Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018

#2018 #Indonesia #orang #terkaya

Deretan orang terkaya di Indonesia selalu menjadi hal yang menarik untuk diketahui, dimana banyak lembaga yang mendata siapa saja yang menduduki deretan tersebut. Salah satunya adalah Majalah Forbes yang memang setiap tahun merilis siapa saja deretan orang-orang terkaya di dunia, termasuk Indonesia. Berikut adalah daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2017 dilansir dari Majalah Forbes:

1. Budi Hartono

Peringkat pertama diduduki oleh Robert Budi Hartono dengan total kekayaan US$ 9 miliar yang setara dengan Rp 128,6 triliun. Pria yang bernama asli Oei Hwie Tjhong ini merupakan putra dari pendiri PT. Djarum dan mengelolanya hingga sebesar sekarang bersama kakak laki-lakinya. Selain Djarum, R. Budi Hartono yang berusia 77 tahun ini juga mengelola bisnis di bidang perbankan yaitu sebagai pemegang saham terbesar Bank BCA. Ia juga mengelola bisnis di bidang agrobisnis berupa perkebunan kelapa sawit, elektronik yang berada di bawah brand Polytron, dan bidang properti.

2. Michael Hartono

Posisi kedua daftar orang terkaya Indonesia diduduki oleh Michael Hartono atau Oei Hwie Siang, yang merupakan kakak dari R. Budi Hartono. Total kekayaan Michael Hartono yang berusia 78 tahun ini ditaksir mencapai US$ 8,9 miliar atau sekitar Rp 127,14 triliun. Sama seperti adiknya, Michael Hartono juga memiliki lini bisnis lain yaitu dalam bidang perbankan, agrobisnis, dan properti.

3. Sri Prakash Lohia

Setelah kakak beradik Hartono, peringkat selanjutnya diduduki oleh Sri Prakash Lohia dengan total kekayaan US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 77,15 triliun. Pria 65 tahun asal India ini merupakan pendiri sekaligus CEO dari Indorama Corporation, perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil. Sri Prakash Lohia pertama kali mendirikan pabrik di tahun 1974 di Purwakarta dan mengembangkannya hingga memiliki berbagai cabang sampai tingkat mancanegara dengan karyawan lebih dari 19 ribu orang.

4. Chairul Tanjung

Nama Chairul Tanjung mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, karena memiliki perusahaan bisnis raksasa CT Corp yang membawahi berbagai bidang usaha. Namun ternyata dibalik kesuksesannya saat ini, pria berusia 55 tahun tersebut pernah dijuluki “Si Anak Singkong” karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. Kini kekayaan Chairul Tanjung ditaksir mencapai US$ 4,6 miliar atau sekitar Rp 65,7 triliun. Selain sebagai pebisnis, Chairul Tanjung juga pernah menjabat sebagai Menteri Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa di tahun 2014.

5. Tahir

Peringkat kelima orang terkaya diduduki oleh Tahir, pendiri Mayapada Group dengan total kekayaan ditaksir mencapai US$ 2,8 miliar atau setara dengan Rp 40 triliun. Sama seperti Chairul Tanjung, Tahir juga datang dari keluarga kurang mampu dimana ayahnya merupakan seorang tukang becak. Namun keterbatasan ekonomi justru membuat Tahir lebih terpacu untuk menjalankan usaha bisnisnya, yang dimulai dari bidang garmen hingga kini memiliki berbagai usaha di berbagai bidang. Tahir juga dikenal sebagai orang kaya yang dermawan karena sering memberikan donasi terutama di bidang kesehatan.

6. Murdaya Poo

Peringkat selanjutnya diduduki oleh Murdaya Poo, seorang pebisnis sekaligus politikus yang sempat menjabat menjadi anggota DPR periode 2004 – 2009. Murdaya Poo memulai bisnisnya dari usaha yang sangat kecil yaitu berjualan koran, dan terus melakukan bisnis di berbagai bidang seperti kontraktor, kelistrikan, dan alat olahraga. Dilansir dari Majalah Forbes, kekayaan Murdaya Poo saat ini ditaksir mencapai US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 30 triliun.

7. Theodore Rachmat dan Mochtar Riady

Nama Theodore Permadi Rachmat yang lebih dikenal dengan sebutan TP Rachmat menduduki peringkat ketujuh daftar orang terkaya di Indonesia, dimana total kekayaannya ditaksir mencapai US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 27,14 triliun. TP Rachmat merintis karirnya di PT. Astra sejak perusahaan tersebut baru memiliki beberapa karyawan di tahun 1968. TP Rachmat kemudian diangkat menjadi CEO Astra Group di tahun 1984 dan menjadikan perusahaan tersebut menjadi sebesar sekarang ini.

Selain TP Rachmat, pada peringkat ketujuh ini juga terdapat pebisnis sukses dengan jumlah kekayaan yang sama yaitu Mochtar Riady. Mungkin Anda merasa agak asing dengan nama tersebut, tapi tentu nama Lippo Group sudah sangat familiar di telinga kita. Mochtar Riady merupakan pendiri sekaligus presiden komisaris dari Lippo Group, dengan berbagai fokus bidang usaha yang dijalankan mulai dari properti, retail, hingga telekomunikasi.

8. Prajogo Pangestu

Satu lagi pebisnis sukses yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memulai karirnya dari tingkat bawah, yaitu Prajogo Pangestu yang menduduki peringkat kedelapan. Prajogo Pangestu sempat menjadi sopir angkot untuk mencari nafkah, hingga akhirnya bekerja dalam usaha kayu dan dapat mendirikan bisnisnya sendiri. Ia kemudian membangun Barito Group dan memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai angka US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,8 triliun.

9. Peter Sondakh

Peringkat kesembilan diduduki oleh Peter Sondakh, pendiri dan CEO dari PT. Rajawali Corporation yang merupakan holding company. Pria berusia 68 tahun ini memiliki total kekayaan yang ditaksir mencapai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 24,3 triliun. PT. Rajawali Corporation sendiri memiliki berbagai unit bisnis pada berbagai bidang, mulai dari properti, rokok, hotel, hingga media yaitu televisi RTV.

10. Ciputra

Peringkat kesepuluh dari daftar orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Ciputra, pendiri Ciputra Group yang memiliki fokus pada bidang properti. Bukan hanya itu, Ciputra juga mendirikan Jaya Group, Metropolitan Group, hingga berkecimpung di bidang pendidikan dengan membangun Universitas Ciputra. Kekayaan Ciputra kini dilansir mencapai angka US$ 1,6 miliar atau setara dengan Rp 22,9 triliun.

Itulah daftar sepuluh orang terkaya di Indonesia tahun 2017 versi Majalah Forbes, yang mana semuanya adalah pebisnis sukses dan handal. Hal yang dapat diambil pelajaran dari mereka adalah kekuatan tekad dan sifat pantang menyerah sehingga menjadikan mereka berada di posisinya yang sekarang ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2018, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Jenis Penipuan Scam yang Sering Terjadi di Indonesia
Resolusi Tahun 2018? Ini Beberapa Cara agar Kemampuan Diri Meningkat di 2018!
Ini Dia Trend Teknologi di Tahun 2018
Ingin Investasi Bitcoin? Perhatikan Dahulu Hal-Hal Berikut Ini!
Bagaimana Menjadi Orang yang Rajin dan Tidak Menunda Pekerjaan?
Bagaimana Menjadi Orang yang Penting?
Sebagian Besar Orang Sebenarnya Bangkrut! Mengapa?
Bagaimana Menjadi Orang di Atas Rata-rata? Ini Tipnya!
Sebagai Negara Maritim, Mengapa Indonesia Mengimpor Garam?
Kamu Mau Menjadi Orang yang Smart? Ini Tip agar Kamu Lebih Pintar!


Bagikan Ke Teman Anda