Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijaksana

Apakah anda sedang dalam proses mengajukan atau telah memiliki kartu kredit? Apakah anda sudah yakin memerlukannya, atau cukup bijaksanakah Anda dalam penggunaannya?

Ada 3 fakta penting yang harus diperhatikan namun cenderung diabaikan oleh pemilik kartu kredit. Pertama, nominal dalam kartu kredit adalah hutang yang dikeluarkan oleh pihak Bank yang wajib dilunasi tiap bulannya. Kedua, suku bunga yang dibebankan kepada pengguna relatif tinggi dan beragam sesuai kebijakan penerbit. Ketiga, karena kemudahan yang diberikan mendorong pengguna pada gaya hidup dan perilaku konsumtif sehingga berdampak pada stabilitas finansial.

Berikut adalah tips penggunaan kartu kredit yang harus diperhatikan agar tetap terjaga stabilitas finansial anda.

  • Rencanakan Belanja Sesuai Kebutuhan

Saat pergi ke pusat perbelanjaan sudah pasti Anda akan disuguhi dengan produk-produk menggiurkan. Namun apakah tujuan awal berbelanja sebelumnya, sudahkah Anda dapatkan? Jika sebelumnya Anda bisa mendapatkan sepasang sepatu berkualitas hanya dengan harga Rp 300,000.-, maka jagalah hasrat anda untuk tidak membeli yang lebih mahal padahal kualitas sama.

  • Hindari Menarik Tunai Dari Kartu Kredit

Ya, salah satu keunggulan kartu kredit adalah Anda dapat melakukan penarikan tunai sebanyak separuh dari limit nominal yang disetujui. Pastikan keuangan Anda mencukupi hingga penghujung bulan dan kuatkan niat untuk tidak melakukan penarikan  tunai. Kesalahan para pemula adalah mengabaikan kemudahan tersebut dengan menarik tunai dengan nominal sedikit dan berulang. Perlu Anda ketahui bahwa pihak bank akan membebankan bunga 5-10% dalam sekali transaksi. Maka dapat diperkirakan berapa jumlah bunga yang harus dibayar nanti.

  • Abaikan Penawaran Merchant

“Dapatkan cashback  30% dengan berbelanja minimal Rp. 2,000,000.- dengan kartu kredit di merchant terpilih berlogo”. Sebagai pemegang kartu kredit pastinya sudah tidak asing dengan penawaran serupa. Atau mendapatkan undangan serta list promo lainnya. Perlu diketahui hal tersebut merupakan strategi bank penerbit dengan melakukan kerjasama dengan beberapa merchant untuk mendapatkan untung bersama. Kemudian secara berkala mereka akan melakukan perubahan promo untuk menarik perhatian para konsumen. Namun yakinkah Anda benar-benar membutuhkan barang promo tersebut?

  • Gunakan Kartu Kredit Untuk Keperluan Mendesak

Bagi Anda yang bertindak sebagai tulang punggung dalam keluarga, sudah biasa mendapatkan permintaan mendadak dan harus dipenuhi saat itu juga. Kartu kredit bisa menjadi satu-satunya penolong daripada harus mencari pinjaman. Misalnya Anda mendapat kabar berita dari keluarga di kampung halaman dan mengharuskan pulang mendadak . Sudah dipastikan Anda memerlukan tiket pesawat, padahal jika tanpa persiapan harga tiket bisa melambung tiga kali lipat lebih tinggi. Maka Anda bisa gunakan reward milestone point pada kartu kredit untuk mendapatkan diskon. Atau menarik uang tunai sesuai kebutuhan.

  • Periksa Tagihan Dengan Cermat

Sebagai pengguna aktif kartu kredit, Anda akan mendapatkan tagihan bulanan yang dikirimkan ke rumah atau melalui email. Periksalah tagihan tersebut dengan cermat untuk mengetahui apakah ada transaksi yang tidak Anda lakukan. Jika ada segera hubungi layanan pelanggan dari Bank penerbit kartu kredit untuk mengajukan complain. Informasi tagihan juga berfungsi untuk membantu Anda mengontrol dan menyaring pembelanjaan  tiap bulannya.

  • Bayar Penuh Tagihan

Upayakan membayar tagihan bulanan Anda sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan, serta telpon berkelanjutan dari pihak penerbit yang dapat mengganggu keseharian Anda. Serta pastikan Anda membayar penuh sesuai tagihan, dapat meningkatkan record kredit Anda yang bisa berguna dikemudian hari. Pihak penerbit memang memberi keringanan dengan membayar minimum 10% dari total tagihan atau mencicil. Tapi jika ini dilakukan akan membuat Anda terlena dan dapat mengarahkan Anda pada pembengkakan tagihan, serta pengurangan nominal limit kartu kredit.

Berdasarkan pengalaman pribadi, limit kartu kredit saya perlahan berkurang dari 6 juta menjadi hanya 4 juta karena kebiasaan saya mencicil dan membayar minimum 10%.

  • Batasi Kepemilikan Kartu Kredit Maksimal 2 Buah

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit pertama dengan pembayaran lancar, Anda akan mendapatkan penawaran kartu kredit tambahan dari penerbit yang sama. Atau mendapatkan penawaran kartu kredit dengan limit yang lebih besar dari bank penerbit lain. Jika Anda membutuhkannya, batasi jumlah kartu kredit Anda maksimal dua buah. Atau sebagai alternatif, jika Anda berhasil mendapatkan kartu kredit baru dengan limit yang lebih besar, maka tutuplah kartu kredit terdahulu  untuk menghindari tingkah laku konsumtif.

Kartu kredit memang sudah menjadi gaya hidup karena manfaatnya, dan juga sebagai bukti bahwa seseorang dianggap mampu secara financial. Namun jika tidak berhati-hati dalam penggunaannya justru akan mengantarkan Anda pada masalah hutang. Cobalah terapkan ketujuh cara diatas untuk mengontrol pemakaian kartu kredit Anda. Jika diperlukan, lakukan konsultasi dengan keluarga atau perencana keuangan sebelum Anda berniat mengajukan kartu kredit.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa cara menggunakan kartu kredit dengan bijaksana, semoga bermanfaat.



Kartu Kredit untuk Umur Berapa?
Tip Aman Bertransaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
Ini Dia Cara Bank Mengambil Untung dari Transaksi Kartu Kredit
Cara Aman Memakai Kartu Kredit Di Pusat Perbelanjaan
Apa Beda KTA vs Kartu Kredit?
Kartu Kredit Macet, Masuk Daftar Hitam BI (Bank Indonesia)
Kartu Kredit Pertama, Apa yang Harus Diperhatikan?
Inilah Jebakan Kartu Kredit yang Anda Harus Tahu
Tips Pintar Pelunasan Kartu Kredit
Keunggulan Menarik Kartu Kredit CIMB Niaga


Bagikan Ke Teman Anda