Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah

Belajar mengenai keuangan, seperti bagaimana cara mendapatkan uang dan mengatur pengeluaran harus diberikan sejak dini. Cara terbaik untuk mengajarkan anak tentang uang adalah mengajak mereka untuk mencari uang secara langsung.

Setelah menghasilkan uang sendiri, anak bisa menggunakan untuk membeli apapun yang mereka inginkan. Biasanya anak-anak ingin membeli sesuatu yang bisa dimainkan dengan teman-teman.

Lebih dari itu, anak bisa belajar bagaimana cara mengatur uang agar mereka bisa mendapatkan semua yang mereka inginkan. Mereka dapat belajar mengenai prioritas di sini.

Apa yang harus dibeli dan apa harus dibeli dengan uang yang mereka hasilkan. Tentu saja cara mencari uang ini harus menyenangkan dan penuh dengan permainan.

Tidak bisa dipungkiri, uang jajan anak terkadang menjadi beban tersendiri bagi orang tua. Terlebih jika keuangan sedang sulit. Namun kebahagiaan anak tidak boleh dikorbankan hanya karena alasan finansial.

Mengajak mereka mencari uang dengan cara menyenangkan adalah trik yang bisa dilakukan orang tua agar anak bisa mencari uang jajan mereka sendiri.

Kegiatan ini tentu saja tidak bertujuan untuk mengeksploitasi dan memanfaatkan anak, tetapi sekaligus mengajarkan mereka untuk mengelola keuangan dengan baik. Inilah beberapa cara mencari uang yang bisa dilakukan oleh anak-anak:

1. Berjualan kue

Ajarkan anak untuk menjadi wirausaha sejak kecil dengan menjual kue-kue kecil atau jajanan lainnya.

Agar mereka lebih bersemangat, ajak anak untuk membuat dan menghias sendiri kue-kue itu. Damping dan semangati anak untuk menjual kue-kue itu pada teman-teman atau di bazaar. Dengan cara ini anak akan belajar membuat produk dan menjualnya untuk mendapatkan uang.

2. Layanan rumah tangga

Layanan rumah tangga sederhana memang terdengar sepele, namun sangat menarik untuk anak-anak. banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti membersihkan halaman rumah, menjaga anak-anak atau memotong rumput.

Latih anak untuk meningkatkan keahlian mereka sehingga hasil kerja mereka akan menjadi lebih baik.  Karena kegiatan ini bertujuan untuk bersenang-senang, sebaiknya jangan terlalu memaksa anak untuk menghasilkan terlalu banyak uang.

3. Menjual barang-barang bekas

Anak-anak pasti punya banyak mainan yang sudah tidak terpakai dan baju-baju yang kekecilan dan tidak bisa dipakai lagi. Buat garage sale untuk anak dengan menjual barang-barang mereka. Beri anak pengertian bahwa menjual barang mereka bisa mendatangkan manfaat bagi orang lain dan keuntungan bagi diri mereka sendiri.

Dengan menjual sebagian barang lama, anak bisa membeli barang baru yang mereka inginkan. Tidak hanya mendapatkan tambahan uang jajan, orang tua juga bisa mengurangi tumpukan barang bekas di rumah.

4. Berjualan jajanan ringan di sekolah

Tidak ada anak yang tidak suka cokelat bukan? Ajari anak untuk mencari uang sejak dini dengan menjual jajanan yang sangat mereka sukai. Bila mereka suka cokelat, biarkan mereka menjual cokelat pada teman-teman mereka di sekolah.

Menjual barang yang mereka sukai juga bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk mempromosikan produknya. Anak-anak bisa belajar untuk berani berbicara di depan orang lain melalui cara ini.

5. Menjual kerajinan tangan

Hobi bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Jika Anda termasuk orang dengan kreativitas tinggi, manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan uang. Tentu saja Anda bisa meminta bantuan anak Anda untuk menjualnya.

Katakan pada anak bahwa Anda akan berbisnis bersama. Anak-anak bisa menjualnya secara langsung atau melalui internet.

Pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk remaja usia 13 tahun ke atas.

6. Membersihkan rumah tetangga

Jika anak sudah cukup besar untuk mengerjakan pekerjaan rumah, maka ia bisa mencari pekerjaan di luar rumah untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

Tawarkan layanan untuk membersihkan rumah orang lain untuk mendapatkan bayaran yang sesuai. Pekerjaan ini mungkin berat, namun uang yang dihasilkan tentu bisa jauh lebih besar. Pekerjaan membersihkan rumah biasanya meliputi menyapu, mengepel lantai, dan membersihkan halaman rumah.

7. Mencuci mobil

Jasa mencuci mobil adalah pekerjaan yang tepat untuk anak-anak. Di samping menghasilkan uang, anak-anak juga bisa bermain dengan air sesuka hati mereka saat mencuci mobil.

Tawarkan juga untuk membersihkan mobil bagian dalam agar mendapatkan tambahan uang. Jika bekerja sendirian terlalu, berat, ajak teman untuk membersihkannya bersama. Tapi hal ini berarti uang yang diterima juga harus dibagi.

8. Merawat rumah tetangga

Pekerjaan yang ringan, menyenangkan, dan bisa menghasilkan uang bisa dilakukan dengan menawarkan jasa untuk merawat rumah tetangga yang sedang pergi berlibur. Jika tidak menginap, anak bisa datang ke rumah tersebut beberapa kali sehari untuk menyiram tanaman, menyalakan dan mematikan lampu.

9. Menjaga bayi

Banyak orang membutuhkan jasa penjaga bayi atau anak. Anak remaja biasanya sanga cocok untuk pekerjaan ini. Mereka bisa mengisi waktu libur sekolah mereka dan mendapatkan uang tambahan untuk bermain bersama teman-teman. Datanglah ke rumah tetangga untuk menjaga bayi mereka saat mereka bekerja. Pekerjaan ini bisa menghasilkan uang yang lumayan besar.

10. Menjaga hewan peliharaan

Selain anak, hewan peliharaan juga harus dirawat. Jasa ini bisa ditawarkan oleh anak saat tetangga atau kerabat pergi berlibur. Anak juga bisa belajar tentang tanggung jawab dengan merawat hewan.

Memberi mereka makan tepat waktu, membersihkan kotoran, hingga memandikan hewan biasanya adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh hewan peliharaan.

11. Memberikan pelajaran tambahan

Anak yang berprestasi bisa memanfaatkan ilmu mereka untuk memberikan pelajaran tambahan pada anak yang lebih kecil. Tidak perlu terlalu jauh, tawarkan jasa ini pada tetangga terdekat. Anak bisa memasang tarif yang mereka inginkan dan hasilnya bisa mereka gunakan sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mencari uang jajan tambahan untuk anak sekolah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Kita Harus Membawa Uang Tunai?
8 Prinsip untuk Mengelola Keuangan dengan Baik
Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik
Apakah Keuangan Anda Sudah Siap saat Keadaan Darurat?
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30
Tip Menyiapkan Pendidikan Anak
6 Cara Menjadi Kaya Ala Orang Yahudi
Apa itu Pinjam.co.id?
Cara Mengatasi Kemiskinan Diri Sendiri
Kebutuhan yang Seharusnya Harganya Tidak Sampai 1 Juta


Bagikan Ke Teman Anda