Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Cara Orang Kaya Tetap Kaya

#orang kaya #tip keuangan

Menjadi kaya bukanlah suatu kebetulan. Susan Bradley, pendiri Sudden Money Institute di Florida, AS, mengatakan bahwa mengontrol pengeluaran merupakan salah satu cara supaya kekayaan Anda tetap terjaga. “Anda tidak bisa mengontrol suku bunga dan pasar saham, tapi Anda bisa mengontrol sebagian besar gaya hidup Anda,” ujarnya.

Penelitian pun menunjukkan bahwa orang kaya tetaplah kaya karena mereka paham akan nilai uang dan juga paham bagaimana cara berhemat atau frugal. Mereka tetap memratikkan formula keuangan yang sama dengan saat sebelum mereka menjadi kaya.

Berikut adalah beberapa cara orang kaya tetap kaya yang bermanfaat untuk Anda simak:

1. Mulailah berbisnis

Orang kaya selalu memikirkan cara supaya kekayaannya terus berkembang, bagaimana agar uang yang mereka miliki tidak duduk diam dalam tabungan dan kehilangan nilainya dari waktu ke waktu. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah memutar uang tersebut dalam bentuk investasi atau bisnis.

Memulai bisnis sedini mungkin memungkinkan orang kaya untuk menemukan cara baru di mana mereka dapat merekruit orang-orang dan memutar uang tersebut bagi mereka. Anda tidak akan bisa melakukan hal ini bila terus-terusan bekerja pada orang lain.

Adakah orang kaya yang merupakan karyawan? Bukankah kebanyakan dari mereka merupakan entrepreneur? Memiliki bisnis sendiri menempatkan Anda pada posisi atas, membuat Anda memiliki power sehingga Anda dapat menghabiskan waktu dengan membangun aset, bukan lagi sekadar pemasukan.

2. Memiliki banyak aset dan investasi

Orang kaya kebanyakan memiliki lebih dari satu aliran pemasukan yang tidak hanya didapat melalui bisnis, namun menginvestasikan aset yang mereka miliki merupakan cara lain untuk mengakumulasi kekayaan.

Rumah tempat tinggal Anda bukanlah aset, tapi lebih merupakan tanggunan atau beban karena akan selalu ada biaya perawatan maupun tagihan bulanan yang mengikuti. Namun bila Anda memiliki lebih dari satu rumah dan rumah lainnya dikontrakkan, digunakan sebagai rumah kos, maka inilah yang disebut dengan aset. Dan menginvestasikan aset ini merupakan cara lain untuk memeroleh pemasukan pasif.

Mereka juga berinvestasi pada usaha atau bisnis lain karena mereka tidak harus selalu turun tangan atau membangun bisnis sendiri. Yang jelas mereka selalu mencari atau membuat kesempatan baru untuk mengembangkan portofolio mereka dan lebih memilih untuk membeli benda-benda yang nilainya selalu meningkat seiring dengan berjalannya waktu, seperti real estate, tanah, perhiasan, instalasi seni, dll.

3. Hidup sederhana

Ada banyak contoh milyuner dan bahkan milyuner yang justru hidup sederhana bila ditilik dari rumah mereka, mobil yang dikendarai, hingga bagaimana mereka menghabiskan uang mereka.

Warren Buffet, pendiri Berkshire Hathaway, yang memiliki total kekayaan $44 milyar membeli rumahnya di tahun 1958 dengan harga $31.0000. Hingga kini dia masih menempati rumah seluas 500 m2 tersebut. Buffet tidak memiliki kapal pesiar layaknya orang kaya lainnya karena menurutnya “mainan” seperti itu justru malah merepotkan karena memiliki biaya perawatan dan pajak yang mahal.

David Cheriton, salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan lebih dari $3 milyar, merupakan profesor di Stanford University. Ia memeroleh kekayaannya dari bidang IT dan teknologi komputer dan merupakan salah satu investor yang membantu mendirikan Google. Cheriton pun merupakan salah satu milyuner yang terkenal hidup amat sederhana. Ia lama mengendarai VW Vanagon keluaran tahun 1986 dan menganggap dirinya berfoya-foya saat membeli Honda Odyssey tahun 2012.

Orang-orang kaya ini tidak menghabiskan uang mereka untuk hal-hal yang nilainya malah berkurang dari waktu ke waktu. Mobil mewah tidak akan pernah mengalami kenaikan nilai saat dijual kembali, begitu pula dengan baju-baju atau tas keluaran desainer.

Banyak pula orang kaya yang memberikan kekayaannya pada yayasan atau badan amal dan hanya memberikan sebagian kecil kekayaannya pada anak-anak mereka. Hal ini karena mereka sekaligus ingin membesarkan anak-anak mereka dan menanamkan nilai kesederhanaan pada mereka. Belum tentu pula anak-anak mereka kelak memiliki kemampuan untuk mengatur uang sebaik mereka sehingga lebih baik kekayaannya diberikan pada orang-orang yang jauh kurang beruntung.

4. Jangan pedulikan pandangan orang lain

Dalam bukunya, The Millionaire Next Door, Thomas J Stanley menyimpulkan bahwa orang-orang yang nampak kaya sebenarnya justru bukanlah orang kaya, begitu pula sebaliknya. Mereka yang kerap menampakkan harta dan barang-barang dengan merek mahal biasanya merupakan orang-orang dari kelas ekonomi menengah. Perilaku mereka ini hanyalah mengimitasi potret orang-orang kaya dari televisi, majalah, dan iklan.

Sehingga pada dasarnya, orang-orang tersebut hanyalah ingin nampak kaya dan malah bersaing dengan sesamanya untuk nampak kaya. Hal ini berkaitan dengan poin tentang hidup sederhana sebelumnya. Jadi bila Anda ingin cepat/tetap kaya, hindari keinginan untuk selalu memiliki segala sesuatu yang terbaru dan terhebat karena ingin nampak “wah” di hadapan orang lain.

5. Gemar belajar

Mengalami kerugian dalam berbisnis? Produk tidak laku di pasaran? Ditipu oleh rekan bisnis? Ketimbang merasa sebagai korban dan selalu menyalahkan faktor eksternal sebagai penyebab kegagalan, mereka akan bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan mengambil alih kontrol dalam hidup mereka.

Menganggap kegagalan sebagai proses belajar merupakan salah satu mindset yang diyakini oleh observan dimiliki secara kolektif oleh orang kaya. Mereka memanfaatkan sisi ini dalam diri mereka untuk terus memutar otak dan memanfaatkan setiap hambatan yang ada sebagai saran untuk semakin berkembang. Dengan begitu mereka tidak akan pernah duduk diam dan secara pasif menikmati kekayaannya. Justru seringkali uang bukanlah motivator utama mereka untuk terus maju dan berkembang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara orang kaya tetap kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Orang Kaya Ternyata Masih Berhutang! Mengapa?
Redenominasi Rupiah, Bagaimana Seharusnya Masyarakat Menyikapinya?
Tip Mengelola Keuangan untuk Single Parent
4 Sebab Kenapa Orang Kaya Bisa Semakin Kaya
4 Tip Keuangan Untuk Keluarga Baru
Cara Menabung yang Benar dan Mudah untuk Masa Depan
Tip Keuangan Sederhana dengan Hasil Maksimal
Tip Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
Tips Keuangan untuk Anak Muda
Keuangan Kacau Karena Menunda-nunda?


Bagikan Ke Teman Anda