Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal Berikut Seharusnya Diajarkan di Sekolah

Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk memberikan pembelajaran kepada siswa di bawah bimbingan dan pengawasan dari seorang guru. Kebanyakan negara yang ada di dunia memiliki sistem pendidikan formal yang uumunya diwajibkan dan hanya beberapa negara saja yang mempunyai sistem pendidikan non formal.

Sekolah sebagai tempat siswa mempelajari berbagai hal tentu akan mengajarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang seharusnya diajarkan oleh guru kepada siswanya demi kebaikan dan keberlangsungan hidup mereka dimasa yang akan datang. Berikut ini akan dipaparkan mengenai hal tersebut dalam bentuk poin-poin.

1. Cara Membayar Pajak Penghasilan

Saat kita sekolah mungkin belajar bahwa seorang yang berpenghasilan harus membayar pajak penghasilan. Tetapi kita tidak diajarkan bagaimana cara membayar pajak penghasilan, bagaimana menghitung pajak penghasilan, bagaimana melaporkan SPT Tahunan, dll. Alhasil ketika sudah lulus sekolah dan bekerja, kita jadi bingung kenapa gaji kita berkurang karena potongan pajak.

Sekolah harusnya memberi pelajaran cara menghitung pajak penghasilan, kemana harus membayarnya, bagaimana mengisi SPT, dll. Toh cepat atau lambat murid tersebut akan membayar pajak penghasilan di kemudian hari. Kalau sudah belajar waktu sekolah, tentunya pembayaran pajak menjadi lebih mudah.

2. Cara Memasak

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa banyak wanita masa kini yang tidak memiliki keahlian memasak. Sibuknya keseharian mereka dalam bekerja atau menempuh pendidikan, menyebabkannya tidak mempunyai waktu luang untuk belajar memasak. Memasak bukan hanya kunci agar bisa bertahan hidup, tetapi kegiatan tersebut juga merupakan modal yang sangat penting bagi seorang wanita untuk menjalani kehidupan rumah tangganya kelak.

Ketika seorang wanita telah menikah, maka dia tidak hanya mengurus dirinya sendiri tetapi dia juga harus mengurus suami dan anak-anaknya. Oleh karena itu, seorang wanita tidak hanya dituntut memiliki kemampuan dalam mengurus rumah, tetapi mereka juga harus bisa memasak.

Apabila seseorang tidak memiliki kemampuan masak, maka dia akan selalu membeli makanan di restoran. Kemampuan memasak tidak hanya perlu dimiliki oleh seorang wanita, namun bagi seorang pria pun kemampuan ini sangat penting untuk dikuasai. Terutama jika kelak seorang pria akan bekerja jauh dari keluarganya dan hidup sendiri. Maka dari itu, pembelajaran memasak sangat penting diajarkan di sekolah mengingat begitu pentingnya kegiatan tersebut dimasa yang akan datang.

3. Kemampuan Bersosialisasi

Setiap orang membutuhkan orang lain di kehidupannya karena pada dasarnya tidak ada seorang manusia pun yang mampu hidup sendiri. Dalam bersosialisasi tentu akan ada adab, etika dan tata cara dalam berhubungan dengan orang lain. Sekilas hal tersebut nampak mudah. Namun faktanya ada banyak anak yang tidak mampu bersosialisasi dengan teman di sekolah atau rumahnya sehingga dia menjadi korban penganiayaan oleh rekan-rekannya. Setidaknya harus tertanam rasa empati dalam diri siswa.

Kemampuan bersosialisasi pada anak harus dipupuk sejak dini. Seorang anak yang mampu bersosialisasi dengan baik akan memiliki banyak teman. Sebaliknya, mereka yang tidak mampu bersosialisasi, akan mempunyai sedikit teman atau bahkan tidak ada satu orang pun yang menjadi temannya. Ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan saat berinteraksi dengan orang lain, tetapi yang paling utama adalah Anda harus bisa menjaga sikap dengan baik agar dapat diterima di lingkungan masyarakat.

4. Keterampilan Memberikan Pertolongan Pertama

Suatu musibah dapat datang kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri Anda dalam kurun waktu 5 menit yang akan datang. Bisa saja beberapa menit kemudian Anda akan terjatuh atau terluka oleh beda tajam. Kondisi semacam itulah yang harus selalu diantisipasi. Jika seorang siswa telah dibekali keterampilan memberikan pertolongan pertama, maka dia tidak akan merasa kebingungan ketika menemui seseorang yang mengalami musibah seperti pingsan atau terluka. Dia sudah mengetahui apa yang harus dilakukannya dalam rangka memberikan pertolongan pertama kepada korban.

5. Cara Memanfaatkan Keuangan Dengan Bijak

Tidak dipungkiri lagi bahwa ketika seseorang telah memiliki penghasilannya sendiri, mereka harus mampu membagi uang tersebut untuk berbagai hal seperti membayar tagihan bulanan dan belanja berbagai kebutuhan. Akan tetapi, disisi lain mereka juga harus bisa menyisihkan uangnya untuk menabung atau berinvestasi. Dengan begitu, kelak ketika sudah dewasa mereka akan terbiasa mengatur dan memanfaatkan uangnya dengan sebaik mungkin.

Mengajarkan cara memanfaatkan uang dengan bijak kepada siswa akan mengajarkan mereka untuk hidup hemat. Disamping itu, hal tersebut juga akan sangat berguna dimasa depan ketika siswanya telah mampu bekerja dan mempunyai penghasilannya sendiri.

6. Pemanfaatan Teknologi

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Selalu ada teknologi terbaru yang ditemukan oleh para ilmuan. Hal itu membuat peralatan elektronik semakin banyak dijual dipasaran dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Tidak heran jika Anda kerap kali menemui anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar telah membawa smartphone dan dapat menggunakannya dengan lancar.

Pemanfaatan teknologi dapat berdampak buruk dan baik. Semua itu tergantung dari si penggunanya. Apabila si pengguna memanfaatkan teknologi untuk berbagai kegiatan positif, maka akan berdampak baik baginya. Sebaliknya jika teknologi digunakan melakukan suatu kegiatan yang negatif, maka akan berdampak buruk baginya. Disinilah perlu adanya peran dari sekolah dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada para siswanya agar tidak salah dalam memanfaatkan teknologi.

7. Public Speaking

Setelah selesai sekolah dan bekerja, ternyata kemampuan public speaking sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Di tempat kerja mungkin kita disuruh untuk presentasi, di lingkungan tempat tinggal mungkin ada acara rapat dan kita disuruh jadi pemimpin rapat, di tempat ibadah mungkin kita disuruh maju ke depan untuk memimpin ibadah; nah semua hal tersebut memerlukan kemampuan public speaking.

Banyak orang grogi ketika disuruh presentasi atau memimpin rapat. Bukan karena orang tersebut tidak mampu, namun mungkin karena kurang latihan jadi mereka takut untuk tampil ke depan.

Sekolah sebaiknya mengajarkan murid-muridnya bagaimana caranya melakukan presentasi, bagaimana mempersiapkan presentasi, bagaimana cara berbicara di depan umum, dll. Tidak hanya diajarkan secara teori, tetapi juga prakteknya di lapangan.

8. Cara Berinvestasi

Mungkin sekolah mengajarkan bagaimana caranya menabung. Tetapi sepertinya tidak ada sekolah caranya berinvestasi.

Mungkin ada yang mengajarkan teori-teori apa itu investasi, apa itu reksadana, apa itu  saham. Tetapi tidak pernah ada yang mempraktekkan bagaimana caranya membeli saham, bagaimana caranya membeli reksadana, bagaimana mendapatkan untung dari investasi tersebut, dll.

Padahal investasi itu sangat penting diketahui dan dipraktekkan oleh orang yang bekerja. Tanpa berinvestasi gaji tiap bulan bisa melayang habis tergerus inflasi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang seharusnya diajarkan di sekolah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Pelajaran dari Dunia Korporat yang Bisa Dipetik
Belajar Giat tapi Tak Kunjung Sukses, Mengapa?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah
Ini Dia Cara Praktis Belajar Ekonomi yang Mudah, Efektif dan Efisien!
Inilah Beberapa Pelajaran yang Tidak Didapat di Sekolah Bisnis
Belajar dari Krisis di Venezuela
Pelajaran Apa yang Akan Diperoleh di Sekolah Bisnis?
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah
Belajar Sistem Penganggaran Metode Amplop
Financial Skill yang Harus Dipelajari di Sekolah


Bagikan Ke Teman Anda