Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Gaji Selalu Habis dan Kesulitan Menabung? Ini Tips Mengatasinya!

Hal yang sering menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang yang telah bekerja beberapa waktu adalah, dapat apa saja selama ini? Mengapa seperti tidak ada apapun yang didapat, apalagi yang tersisa? Padahal kita mendapatkan gaji rutin setiap bulannya, tapi kemana saja uang itu sampai tidak ada sisanya?

Pertanyaan-pertanyaan itu akan bermuara pada satu akar masalah yang masih saja sulit diatasi, yaitu tidak bisa menabung. Menabung memang bukan tugas yang mudah, karena bagaimanapun menghabiskan uang lebih menyenangkan dibanding menyimpannya. Tapi bukan berarti PR besar itu tidak mungkin dilakukan, selama ada tekad dan usaha yang kuat. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membantu Anda menabung:

1. Membuat Tujuan Menabung

Hal yang pertama harus dilakukan sebelum dapat mulai menabung dengan baik adalah menentukan tujuan dan target menabung. Buatlah tujuan dan target sedetail mungkin untuk membantu Anda dalam meraihnya. Misalnya, tabungan untuk keadaan darurat dengan target sekian juta rupiah, tabungan untuk pendidikan anak dengan target sekian juta rupiah, dan lain sebagainya.

Hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum menabung adalah membuat rekening khusus tabungan yang terpisah dari rekening utama Anda. Memisahkan rekening tabungan akan membantu Anda memantau jumlah tabungan serta menghindari uang di dalamnya terpakai untuk keperluan lain.

Agar mempermudah mengisi tabungan secara rutin, Anda bisa mengikuti program auto debet yang langsung memotong sejumlah uang dari rekening utama untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Anda juga harus berkomitmen untuk tidak menggunakan uang tabungan selain dari tujuannya, apalagi jika belum mencapai target yang diinginkan.

2. Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Salah satu hal yang sering membuat gaji habis tanpa sisa adalah membeli semua yang diinginkan tanpa memikirkan lagi apakah hal itu memang kita butuhkan. Karena itu agar dapat mengatur keuangan lebih baik dan menabung secara rutin, pisahkanlah antara kebutuhan dengan keinginan. Anda juga bisa memisahkannya dengan membuat skala prioritas, yaitu mengurutkan rencana pengeluaran berdasarkan tingkat kepentingannya.

Selanjutnya Anda harus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan saja dan mengabaikan keinginan. Biasakanlah untuk berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu, terutama saat tergoda untuk melakukan pembelian yang tidak penting atau pembelian impulsif. Meskipun jumlahnya tampak sedikit, tapi justru dari pembelian impulsif yang sedikit demi sedikit itu kemudian menumpuk menjadi banyak. Kalau sudah begitu, tabungan Anda akan terancam tidak dapat bertambah seterusnya.

3. Mencatat Pengeluaran

Selain membuat rencana pengeluaran, mencatat pengeluaran secara rutin dan rapi juga akan sangat membantu Anda untuk berhemat. Dengan adanya pencatatan tersebut, Anda lebih bisa memantau pengeluaran yang dilakukan dan mengecek apakah sudah sesuai dengan budget yang dibuat. Anda juga bisa melakukan evaluasi untuk bulan selanjutnya agar menghindari kesalahan yang sama.

4. Mengambil Uang dari Rekening Secara Rutin

Untuk menghindari pengeluaran berlebih yang tidak terkontrol, Anda bisa mengambil uang tunai secara rutin sesuai dengan jumlah budget yang ditentukan. Misalnya Anda sudah membuat budget pengeluaran mingguan berdasarkan kebutuhan, maka ambilah uang dengan nominal yang sesuai. Hal ini akan membuat Anda berpegang pada budget yang dibuat dan menghindari pengeluaran berlebih jika dibanding pengambilan uang tunai yang tidak teratur.

Anda dapat menyesuaikan waktu pengambilan uang dengan situasi dan kondisi. Jika seminggu sekali dirasa terlalu lama dan terlalu banyak uang yang dipegang sehingga khawatir malah terpakai, Anda bisa mengambilnya tiga kali sehari. Yang terpenting adalah mengambil uang sejumlah dengan rencana atau budget yang telah dibuat, baik harian atau mingguan. Jadi mulai sekarang tinggalkan kebiasaan mengambil uang dari ATM saat dompet sudah kosong. Bukan uang yang menyesuaikan pengeluaran, tapi pengeluaran yang harus menyesuaikan uang yang ada.

5. Mencari Pembelian yang Menguntungkan

Jangan ragu untuk berburu diskon, cashback, kupon, hingga free item yang ditawarkan saat membeli barang tertentu. Keuntungan yang didapat tersebut bisa membantu Anda dalam menghemat uang yang harus dikeluarkan. Anda perlu sering-sering mengecek tempat belanja mana saja yang sedang menawarkan berbagai keuntungan tersebut. Sekarang juga sudah banyak tempat belanja dan brand yang memberikan penawaran menarik dengan menjadi anggota.

Namun ingat untuk berpegang pada prinsip membeli barang yang dibutuhkan saja. Jika penawaran tersebut mencakup barang yang tidak kita butuhkan, silakan dipikirkan lagi. Coba kalkulasikan apakah lebih menguntungkan membeli dengan penawaran tersebut atau dengan harga asli. Jika masih lebih murah dengan harga asli, maka Anda tidak perlu mengambil penawaran tersebut karena itu sama saja melakukan pembelian impulsif akan barang yang tidak diperlukan.

6. Merencanakan Investasi dengan Tepat

Berinvestasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan tambahan uang, yang tentunya dapat menambah tabungan yang dimiliki. Namun tanpa adanya tindakan investasi yang tepat, tidak akan ada keuntungan yang didapat. Malah bisa jadi, Anda harus menanggung resiko kerugian yang kemudian mau tidak mau mengambil tabungan.

Karena itu, Anda perlu untuk mencari informasi selengkap mungkin dan melakukan pertimbangan yang bijak sebelum melakukan investasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada pakar keuangan yang tentunya lebih ahli dan mengerti mengenai bidang tersebut. Persiapkan semua yang dibutuhkan dengan matang supaya investasi yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Demikianlah beberapa tips agar dapat menabung dengan baik dan membuat gaji yang didapat tidak habis begitu saja. Memang diperlukan pengorbanan di berbagai aspek, terutama dalam mengalahkan ego sendiri untuk memiliki berbagai barang impian. Tapi semua itu akan membuahkan hasil yang setimpal, yaitu tabungan yang nominalnya terus bertambah. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips mengatasi gaji selalu habis dan kesulitan menabung, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Apa yang Harus Dilakukan Bila Dompet Hilang?
Bagaimana Restoran Buffet (All You Can Eat) Mendapatkan Untung?
Apa Itu ‘Bank Stress Test’?


Bagikan Ke Teman Anda