Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Mengirim Uang dengan Western Union

Seiring perkembangan jaman, kita tidak perlu lagi panik untuk melakukan transaksi keuangan antar lintas negara. Hal ini karena, saat ini kita telah memiliki banyak pilihan dalam melakukan transaksi pembayaran lintas negara yang praktis dan mudah. Salah satu pilihan yang sudah dikenal secara luas adalah Western Union.

Western Union Group adalah penyedia layanan transfer uang dengan jaringan terluas di seluruh dunia. Bayangkan saja, WU telah menyediakan jasa di 510.000 lokasi di 20 negara di seluruh dunia. Menjalankan usahanya sejak tahun 1861, WU dinaungi oleh perusahaan induk yang telah terdaftar di Bursa Saham di New York. Sehingga WU sama sekali bukan perusahaan kemarin sore dalam hal transfer uang antar negara. Sehingga jika anda ragu apakah WU terpercaya, maka pertanyaan anda seharusnya sudah terjawab dari sini ya.

Western Union di Indonesia

Di Indonesia, jaringan Western Union telah bekerjasama dengan berbagai perbankan, badan usaha swasta maupun badan usaha milik Pemerintah. Anda dapat menemukan Western Union di Bank Mandiri, Maybank, Bank BJB, Pegadaian, Bank Danamon, Bank Sumsel Babel, Indomaret, Bank Syariah Mandiri, dan lain-lain. Badan usaha yang memiliki layanan western Union akan memasang plang WU di depan tempat usaha mereka sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa tersedia layanan WU di tempat yang bersangkutan.

Mengapa Memilih Western Union?

Jika kita kemudian berfikir mengapa harus western union padahal kita juga bisa mengirim uang melalui wire transfer atau Paypal atau Payoneer, ini karena WU memiliki beberapa kelebihan dibandingkan layanan serupa, yaitu :

1. Lebih Cepat

Western Union memiliki kelebihan cepat dalam proses pengiriman uang. Bank Mandiri menyebutkan bahwa salah satu kelebihan Western Union adalah penerima sudah dapat mengambil dana yang terkirim dalam hitungan detik. Hal ini tentu sangat memuaskan jika kita bandingkan dengan layanan Wire Transfer yang memerlukan waktu mulai dari 1 hingga 4 hari kerja untuk dana bisa sampai.

2. Memiliki Jaringan yang luas

Western Union dilayani oleh kurang lebih 170.000 agen yang tersebar di kurang lebih 200 negara. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir akan keberadaan jaringan Western Union di seluruh dunia.

3. Tidak Harus Memiliki Rekening di Bank

Pengirim dan penerima Western Union tidak harus memiliki rekening di Bank. Sehingga anda bisa mengirim dan mengambil uang dari Western Union mana saja yang mudah anda capai. Anda juga tidak harus berdomisili tetap di negara pengirim atau di negara tujuan transfer. Sehingga jika anda sedang berada di luar negeri misalnya, anda tetap dapat mengambil uang kiriman dari klien anda di negara lain misalnya hanya dengan menunjukkan kartu identitas anda yang masih berlaku.

4. Biaya Pengiriman Murah

Biaya pengiriman uang melalui western union terbilang murah, mulai dari 15 ribu, tergantung dari jumlah nominal dan negara tujuan pengiriman uang anda. Pengiriman uang dengan Western Union juga tidak dikenakan batasan minimum. Sehingga anda sudah bisa mengirim uang dalam nominal yang kecil.

Biaya Transfer Western Union

Jumlah transfer (dalam Rp)  Biaya (Rp)
 0 – 750.000  112.500
 750.001 – 1.500.000  165.000
 1.500.001 – 2.250.000  217.000
 2.250.001 – 3.000.000  225.000
 3.000.001 – 3.750.000  300.000
 3.750.001 – 4.700.000  345.000
 4.700.001 – 5.625.000  352.000
 5.625.001 – 7.500.000  400.000
 7.500.001 – 11.250.000  500.000
 11.250.001 – 13.125.000  600.000
 13.125.001 – 15.000.000  700.000
 dst.  dst.

5. Transaksi terjamin aman

Pada negara-negara tertentu, pengiriman uang dengan Western Union disertai dengan Test Question. Apa itu Test Question? Test question adalah serupa password yang menunjukkan bahwa memang anda adalah penerima uang yang sebenarnya. Untuk selebihnya, jaringan Western Union memang terjamin aman karena menggunakan data yang sudah berbasis digital.

Transaksi Apa Saja yang Bisa Dilakukan Dengan Western Union?

Western Union juga memiliki beberapa pilihan layanan transaksi yang memudahkan pengguna dalam menggunakan jasa mereka. Layanan tersebut yaitu :

  • Quick Pay

Quick Pay adalah layanan Western Union yang memungkinkan nasabah untuk mengirim uang kepada suatu lembaga uang sudah terdaftar di Western Union. Sehingga jika anda ingin membayar tagihan-tagihan di lembaga yang sudah terdaftar di Western Union, anda tinggal datang ke WU dan membayarnya dari cabang WU mana saja di seluruh dunia.

  • Will Call

Will Call adalah layanan pengiriman uang dimana penerima adalah Individu dan bukan lembaga.

  • Antar Jemput Uang

Western Union memiliki layanan mengantarkan uang langsung ke tempat tinggal ke penerima. Namun untuk menikmati layanan ini, anda harus menambahkan biaya transportasi pengiriman uang.

Cara Mengirim Uang Melalui Western Union :

  1. Silahkan anda datang ke lembaga perbankan atau lembaga swasta terdekat yang menyediakan layanan Western Union, lalu ambil antrian ke Customer Service (CS).
  2. Di CS, anda bisa menginformasikan bahwa anda akan melakukan pengiriman uang. CS kemudian akan memberikan anda formulir pengiriman uang yang harus anda isi.
  3. Setelah mengisi formulir, anda akan diminta menunjukkan kartu identitas anda dan CS akan mencocokkan data identitas anda dengan formulir yang anda isi.
  4. Setelah data sesuai, anda bisa menyerahkan uang yang akan anda kirim berikut dengan biaya yang diperlukan.
  5. Setelah proses selesai dan CS menginformasikan bahwa uang telah dikirimkan, anda bisa langsung menghubungi penerima dengan memberikan data nama anda (sebagai pengirim), nominal uang yang ditransfer, kode daerah serta nomor referal yang diperlukan penerima untuk mengambil uang yang anda kirimkan.

Lalu Bagaimana Jika Anda adalah Penerima Uang Western Union?

Mencairkan uang yang dikirim melalui Western Union juga tidaklah sulit. Yang perlu anda lakukan adalah hal-hal sebagai berikut :

  1. Anda bisa datang ke cabang Western Union yang terdapat di perbankan ataupun lembaga swasta terdekat.
  2. Anda sudah menerima informasi mengenai nama pengirim, jumlah uang yang dikirim, serta nomor referal dari sang pengirim.
  3. Siapkan kartu identitas anda, selanjutnya anda akan diminita untuk mengisi formulir pengambilan uang oleh CS Western Union
  4. CS akan memeriksa apakah data yang anda isikan sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengirim. Jika sesuai, uang anda langsung bisa diambil tanpa dikenakan biaya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara mengirim uang dengan Western Union, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Apakah Memiliki Banyak Uang Akan Membuat Kita Bahagia?
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Antara Cinta atau Uang: Penting Mana?
Definisi Uang, Fungsi, dan Jenis Uang
Wire Transfer dan Cara Mengirim Uangnya
Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
Step by Step Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian
Bagaimana Perusahaan Asuransi Mendapat Uang? Ini Penjelasannya!
Tarik Tunai ATM tapi Uang Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya!


Bagikan Ke Teman Anda