Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mencari Dana Ketika Kebutuhan Mendesak

Siapapun bisa saja mengalami kesulitan uang atau tiba-tiba membutuhkan uang segera dalam jumlah yang banyak. Misalnya saja harus membayar biaya rumah sakit saat tiba-tiba sakit, membayar biaya pendidikan anak atau digunakan sebagai modal usaha. Tentu saja tidak mudah untuk mendapatkan pinjaman uang dalam waktu singkat. Salah memilih tempat meminjam justru dapat mengakibatkan kita semakin terlilit hutang dikarenakan beban bunga yang cukup besar.

Beberapa tempat meminjam uang juga mensyaratkan adanya jaminan berupa surat atau barang berharga. Hal tersebut pasti akan memberatkan bagi yang tidak memiliki jaminan apapun. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa tempat yang menyediakan jasa peminjaman uang tanpa mensyaratkan adanya jaminan. tentunya dengan proses yang cepat, aman dan terpercaya. Mau tahu apa saja dan bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

  • Meminjam Uang Pada Keluarga Dekat Atau Kerabat

Sebelum pergi ke tempat lain, ada baiknya untuk berusaha mencari pinjaman uang dari keluarga, kerabat atau pun teman dekat. Mereka adalah orang yang sangat dekat dengan kita, dan sudah pasti mereka akan lebih memahami kondisi yang sedang kita alami. keuntungannya, kita tidak perlu membayar bunga dari uang yang dipinjam. Meski dengan orang terdekat, kita tetap perlu meminjam dengan beberapa aturan.

Saat meminjam uang, bersikaplah yang sopan. Jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis yang berisi tentang syarat, jumlah uang, tanggal jatuh tempo, cara membayar angsuran hingga sanksi untuk berjaga-jaga apabila si peminjam terlambat membayarnya. Dengan adanya bukti berupa perjanjian tertulis maka antara kedua belah pihak tidak akan mengalami kesalahpahaman atau masalah di kemudian hari.

  • Menggunakan Dana Kredit Tanpa Agunan

Sekarang ini hampir setiap bank memiliki layanan jasa peminjaman dana tanpa mensyaratkan adanya jaminan. Anda bisa memanfaatkan cara ini jika membutuhkan dana dalam jumlah besar dan di saat mendesak. Sebelum meminjam, carilah informasi sebanyak mungkin dari setiap bank, dan bandingkan kelebihan serta kekurangannya. Perhatikan berapa besar suku bunganya, tenor pinjaman dan beberapa biaya lain. Perhatikan pula besarnya denda jika terlambat membayar cicilan dan penalti jika ingin mempercepat pelunasan.

Meminjam dana menggunakan kredit tanpa agunan sangat mudah dilakukan. Beberapa persyaratan sangat mudah dipenuhi, dan dokumen yang dibutuhkan juga mudah dikumpulkan. Proses pencairan dana terbilang cukup cepat, sehingga sangat cocok bagi yang membutuhkan uang dalam waktu singkat. Namun tetap saja, perhatikan besarnya cicilan per bulan dan sesuaikan dengan pendapatan agar anggaran rumah tangga tetap seimbang.

  • Bergabung Dalam Koperasi

Koperasi merupakan salah satu lembaga yang dapat meminjamkan uang saat kita membutuhkannya segera. Koperasi bisa saja ada di lingkungan desa, bahkan banyak perusahaan yang memiliki koperasi di dalamnya. Beberapa perusahaan besar memiliki koperasi yang cukup besar pula dan biasanya perusahaan turut membantu memakmurkan koperasinya.

Jika keuangan dalam koperasi tersebut cukup baik, maka bukan hal yang sulit untuk meminjamkan uang pada anggotanya. Bahkan kita bisa meminjam uang tanpa memberikan jaminan apapun, asalkan kita masih berstatus anggota. Tentu saja sebagai anggota kita juga wajib memenuhi segala kewajiban dan mengikuti setiap peraturan yang berlaku. Misalnya saja membayar iuran anggota tepat waktu.

  • Manfaatkan Lembaga Pegadaian

Pegadaian memang mensyaratkan adanya jaminan jika kita ingin meminjam uang. Ditambah lagi jumlah uang yang dapat dicairkan besarnya senilai dengan barang yang menjadi jaminan. Namun Pegadaian merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk mendapatkan pinjaman uang dengan cepat dan mudah. Tidak banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa memperoleh pinjaman, dan prosesnya juga cepat.

Pegadaian memberikan bunga yang cukup rendah, dan jika kita belum bisa melunasinya hingga jatuh tempo kita bisa memperpanjang masa pelunasan sehingga barang yang dijadikan jaminan akan tetap aman. Sesuai dengan jargonnya “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, Pegadaian memberikan kemudahan bagi kita yang mengalami masalah keuangan.

  • Menggunakan Jamsostek

Para pekerja maupun karyawan dari setiap perusahaan biasanya akan mendapatkan jamsostek. Kita bisa menggunakannya sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank. Jadi tanpa harus menjadi nasabah bank yang bersangkutan atau memiliki kartu kredit, kita bisa tetap meminjam uang dengan memberikan jaminan tersebut. Namun meminjam uang di bank akan dikenakan bunga yang bervariasi tergantung nama banknya. Karena itu, perhitungkan dengan baik apakah penghasilan Anda cukup untuk menyicil angsurannya setiap bulan atau tidak.

Memang tidak ada salahnya jika meminjam uang saat benar-benar membutuhkan, apalagi jika itu bersifat mendesak. Namun sebelum melakukannya, pikirkan dengan matang dan perhitungkan kembali apakah nantinya penghasilan Anda setiap bulannya akan mampu untuk menutupi angsuran dari uang pinjaman tersebut. Selain itu pilihlah cara yang paling tepat menurut Anda sesuai dengan kondisi keuangan rumah tangga dan pergunakan uang yang dipinjam dengan sebijak mungkin.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberaa tip mencari dana pinjaman ketika kebutuhan mendesak, semoga bermanfaat.



Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Apa yang Harus Dilakukan Bila Dompet Hilang?
Bagaimana Restoran Buffet (All You Can Eat) Mendapatkan Untung?
Apa Itu ‘Bank Stress Test’?


Bagikan Ke Teman Anda