Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ciri-ciri Orang yang Dapat Diandalkan Sebagai Teman Kerja

Di balik suatu badan usaha yang sukses, tentu terdapat seorang pemimpin yang handal dan tim yang solid. Sangatlah jarang suatu proyek berhasil dengan gemilang tanpa usaha dan kerja sama dari banyak pihak. Memang pastinya dibutuhkan seorang yang cemerlang sebagai pemimpin atau pengambil keputusan untuk mengarahkan alur kerja dan mengambil tempo yang tepat.

Tetapi, tanpa didukung oleh rekan-rekan yang memiliki kepribadian dan karakter yang berkualitas, suatu ide cemerlang akan jadi berantakan juga. Karena itulah, memilih rekan kerja yang tepat sangat penting dalam membentuk suatu tim kerja yang handal. Berikut ciri-ciri orang yang dapat diandalkan sebagai teman kerja.

Memiliki integritas tinggi

Sifat dasar seseorang sangatlah berpengaruh dalam gaya bekerja yang ditampilkannya. Itulah sebabnya penting untuk memilih teman kerja yang jujur, bermoral baik dan berprinsip kuat dalam melawan hal yang salah, atau dengan kata lain memiliki integritas yang tinggi. Tidak ada yang senang bekerja dengan orang yang tidak jujur dan manipulatif. Anda hanya akan membuang waktu dengan mencemaskan trik apa lagi yang akan dilakukannya daripada menyelesaikan pekerjaan tersebut. Inilah alasan utama mengapa memilih rekan dengan integritas tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.

Terbuka dan bisa bekerja sama

Tidak ada yang bisa bekerja dalam sebuah tim dengan seseorang yang memiliki ego yang tinggi dan keras kepala. Orang bersifat demikian cenderung tidak mau menerima kesalahan diri sendiri dan sibuk berkompetisi dengan rekan yang lain. Ia tidak bisa berbesar hati mengakui ide baru dari rekan kerja karena termakan oleh harga diri yang semu. Hasilnya, Ia akan menjadi orang yang susah diajak bekerja sama dan tim tersebut tidak akan bisa meraih prestasi yang baik karena Ia menutup diri dari ide-ide yang lebih baik, hanya karena ide tersebut dicetuskan oleh rekan yang dianggap saingannya.

Bisa mengambil keputusan

Penyebab paling utama dari gagalnya suatu proyek adalah karena tidak ada pengambil keputusan yang bijaksana dalam sebuah tim. Saat mengerjakan suatu proyek, sekalipun sudah membuat daftar tugas atau to do list yang rapi, selalu saja ada masalah-masalah lain yang timbul dan menuntut perhatian dan tenaga. Saat inilah kemampuan mengambil keputusan sangat diperlukan untuk menentukan prioritas dari tugas-tugas yang ada. Jika teralu sibuk mengurusi detail-detail yang kecil, bisa jadi pekerjaan tidak selesai pada waktunya. Tetapi jika hanya melihat pada garis besar masalah, proyek bisa terselesaikan dengan berantakan dan menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Dapat diandalkan

Seorang teman kerja yang baik dapat diandalkan dalam segala situasi. Apabila strategi yang diambil tidak berhasil, Ia tidak akan meninggalkan tim tersebut dan lepas tangan. Bagitu pula saat menghadapi masalah, Ia akan siap menyumbangkan pikiran dan tenaganya tanpa memperhitungkan untung rugi. Yang dipentingkannya adalah hasil yang baik bagi seluruh anggota tim dan bukannya mencari cara untuk menonjolkan kemampuannya. Teman kerja yang seperti akan membawa anggota tim yang lain ikut bersemangat, karena melihat etos kerjanya yang baik. Ia juga tidak akan ragu mengorbankan kepentingannya demi keberhasilan bersama dan mencapai target yang diinginkan.

Berdedikasi dan profesional

Tidak ada yang mengalahkan profesionalisme dalam sebuah lingkungan kerja. Seseorang yang bisa memilah-milah antara kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok dan memprioritaskan mana yang lebih penting saat dibutuhkan adalah teman kerja yang berharga. Bayangkan harus berurusan dengan seseorang yang selalu menolak lembur dipenghujung tengat waktu hanya karena janji bersenang-senang, pasti akan sangat memperlambat kinerja tim. Mereka yang memiliki dedikasi tinggi pada pekerjaan adalah salah satu aset dari sebuah perusahaan yang tidak tergantikan.

Tidak takut akan perubahan

Jaman pasti berubah seiring berjalannya waktu, dan begitu pula dengan teknologi, pangsa pasar dan strategi yang digunakan untuk meraih keuntungan tertinggi. Berurusan dengan teman kerja yang anti akan perubahan akan sangat membuang waktu. Terutama apabila alasan dibalik penolakan tersebut hanya karena Ia malas belajar mekanisme dan teknologi baru. Teman kerja yang seperti ini hanya akan memperlambat perkembangan usaha dan menjadi beban bagi tim.

Komunikatif dan menyenangkan

Semua sifat dan ciri-ciri diatas tidak akan membantu tanpa dibarengi dengan kepribadian yang menyenangkan dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Salah satu penyebab utama gagalnya sebuah tim adalah karena kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi. Teman kerja yang baik harus bisa membicarakan ide dan kemauannya dengan cara yang bisa dimengerti oleh anggota tim yang lain.

Tetapi penyampaian yang baik tidak banyak membantu jika dibarengi dengan pilihan kata yang terkesan sok dan bahasa tubuh yang kaku. Orang menjadi segan untuk mendengarkan lebih jauh, melontarkan pertanyaan dan berdiskusi. Karena itu, walaupun karakteristik ini tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan kerja seseorang, namun memilikinya akan sangat membantu dalam menjaga efektifitas sebuah tim kerja.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri orang yang dapat diandalkan sebagai teman kerja, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ciri-ciri Orang yang Dapat Diandalkan Sebagai Teman Kerja
Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
Mengapa Harus Membuat Surat Wasiat?
Pemikiran Al-Ghazali tentang Barter dan Uang
Menetapkan Tujuan agar Sukses Finansial
Mengapa Banyak Orang yang Tidak Memiliki Tabungan?
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Ajarkan Anak Keterampilan Penting Ini, Keterampilan yang Tidak Diperoleh di Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda