Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ciri-ciri Orang yang Dapat Diandalkan Sebagai Teman Kerja

Setiap tempat kerja pasti memiliki karyawan dengan latar belakang sosial yang berbeda-beda, sehingga seseorang pasti terpapar akan kelas sosial dan kemampuan yang berbeda pula. Sehingga tanpa kemampuan interpersonal, seorang karyawan tentu akan sulit untuk sukses di tempat kerja mana pun.

Teman kerja memang tidak selalu menjadi teman baik Anda dalam taraf personal, namun seringkali mereka dapat menjadi orang kepercayaan Anda, mereka dapat menolong, memberikan saran, memberi penilaian objektif, dan menjadi orang yang selalu Anda tuju di tempat kerja.

Saat menilai apakah seseorang merupakan teman kerja yang baik, Anda harus memiliki dasar yang kuat. Terutama bila suatu saat Anda harus memilih mereka untuk menjadi rekan satu tim Anda dalam mengerjakan suatu proyek. Tentu Anda ingin berkaitan dengan orang-orang yang memiliki etika kerja kuat dan tidak akan membuat Anda nampak buruk di hadapan bos atau rekan kerja yang lain.

Berikut kami berikan beberapa ciri orang yang dapat diandalkan sebagai teman kerja:

Memiliki integritas

Perlu adanya kepercayaan untuk membuat seseorang mau terikat dan bekerja sama dengan rekannya, terutama bila mereka berada dalam satu tim. Bila tidak, tentu suatu projek atau tugas dari atasan tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Setiap orang pun tentu pernah membuat kesalahan, sehingga penting bagi seseorang untuk berani bertanggung jawab, tidak hanya atas kesuksesannya namun juga atas kegagalan yang terjadi. Berani bertanggung jawab merupakan tanda kedewasaan yang jelas tidak akan dilewatkan begitu saja oleh sesama rekan kerja.

Terbuka dan mau berkolaborasi

Anda tentu mengharapkan seseorang yang bersedia membantu orang lain, terlebih bila mereka memiliki inisiatif untuk membantu tanpa harus diminta. Teman kerja seperti ini ingin dan dapat meringankan beban Anda sembari membangun relasi. Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan mereka dan hal ini dapat bermanfaat bagi Anda berdua di masa mendatang.

Sebagai anggota tim yang baik, teman kerja seperti ini tentu dapat diandalkan untuk mengerjakan bagian tugasnya dengan baik. Kemampuan berkolaborasi ini juga ditunjukkan dengan adanya kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain, brainstorming tentang solusi dari masalah yang muncul, terbuka akan ide baru, reliabel, dll.

Bijaksana dan memiliki pertimbangan yang baik

Kedua hal ini tentu merujuk pada bagaimana mereka mengambil keputusan. Seseorang yang bijaksana dan mampu menimbang segala keputusan biasanya memiliki ciri mula yang sama: rendah hati. Kerendahhatian akan membuat seseorang mengakui bahwa mereka tidak mengetahui segalanya serta mereka tidaklah lebih penting dari kepentingan perusahaan atau tim.

Ego yang tidak terkontrol akan mengakibatkan seseorang gagal menimbang segala sesuatu dengan objektif. Sedangkan hal tersebut amatlah dibutuhkan oleh seseorang agar dapat memertimbangkan sesuatu dengan baik, agar mampu menilai sesuatu berdasar fakta, sumber, batasan, dan mengambil langkah selanjutnya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pekerjaan.

Berdedikasi

Poin ini tidak hanya menunjukkan apakah seseorang merupakan teman kerja yang dapat diandalkan, namun juga merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh seorang pemimpin. Berdedikasi berarti memberikan dirinya 100% saat bekerja, untuk bekerja. Anda bisa juga menyebut hal ini dengan bersikap produktif.

Seseorang yang berdedikasi akan mengerjakan tugasnya sebaik mungkin semampu mereka, menjaga pola pikir dan perilaku yang positif, termasuk bersiap untuk bekerja lebih dari jobdesc mereka.

Komunikator yang baik

Berkomunikasi merupakan kegiatan yang berjalan secara dua arah: berbicara dan mendengarkan. Kemampuan berbicara atau mengutarakan pendapat dan maksud sudah pasti merupakan nilai plus yang menunjukkan seseorang sebagai komunikator yang baik.

Namun, mereka yang kerap mengutarakan dan hanya mau memedulikan pendapatnya sendiri tentu tidak akan mendapat simpati dari orang lain. Mereka yang merupakan komunikator baik akan mendengarkan secara aktif akan apa yang dikatakan oleh orang lain, bertanya atau mengklarifikasi sesuatu, serta memparafrase ucapan Anda untuk menunjukkan bahwa mereka paham akan sesuatu.

Komunikasi nonverbal juga sama pentingnya, seperti bahasa tubuh, kontak mata, hingga gerakan tangan. Sinyal nonverbal dapat menunjukkan perasaan seseorang sesungguhnya. Sehingga bila teman kerja Anda mampu menerka apakah Anda kecewa atau puas hanya dari bahasa tubuh, maka ia adalah seorang yang observan, memiliki empati, dan tentu merupakan komunikator yang baik.

Fleksibel

Mereka mudah beradaptasi, baik mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan, bagaimana cara mengerjakan tugas sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan, dan mampu mengubah proses sesuai dengan feedback.

Punya motivasi

Dalam mengerjakan sesuatu, selalu tentukan tujuan akhir dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi. Teman kerja yang memiliki motivasi sama dengan Anda dalam menyelesaikan suatu tugas tentu tidak akan dengan mudah terdemotivasi bila mengalami hambatan. Mereka akan membantu mengingatkan Anda akan tujuan tersebut setiap kali ada yang merasa lelah atau semangatnya pudar.

Gabungkan ciri ini dengan kemampuan fleksibilitas mereka, maka Anda telah menemukan teman kerja yang super untuk mencapai tujuan kerja.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri orang yang dapat diandalkan sebagai teman kerja, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ciri-ciri Orang yang Akan Sukses di Masa Depan
Ciri-ciri Orang yang Dapat Diandalkan Sebagai Teman Kerja
Apa Untung Rugi Belanja Secara Grosir?
Apa yang Harus Dilakukan jika Sertifikat Tanah Hilang?
10 Tips Investasi untuk Pemula
5 Alasan Mengapa Bisnis Baru Sering Gagal
Hal Tabu yang Tidak Boleh Dilakukan Entrepreneur
Cara Mengajari Anak Hidup Sederhana
Cara Merekrut Karyawan Ala Mafia Manager
Aspek Keuangan yang Sering Terlupa dan Harus Diperhatikan


Bagikan Ke Teman Anda