Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Future Value dan Bagaimana Cara Menghitungnya

#future value #time value

Mengenal Time Value

Time value atau nilai waktu yang dimiliki oleh uang adalah salah satu teori dasar mengenai manajemen keuangan. Teori ini menyatakan bahwa nilai uang yang Anda miliki saat ini dapat menjadi lebih besar di masa mendatang.

Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun teori ini menyokong konsep mengenai suku bunga dan dapat digunakan untuk membandingkan berbagai macam investasi, seperti pinjaman, obligasi, hipotek atau pegadaian, kontrak, dan tabungan.

Sehingga Anda dapat menginvetasikan uang Anda hari ini dan mendapatkan hasil dari investasi tersebut dalam jangka panjang, seperti dari bunga yang diberikan atau dari hasil bagi keuntungan.

Bagaimana cara menghitung time value?

Kalkulasi time value membuat Anda dapat membandingkan nilai dari pembayaran di masa depan. Untuk dapat melakukan hal ini, ada lima hal yang perlu Anda perhatikan: suku bunga, jangka waktu atau berapa kali suku bunga atau bagi hasil diberikan, pembayaran, nilai uang saat ini (present value) dan nilai uang di masa mendatang (future value).

Kelima hal tersebut akan memengaruhi berapa banyak uang yang harus Anda miliki saat ini untuk mendapatkan, misal, Rp100.000.000,00 dalam waktu enam tahun dengan suku bunga sebesar 5 persen.

Apa itu present value?

Present value merujuk pada nilai yang dimiliki uang pada saat ini. Bila saat ini Anda memiliki Rp1.000.000,00, maka nilai uang tersebut adalah sebesar Rp1.000.000,00. Bila Anda hanya menyimpan uang tersebut di rumah, maka nilainya akan berkurang di masa mendatang karena berarti Anda menghilangkan nilai bunga yang bisa Anda dapatkan melalui investasi.

Jumlah tersebut juga akan berkurang nilainya karena inflasi—yang menaikkan harga barang. Inilah risiko menyimpan uang ketimbang menginvestasikannya.

Apa itu future value?

Future value, atau nilai uang di masa mendatang, menunjukkan manfaat dari investasi dan perolehan dari suku bunga.

Ada dua macam suku bunga yang dapat Anda gunakan untuk menghitung future value, yaitu simple interest dan compound interest. Simple interest adalah bunga yang Anda dapatkan dari nilai investasi Anda saat ini. Sedangkan compound interest (bunga berbunga, bunga majemuk) adalah bunga yang Anda dapatkan dari investasi Anda saat ini dan dari akumulasi investasi tersebut.

Cara menghitung future value

Anda dapat menghitung future value dari uang yang Anda investasikan saat ini dengan melipatgandakan uang Anda sesuai dengan faktor future value. Ada dua macam rumus yang dapat Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan simple annual interest dan annual compound interest.

Rumus dengan menggunakan simple interest:

Future value = PV x [1+(i x n)]

PV: Present value, uang yang Anda investasikan saat ini
i: suku bunga
n: jangka waktu/periode

Mari gunakan contoh simpanan yang Anda miliki tadi, yaitu Rp1.000.000,00. Berapa uang yang akan Anda dapatkan dengan menginvestasikannya selama dua tahun dengan suku bunga (simple interest) 5 persen per tahun?

Present value di sini merupakan uang pokok Anda, yaitu satu juta. Dengan i sebesar 5% atau 0,005 dan n 2 (tahun). Bila dimasukkan dalam rumus di atas akan menjadi:

Future value = 1000000 x [1+(0,005 x 2)]

Sehingga future value uang Anda dalam waktu dua tahun adalah Rp1.010.000,00.

Rumus dengan menggunakan compound interest:

Future value = PV x (1+i)n

PV: Present value, uang yang Anda investasikan saat ini
i: suku bunga
n: jangka waktu/periode

Mari gunakan contoh tabungan yang sama, yaitu Rp1.000.000,00. Berapa uang yang akan Anda dapatkan dengan menginvestasikannya selama dua tahun dengan suku bunga 5 persen per tahun dan compound interest tahunan?

Present value di sini merupakan uang pokok Anda, yaitu satu juta. Dengan i sebesar 5% atau 0,005 dan n 2 (tahun). Bila dimasukkan dalam rumus di atas akan menjadi:

Future value = 1000000 x (1+0,005)2

Sehingga future value uang Anda dalam waktu dua tahun adalah Rp1.102.500,00.

Dengan rincian setahun mendatang, Anda akan mendapatkan bunga sebesar Rp50.000,00 dan total uang Anda akan menjadi Rp1.050.000,00. Setahun setelahnya Anda akan mendapatkan compound interest sebesar Rp52.500,00 (5 persen dari Rp1.050.000,00) dan total uang Anda adalah Rp1.102.500,00 dalam waktu dua tahun.

Agar tidak salah dalam menggunakan rumus ini, Anda harus memerhatikan suku bunga per periode dan periode investasi. Periode investasi juga harus sesuai dengan kapan investasi berbunga majemuk (compounded). Dalam contoh di atas, bunga yang diperoleh dalam waktu tahun dan berbunga majemuk dalam waktu tahunan pula.

Ada pun investasi yang memberikan bunga bulanan, sehingga nilai n yang dimasukkan dalam rumus pun berubah menjadi periode investasi dalam waktu bulan.

Perhatikan pula bahwa suku bunga selalu berdasar pada present value atau investasi pokok Anda (present value), sedangkan compound interest berarti present value tumbuh secara eksponensial.

Menghitung future value dapat memberi keuntungan tersendiri bagi Anda. Namun Anda harus ingat bahwa teori future value ini tidak mengikutsertakan faktor inflasi dan tidak menyesuaikan nilai uang Anda di masa depan dengan adanya inflasi. Naik turunnya suku bunga maupun nilai mata uang pun akan memengaruhi nilai uang dan aset di masa mendatang.

Demikianlah sedikit mengenai future value dan cara menghitungnya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dalam pengelolaan keuangan Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang future value dan bagaimana cara menghitungnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kisah dan Pengalaman Orang-Orang Kaya yang Jatuh Miskin
Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri Anda!
Mengapa Sisa Makanan di Retoran Dibuang? Mengapa Tidak Disumbangkan?
Haruskah Drop Out (DO) untuk Fokus Membangun Startup?
Gagal Buat Startup? Bikin Startup Baru Lagi Saja!
Tips untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) agar Semakin Maju
Keunggulan Kartu ATM dengan Teknologi Chip
Inilah 4 Kekuatan Bisnis Orang Yahudi yang Perlu Anda Tahu
6 Fakta Bisnis Orang Jepang
6 Prinsip Bisnis Orang Cina


Bagikan Ke Teman Anda