Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Fakta & Rahasia yang Hanya Diketahui oleh Orang Kaya

Orang kaya mempunyai rahasia umum yang mereka pegang dalam hidupnya. Rahasia umum sebenarnya sudah diketahui banyak orang, namun hanya orang kaya yang melakukannya. Berikut adalah beberapa rahasia & fakta yang hanya diketahui oleh orang kaya.

Investasi sedini mungkin

Mereka tidak membiarkan uang mereka hanya mengendap dalam tabungan, mereka mengalokasikan sebagian pendapatan untuk investasi dan saat sudah terkumpul sesuai dengan target, mereka akan investasikan uang tersebut. Anda pun bisa meniru hal ini. Berikan uang Anda pada orang lain, investasikan, dan uang Anda akan kembali dalam jumlah yang lebih besar.

Bila investasi semacam properti masih terlampau jauh dari modal, Anda bisa mulai berinvestasi dengan mengumpulkan emas (Antam, misalnya). Instrumen perbankan semacam deposito juga bisa Anda pertimbangkan. Yang perlu Anda ingat di sini adalah berinvetasi sedini mungkin dan manfaatkan bunga majemuk (compound interest) agar hasil yang Anda dapatkan tumbuh secara eksponensial.

Anda perlu tahu bahwa kaum ekonomi kelas menengah cenderung berfokus pada aktivitas yang membawa kesenangan, sedangkan mereka yang berada di kelas atas akan berfokus pada aktivitas yang menghasilkan uang. Mereka menggunakan uang untuk membuat uang, dengan kata lain mereka menginvestasikan uang yang mereka miliki dan hal itu perlu dilakukan sedini mungkin.

Tidak menghabiskan uang untuk membuat orang lain terkesan
Barang-barang mahal adalah overrated dan kebanyakan orang kaya tidak menghabiskan waktu dan uang mereka untuk membeli hal-hal tersebut agar orang lain terkesan. Mereka paham bahwa memiliki hal tersebut bukanlah semacam balapan. Mereka sendiri telah sukses dan menjadi kaya, sehingga mereka tidak berfokus pada hal-hal superfisial yang dipikirkan orang lain tentang diri mereka.

Menurut buku The Millionaire Next Door, kunci rahasia orang-orang kaya di Amerika Serikat adalah mereka cenderung untuk hidup di bawah kemampuan mereka yang sebenarnya, mereka tidak memiliki gaya hidup mewah dan berlebihan. Mereka tidak akan menjadi kaya bila mereka kerap menghabiskan uangnya untuk bersaing dengan orang lain dalam hal gengsi.

Menggunakan uang agar nampak kaya merupakan cara tepat untuk meruntuhkan tujuan Anda untuk menjadi kaya. Sehingga fokuslah untuk menggunakan uang untuk poin pertama yang kami paparkan, yaitu berinvestasi.

Paham perbedaan “aset” dan “tanggungan”

Rumah pribadi bukanlah aset melainkan kebutuhan primer (sandang, pangan, papan). Bahkan ada yang menganggap rumah pribadi sebagai liability atau tanggungan karena akan selalu ada pengeluaran lebih yang berkaitan dengan rumah. Seperti cicilannya (KPR), biaya perawatan, tagihan listrik/air/telepon bulanan, dll. Sama halnya dengan mobil.

Rumah atau properti tambahan bisa disebut dengan aset dan dapat Anda jadikan pendapatan pasif (passive income), sehingga dapat membantu Anda untuk mengumpulkan pundi-pundi uang tanpa harus bekerja secara aktif.

Misalnya dengan menginvestasikan salah satu rumah Anda untuk dijadikan kos-kosan atau dikontrakkan. Investasi berbentuk saham juga merupakan passive income karena Anda bisa mendapatkan dividennya dalam jangka waktu tertentu.

Tidak memiliki kredit/hutang

Kredit kurang lebih sama dengan hutang. Kredit dengan bunga yang tinggi dan terus berputar merupakan salah satu ancaman terbesar bagi kebebasan finansial. Hal tersebut tentu dapat menjadi beban. Apalagi uang yang digunakan untuk membayar bunga kredit mestinya akan lebih berguna bila untuk ditabung atau investasi.

Orang kaya yang memiliki kredit tentunya menggunakan hal tersebut dengan bijak dan berkomitmen membayarkan tagihan mereka tepat waktu dan utuh setiap bulannya. Jangan menunggu hingga tanggal jatuh tempo atau membayarkan hutang kartu kredit dalam jumlah minimal, apalagi hingga menunggak.

Pola pikir yang sama akan kredit juga dapat diterapkan pada pembelian rumah, mobil, motor, maupun gawai. Ketimbang memiliki rumah lewat KPR, tidak ada salahnya mengontrak saja hingga dana benar-benar terkumpul.

Coba bayangkan sebenarnya lebih kaya mana, orang yang mampu membayar sebuah rumah/mobil/motor secara kontan di muka atau yang hanya mampu membayarnya dengan cara mencicil?

Selalu belajar dan berkembang

Orang kaya selalu memiliki keinginan untuk belajar. Bagi mereka buku-buku bertemakan kepemimpinan dan biografi dapat menjadi ilmu yang lebih berharga ketimbang berita tentang selebriti atau acara TV apa yang sedang populer. Mereka menghabiskan waktu senggang mereka secara bijak dan untuk hal-hal yang menambah pengetahuan maupun keterampilan.

Meskipun mereka dapat pensiun kapan saja dan menikmati hasil kerja/investasinya, kebanyakan orang kaya memutuskan untuk tetap belajar dan bekerja. Hal ini karena, menurut mereka, hidup dapat berubah menjadi membosankan bila tidak diisi dengan kegiatan yang membuat mereka otak dan fisik mereka tetap aktif.

Bergaul dengan orang-orang sukses dan membawa energi positif
Ada yang mengatakan bahwa Anda adalah cerminan dari kelima orang dalam lingkup pergaulan Anda. Hal ini tentunya berkaitan dengan teori belajar modelling atau meniru orang yang ada di sekitar kita untuk menyerap apa yang mereka miliki.

Bila Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang sukses dan positif, Anda tidak hanya dapat belajar dari mereka, namun lambat laun Anda pasti akan berpikir, “Bila mereka dapat melakukannya, mengapa saya tidak?” Hal ini tentunya dapat memotivasi Anda untuk berkembang dan memiliki perilaku yang sama selayaknya orang yang telah sukses.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang fakta & rahasia yang hanya diketahui oleh orang kaya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



6 Fakta Bisnis Orang Jepang
Pengen Anaknya Jadi Milyuner? Ajarkan Hal-hal Berikut ke Anak!
5 Rahasia untuk Memulai Bisnis
Ingin Menjadi Kaya Seperti Milyuner? Intip Rahasia Berikut Ini!
Ini Dia Alasan-alasan Mengapa Anda Tidak Kunjung Menjadi Milyuner
Cara Memersiapkan Anak supaya Jadi Milyuner
Mau Berhasil Menabung? Ini Dia Rahasia Cara Menabung yang Benar
Rahasia Tentang Uang yang Hanya Diketahui Para Milyarder
Bagaimana Cara Menjadi Milyuner?
Hawala, Cara Transfer Uang Luar Negeri dengan Cepat & Rahasia


Bagikan Ke Teman Anda