Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Hal-hal yang Layak Dibeli dengan Harga Mahal

Daripada membeli liabilitas yang mahal, lebih baik membeli aset yang mahal. Hal ini bisa jadi merupakan prinsip keuangan yang dianut hampir semua orang. Namun tahukah anda bahwa beberapa hal yang sekilas mata kita anggap sebagai liabilitas – memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap sepele sehingga beberapa orang malah menganggapnya lebih sebagai aset daripada liabilitas?

Karenanya mereka rela mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan hal atau barang tersebut. Kira-kira apa saja mereka? Kita simak yuk!

1. Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu hal yang layak untuk dibayar mahal. Hal ini karena pendidikan merupakan salah satu pintu gerbang menuju kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pendidikan juga membuat anda ‘berisi’ dan tidak sekedar menjadi ‘kepompong yang kosong’.

2. Buku

Buku sekilas mata memang sebuah liabilitas. Harga sebuah buku akan turun segera setelah anda membelinya. Namun Ilmu, pengetahuan, informasi, yang ada di dalam buku merupakan aset bagi kita. Terutama jika dengan membaca buku tersebut kita mendapatkan pengetahuan yang tidak kita dapatkan sebelumnya. Sebagai contoh, membeli buku mengenai penggunaan Photoshop bisa membuat anda dari tidak bisa Photoshop menjadi bisa Photoshop.

Jika hal ini berkaitan erat dengan pekerjaan anda – atau bisa menunjang pekerjaan yang anda lakukan, hal ini tentu saja sangat berharga bagi anda. Sehingga membeli buku dengan harga mahal pun terasa tidak sia-sia. Bagaimana? Anda setuju?

3. Hubungan dengan Keluarga

Hubungan dengan keluarga merupakan Intangible Asset yang sangat berharga bagi setiap orang. Kenapa keluarga? Karena teman suatu saat bisa berubah, sahabat bisa dipisahkan oleh jarak dan keadaan. Rekan anda di kantor; apakah anda yakin mereka bersikap sama di depan dan di belakang anda? Bawahan anda di kantor; apakah anda yakin mereka tetap menghargai anda jika anda sudah bukan siapa-siapa?

Namun hubungan keluarga adalah hubungan darah yang diberikan oleh Tuhan. Anda akan bersama keluarga anda hingga anda tua, sakit-sakitan, lalu meninggalkan dunia. Setelah anda wafatpun yang tetap bisa mendampingi anda adalah ridho dari orang tua dan doa anak yang soleh dan soleha. Sehingga tidak ada salahnya jika anda mengeluarkan banyak uang dalam rangka memelihara kehangatan hubungan keluarga. Mengajak mereka liburan, makan-makan di restoran atau membelikan hadiah kejutan. Tak ada yang sia-sia jika itu untuk keluarga.

4. Laptop

Laptop merupakan salah satu liabilitas yang sebenarnya menjadi bisa menjadi aset, terutama bagi anda yang bekerja. Hampir semua pekerjaan dapat dilakukan di laptop, demikian dengan komunikasi seperti email, social media, website dan lain sebagainya. Meski laptop yang bagus belum tentu memiliki harga yang mahal, anda selalu bisa menyesuaikan dengan spesifikasi laptop yang anda butuhkan.

Namun jika anda memang membutuhkan laptop dengan spek yang tinggi, jangan terlalu merasa menyesal jika anda merogoh kocek agak dalam untuk membelinya. Selama bisa menunjang pekerjaan produktivitas anda dengan baik, kenapa tidak?

5. Handphone

Ada sebuah anekdot yang mengatakan bahwa anda bisa jadi lebih sering memegang handphone anda daripada pasangan anda sendiri. Lalu, apakah worth it membeli handphone dengan harga mahal?

Jawabnya adalah sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda memerlukan spesifikasi khusus yang bisa menunjang pekerjaan seperti stylus, gyro, dan lain sebagainya; maka cukup worth it untuk membeli handphone dengan harga yang tinggi. Namun alasan anda harus tetap didasari oleh produktivitas, dan bukan hanya sekedar untuk gaya-gayaan.

6. Sepatu

Bagi sebagian orang, sepatu merupakan aset alih-alih liabilitas. Bukan karena ia bisa dijual kembali dengan harga tinggi. Namun karena penggunaan sepatu berkaitan langsung dengan keadaan kaki anda. Kaki merupakan salah satu organ utama yang kita gunakan untuk bergerak, jika dinilai dengan uang tentu saja nilainya tak terhingga. Hal ini membuat beberapa orang rela merogoh kocek sangat dalam untuk mendapatkan sepatu yang nyaman digunakan dan terjamin kualitasnya.

Begitu juga dengan mereka yang memiliki profesi sebagai atlit lari, traveler, ataupun travel blogger. Sepatu yang nyaman menjadi pelindung kaki mereka kemana saja – termasuk untuk melakukan pekerjaan. Jadi membeli sepatu mahal sebenarnya bukan sekadar untuk gaya saja, ya.

7. Tempat Tidur

Jangan heran jika anda menemukan seorang yang mau membeli tempat tidur seharga puluhan juta! Hal ini karena bagi sebagian orang, kenyamanan tidur merupakan salah satu hal yang mereka utamakan. Bayangkan saja, jika anda bisa tidur setidaknya 8 jam sehari, 240 jam satu bulan, dan 2880 jam dalam satu tahun, maka tempat tidur menjadi sangat crucial bagi anda, bukan? Karena selain sebagai tempat untuk beristirahat, tempat tidur juga menjadi tempat selama aset kita – yaitu tubuh – melakukan regenerasi agar sehat dan menjaga pertumbuhan tulang yang normal. Jadi, sah-sah saja menghabiskan sejumlah uang untuk tempat tidur yang mahal agar anda tetap sehat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang layak dibeli dengan harga mahal, semoga bermanfaat bagi anda semua.



Tidak Ada Uang? Jual Beli dengan Barter? Apa yang Terjadi?
Di Mana Kita Bisa Beli E-money?
Perhitungan THR Karyawan (Tunjangan Hari Raya)
Apa itu Kebijakan Quantitative Tightening (QT)?
Cara Kerja Penjahat ATM Skimmer
Perbedaan Kebijakan Fiskal vs Kebijakan Moneter
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Trend Cord Cutting TV Kabel di Indonesia
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?


Bagikan Ke Teman Anda