Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Daftar Gaji Fresh Graduate (Lulusan Baru) Tahun 2018

Lulus kuliah memang akhir dari pendidikan formal yang selama ini dijalani, namun di sisi lain menjadi awal bagi dunia yang baru. Fresh graduate atau lulusan baru adalah para pemula yang baru memasuki dunia kerja nyata, dan tentunya dari segi gaji pun berbeda dengan yang sudah berada pada tingkat profesional. Agar mengetahui gambarannya, berikut adalah gaji untuk fresh graduate pada beberapa profesi dan bidang pekerjaan:

1. Personalia (HRD)

Profesi atau bidang pekerjaan yang pertama adalah personalia, yang lebih dikenal juga dengan sebutan HRD (Human Resource Department). Bidang ini bertugas untuk mengatur semua hal yang berhubungan dengan pegawai, seperti perekrutan pegawai baru, mengurus fasilitas pegawai, dan lain sebagainya. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada bagian personalia berkisar antara Rp 3.500.000 hingga 4.500.000.

2. Administrasi

Hampir semua kantor dengan berbagai bidang usaha membutuhkan bagian administrasi, sehingga lowongan pada bidang pekerjaan ini memang cukup banyak. Fokus dari bidang administrasi pun beragam, seperti administrasi umum, administrasi gudang, administrasi marketing, administrasi keuangan, dan lain sebagainya. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada bidang pekerjaan administrasi berkisar antara Rp 2.500.000 hingga 3.500.000.

3. IT

Di era globalisasi dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat pesat, profesi IT memang sangat dibutuhkan. Terlebih lagi sekarang hampir semua sektor usaha dan perkantoran menggunakan perangkat komputer, teknologi, serta sistem informasi. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada bidang pekerjaan IT berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000.

4. Akuntan/Auditor

Bidang keuangan memang tidak pernah sepi dari peminat, begitu pula peranan akuntan dan auditor keuangan. Karena itu sampai sekarang kedua profesi tersebut memang menjadi salah satu profesi yang banyak diminati sekaligus dicari oleh perusahaan. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada profesi akuntan atau auditor keuangan sekitar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

5. Perbankan

Dalam bidang perbankan, ada beberapa bagian yang dapat dimasuki oleh fresh graduate seperti teller, customer service, relationship officer, dan lain sebagainya. Untuk bagian frontliner seperti teller dan customer service, biasanya gaji yang diberikan untuk fresh graduate berkisar antara Rp 3.000.000 sampai Rp 4.000.000. Sedangkan untuk bagian relationship officer, gaji yang diberikan untuk tingkat fresh graduate berkisar antara Rp 4.000.000 sampai Rp 5.000.000.

6. Sales

Sebagai penggerak roda perusahaan dalam mencari konsumen dan meningkatkan laba, profesi sales memang banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Meskipun biasanya terdapat target tertentu yang harus dipenuhi, sales juga memiliki peluang untuk mendapat penghasilan lebih dari bonus yang diberikan. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada profesi sales berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

7. Kreatif dan Periklanan

Bidang yang satu ini memang semakin menggeliat dengan adanya perkembangan teknologi dan peningkatan bisnis yang berpengaruh pada penguatan brand. Ada berbagai profesi yang terdapat dalam bidang kreatif dan periklanan, seperti copywriter, account executive, digital strategist, graphic designer, video editor, dan lain sebagainya. Untuk gaji fresh graduate pada bidang pekerjaan ini berkisar antara Rp 3.500.000 hingga Rp 5.000.000.

8. Tenaga Medis

Sama seperti bidang sebelumnya, pada bidang tenaga medis ini juga terdapat beberapa profesi seperti perawat, apoteker, analis, dokter, dan lain sebagainya. Dari beberapa profesi tersebut, gaji yang paling tinggi adalah profesi dokter yang berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000. Sedangkan untuk profesi lain pada tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan berkisar Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

9. Guru

Profesi selanjutnya adalah guru, yang bukan saja terpaku pada guru di sekolah namun juga guru di lembaga pendidikan selain sekolah seperti tempat bimbingan belajar atau kursus. Baik guru mata pelajaran di sekolah atau guru dengan kemampuan khusus seperti vokal atau tari, gaji yang didapat tidak jauh berbeda. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada profesi guru berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

10. Bangunan dan Konstruksi

Bidang yang satu ini bisa dibilang memiliki cakupan profesi yang cukup banyak, seperti arsitek, desainer, property, engineer, dan lain sebagainya. Dan berbeda dengan sebagian besar bidang pekerjaan yang telah disebutkan sebelumnya, pada bidang ini lebih mengacu pada pekerjaan di lapangan dibanding perkantoran. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan berkisar antara Rp 3.500.000 hingga Rp 5.000.000.

11. Teknik

Tidak jauh berbeda dari bidang sebelumnya, bidang pekerjaan teknik juga membutuhkan proses kerja yang langsung di lapangan atau in site. Bidang ini mencakup pekerjaan produksi, penggunaan alat berat, dan bagian teknis lainnya. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan pada bidang pekerjaan teknik ini berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000.

12. Hotel dan Restoran

Dengan meningkatnya bidang pariwisata di Indonesia, bidang hotel dan restoran pun ikut mengalami kemajuan. Karena itu sangat berbagai profesi dalam bidang ini banyak dibutuhkan, seperti cook helper, front desk hotel, restaurant crew, bakery, waiters, dan lain sebagainya. Untuk tingkat fresh graduate, gaji yang diberikan dalam bidang ini berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

Demikianlah daftar gaji yang diberikan untuk tingkat fresh graduate dalam beberapa bidang pekerjaan yang ada di dunia kerja. Perkiraan gaji disurvey dari situs pencari kerja, yang membuka lowongan kerja untuk fresh graduate. Perkiraan di atas bisa salah, kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat artikel ini.

Memang gaji yang didapat pada tingkat fresh graduate tidak begitu besar jika dibandingkan dengan pegawai yang sudah bekerja lebih lama. Yang terpenting untuk fresh graduate adalah pengembangan diri dengan belajar terus menerus. Gaji akan mengikuti sebesar kapasitas ilmu yang dipunyai.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang daftar gaji fresh graduate (lulusan baru) tahun 2018, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018
Ini Dia Trend Teknologi di Tahun 2018
Tips Negoisasi Gaji di Tempat Baru
Awas! Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Meminta Kenaikan Gaji!
Trend Teknologi Tahun 2018? Ini Prediksinya!
Perbedaan Gaji dengan Upah
Resolusi Tahun 2018? Ini Beberapa Cara agar Kemampuan Diri Meningkat di 2018!
Pengangguran Digaji? Ini Dia Untung Ruginya!
Perhitungan THR Karyawan (Tunjangan Hari Raya)
Apa itu Kebijakan Quantitative Tightening (QT)?


Bagikan Ke Teman Anda