dari sini pihak Bank akan melihat seberapa tingkat kemampuan seorang nasabah dan juga loyalitasnya dalam memenuhi setiap kewajibannya. Dan jika hal ini dilakukan secara konsisten bukan tidak mungkin bila pihak Bank akan menaikan limit pada kartu kredit tanpa perlu diminta. Karena melihat kebutuhan nasabah yang begitu besar dibarengi dengan kemampuan serta tingkat kedisiplinannya yang tinggi.

4. Ajukan Kenaikan Limit dalam Batas Wajar

Bila ingin permohonan untuk menaikan limit pada kartu kredit disetujui oleh pihak Bank, salah satunya tentu jangan mengajukan kenaikan yang tidak masuk akal misalnya hingga dua kali lipat. Alih – alih disetujui, permohonan tersebut justru akan ditolak oleh pihak Bank.

Dan bila sudah begitu tentu butuh waktu lebih lama lagi untuk bisa mengajukan kenaikan limit, karenanya ajukan dalam batas yang wajar yang bisa diterima oleh pihak Bank, misalnya dalam range 10 hingg 25 % dari nilai limit sebelumnya.

Mengajukan kenaikan limit pada kartu kredit memang susah – susah gampang, namun bila pengguna bisa dengan bijak mengelolanya serta disiplin dalam setiap kewajibannya bahkan bukan tidak mungkin pihak Bank yang justru akan menawarkan kenaikan limit kartu kredit dengan sendirinya.

Ada banyak benefit yang bisa didapat dengan menggunakan kartu kredit, namun sejalan dengan hal tersebut juga banyak resiko yang ditimbulkan bila seorang pengguna tak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Karenanya sebelum menaikan limit kartu kredit pikirkalah terlebih dahulu seberapa besar manfaat jika dibandingkan dengan resikonya. Semoga cara menaikan limit kartu kredit ini bisa bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga berguna bagi semuanya.



Cara Aman Memakai Kartu Kredit Di Pusat Perbelanjaan
Cara Mengantisipasi Pembobolan Kartu Kredit
Tip Cara Mendapatkan Kartu Kredit Dengan Mudah
Cashback Kartu Kredit? Benarkah Menguntungkan Si Pemakainya?
Kartu Kredit Hilang? Segera Lakukan Hal Dibawah ini!
Hutang Kartu Kredit Orang Meninggal
Terlambat Bayar Kartu Kredit
Kapan Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit?
Cara Menutup Kartu Kredit
Apa itu Secured Credit Card?


Bagikan Ke Teman Anda