Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Dasar-Dasar Keuangan Pribadi (Personal Finance)

Dalam mengelola dan mengatur anggaran keuangan dalam rumah tangga memang membutuhkan ekstra tenaga dan pikiran, serta tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memerlukan pengetahuan dan juga ilmu untuk melakukan itu semua, dalam penjelasan di wikipedia sendiri menjelaskan bagaimana keuangan pribadi dapat dikelola dengan prinsip-prinsip dasar keuangan sendiri.

Ada banyak penjelasan mengenai cara memperoleh, mengatur, menyimpan sampai mengeluarkan dana agar tidak terjadi defisit. Mulai dari rencana pengeluaran kecil sampai pengeluaran utama ditentukan secara detail dan cermat. Pentingnya hal ini disampaikan, karena menyangkut bagaimana Anda mampu mengatur setiap sen dana yang ada dan akan dikeluarkan.

Oleh sebab itu, pentingnya ilmu tentang menata financial Anda jauh lebih terkonsep serta teratur secara sehat, berikut salah satu contoh hal yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah pola keuangan yang baik yaitu dengan mengikuti ragam kursus keuangan. Apa saja yang menguntungkan dan apa saja panduan agar Anda memilih jenis kursus yang tepat, di bawah ini penjelasannya.

Dasar-dasar pengaturan keuangan pribadi :

1. Evaluasi

Dasar awal mengatur keuangan pribadi Anda adalah Anda harus memiliki rincian mengenai kursus yang akan Anda ambil. Sesuaikan dengan dasar keuangan yang Anda miliki, dengan mengevaluasi pendapatan juga pengeluaran Anda secara berkelanjutan. Anda harus paham akan kondisi keuangan Anda sebelumnya, karena hal ini menjadi tolak ukur akan manajemen keuangan yang Anda miliki.

Sebisa mungkin buatlah neraca sederhana yang menjelaskan mengenai aset utama Anda, biaya pokok, biaya harian, juga biaya cadangan. Dengan demikian Anda akan mengetahui dana yang Anda dapatkan dengan dana yang dikeluarkan, apakah terjadi minus atau tidak. Lakukan neraca secara rinci dan mendetail agar semua biaya dapat terkendali dengan benar, dan jangan biarkan ada dana tambahan yang tidak Anda lakukan pembukuan, karena bisa saja dana tersebut menjadi simpanan Anda untuk masa yang akan datang.

2. Tentukan Tujuan

Pentingnya Anda memiliki tujuan atau sasaran dalam mengikuti kursus keuangan, sama halnya memiliki mengapa Anda mengikuti kursus. Tentulah ada dasar visi dan misinya, bukan? Dengan tujuan yang jelas, maka Anda akan dengan mudah mengolah juga mengatur dana pendapatan dan pengeluaran Anda dalam waktu dan skala tetap. Contoh apakah uang yang Anda miliki akan digunakan hanya sekedar biaya hidup semata, pasti ada tujuan untuk kehidupan jangka ke depan.

Seperti jangka pendek dan juga jangka panjang, setelah Anda pensiun pasti Anda ingin kehidupan Anda lebih sejahtera tanpa beban. Dengan memiliki tujuan keuangan, maka Anda bisa mengatur setiap jumlah uang yang dimiliki untuk disimpan sebagai investasi dan hal lain yang bisa menunjang perekonomian Anda selama ke depan. Sehingga Anda dapat menikmati hidup tanpa takut dan resah mengenai beban biaya yang dimiliki.

3. Perencanaan Keuangan

Memiliki rencana keuangan yang matang menjadi salah satu keuntungan dalam Anda mengikuti kursus. Penting sekali, karena pada rencana ini Anda akan mengetahui bagaimana dana atau uang Anda bisa dikelola dengan bijak, mulai dari pengeluaran kecil sampai pengeluaran untuk biaya yang lebih besar. Contoh kasus pada perencanaan untuk biaya utama, pembayaran rumah, pajak, asuransi, pendidikan, dan sebagainya.

Dengan perencanaan keuangan juga dapat menekan biaya yang tidak penting, mengetahui secara rinci pendapatan yang Anda terima dan dapat mengetahui bagaimana cara agar Anda bisa menutupi biaya yang kurang. Serta memanfaatkan sisa dana yang ada untuk dialokasikan kepada hal yang lebih bermanfaat seperti saving atau investasi.

4. Pelaksanaan atau Eksekusi

Memang untuk merealisasikan perencanaan keuangan tidak mudah seperti apa yang Anda ikuti dalam kursus keuangan. Butuh komitmen, disiplin juga kematangan sikap untuk menuju sasaran menjadi kenyataan. Namun, pelaksanaan rencana keuangan sangatlah penting, apabila kondisi keuangan Anda tidaklah semakin membaik atau malah semakin terpuruk.

Maka disinilah peranan pelaksanaan keuangan untuk membantu bagaimana caranya agar pengaturan keuangan menjadi lebih sehat. Di samping itu juga pelaksanaan keuangan yang tepat sasaran, akan membuat Anda terhindar dari keinginan untuk menghabiskan dana tanpa terukur sebelumnya. Karena semua biaya sudah Anda plot sesuai dengan tujuan dan sasaran. Itulah tujuan Anda mengikuti kursus keuangan agar dapat melaksanakan hal yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin.

5. Evaluasi dan Kontrol

Point akhir yang menjadi patokan agar perencanaan keuangan Anda matang dan terkonsep adalah dengan melakukan evaluasi dan juga kontrol. Hal ini bisa Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan Anda, bisa dilakukan evaluasi pertiga bulan ataukah beberapa bulan. Tentu dengan evaluasi Anda akan mengetahui apakah pengeluaran Anda sudah sesuai dan pas dengan neraca yang Anda buat ataukah ada penyimpangan lain.

Dan dengan kontrol, maka setiap dana yang masuk akan Anda catat dan lakukan pengalokasian sesuai dengan kebutuhan. Sehingga pengaturan keuangan Anda menjadi lebih sehat dan juga berjalan dengan lancar. Tentunya juga dalam pelajaran yang Anda ikuti melalui kursus dapat menjelaskan bagaimana pentingnya mengevaluasi dan mengontrol semua biaya dalam 1 neraca atau jurnal.

Diharapkan dengan kursus yang Anda ikuti selama waktu berjalan, perencanaan dan dasar keuangan yang Anda miliki matang. Sehingga Anda semakin mahir mengatur dan mengelola setiap dana yang Anda terima, dan menghindari dari anggaran defisit di masa sekarang dan masa yang akan datang. Selain kursus, Anda juga bisa mempelajari ilmu keuangan di google, semua bisa di akses secara gratis dan sangat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang dasar-dasar keuangan pribadi (personal finance), semoga bermanfaat bagi Anda semua.



5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
4 Tip Keuangan Untuk Keluarga Baru
Sudah Saatnya Mempersiapkan Dana Darurat, Ini Caranya!
8 Prinsip untuk Mengelola Keuangan dengan Baik
Cara Orang Kaya Tetap Kaya
Apa Itu Hedonisme dan Mengapa Tak Baik untuk Keuangan Keluarga
Sehatkah Keuangan Anda? Ukur dengan 8 Cara Berikut Ini
Apakah Keuangan Kamu Sehat? Berikut Cara Mengukurnya
Ingin Menjadi Semakin Produktif? Berikut Tipsnya!
Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA


Bagikan Ke Teman Anda